Monday 2 November 2020

Tujuan dan Alasan Kenapa Harus Ngeblog

Blogging tidak hanya sebagai tempat menulis dan mempublikasikan tulisan Anda tapi lebih dari itu. Dengan blog Anda juga bisa menjadikan blog Anda sebagai ladang bisnis online yang sangat menggiurkan di zaman yang serba internet seperti saat ini.

Selain manfaat dari tambahnya pengetahuan baik teknis maupun non teknis, saya juga mendapatkan banyak keuntungan dari segi financial dari blogging. Jujur saja saat ini saya 100% menghasilkan uang untuk memenuhi kebutuhan

1. Blog akan meningkatkan keahlian menulis Anda
Alasan blogging yang pertama yaitu Memiliki blog sendiri akan menjadikan Anda seseorang yang ahli dalam menulis. Pertama kali Anda memiliki blog mungkin tulisan-tulisan Anda terlihat biasa saja dan tidak enak untuk dibaca, tapi dengan seiring waktu dengan banyak membaca artikel dari blog-blog terkenal baik dalam negeri maupun luar negeri akan menjadikan Anda pintar dalam membuat artikel.

Selain itu Anda juga akan menjadi pintar dalam membuat layout tulisan yang tertata rapi dengan penjelasan yang lebih luas sehingga pengunjung blog Anda semakin senang membaca tulisan-tulisan Anda.

2. Blog akan meningkatkan wawasan Anda
Alasan blogging berikutnya yaitu Memiliki blog akan secara otomatis meningkatkan wawasan Anda dalam berbagai hal atau yang mencakup pada topik khusus yang Anda bahas, ketika Anda mulai serius dalam dunia blogging maka Anda akan semakin rajin membaca baik dari media online maupun buku. Dengan begitu maka otomatis tingkat wawasan Anda semakin meningkat.

Sebagai contoh jika Anda memiliki blog teknologi, maka Anda akan membaca banyak hal tentang berita teknologi terbaru maupun mempelajari kelebihan dan kekurangan dari berbagai macam perangkat teknologi secara lebih mendalam daripada orang pada umumnya.

3. Blog itu tidak mahal
Kebanyakan orang yang akan memulai untuk memiliki blog berpikir bahwa blog itu mahal, tapi pada kenyataanya untuk memiliki blog itu tidak membutuhkan biaya yang mahal bahkan gratis jika Anda ingin menulis pada platform blog seperti Blogger milik Google yang gratis untuk Anda gunakan.

Tapi jika Anda ingin memiliki blog yang lebih profesional maka membutuhkan sedikit modal untuk membeli nama domain dan menyewa hosting. Anda bisa menggunakan platform untuk membuat blog yang gratis seperti WordPress dan membeli domain dengan harga berkisar antara 12-15 dollar atau sekitar 120 ribu sampai 150 ribu rupiah. Dan untuk menyewa hosting harga berkisar antara 250-500 ribu dalam setahun.

Dengan memiliki nama domain berbayar maka Anda dapat memilih nama domain yang sesuai dengan keinginan atau sesuai dengan brand Anda. Dan dengan menggunakan hosting sendiri itu berarti Anda memiliki kontrol penuh pada blog Anda dan itu berarti tidak ada batasan akses maupun penambahan fitur pada blog. Berbeda dengan ketika anda menggunakan blog gratisan dimana Anda hanya menumpang dan itu menjadikan Anda tidak bebas karena terdapat banyak batasan.

4. Membuat Blog itu Mudah
Untuk memiliki blog sendiri itu sangat mudah, meskipun Anda seorang yang belum pernah belajar dalam membuat blog jika Anda belajar dan membaca beberapa tutorial yang banyak Anda dapatkan di internet maka Anda akan merasa mudah mengikuti langkah demi langkah dalam membuat blog sendiri. Apalagi jika Anda memilih untuk menggunakan WordPress sebagai platform untuk membuat blog maka akan banyak sekali Anda temukan tutorial membuat blog dengan WordPress baik di blog ini atau Anda bisa membaca panduan yang sangat lengkap tentang membuat blog dengan WordPress yang dibuat oleh hostinger, Anda bisa membacanya di blog mereka melalui link berikut ⇒ Bagaimana Membuat blog dengan WordPress.

Jika Anda tidak ingin membuat blog sendiri maka sekarang ini sudah banyak jasa pembuat blog yang bisa Anda dapatkan dengan harga yang terjangkau. Jadi dengan ini Anda hanya perlu berfokus pada menulis atau membuat konten dan tidak memikirkan tentang hal teknis. Tapi meskipun begitu Anda tetap lebih baik untuk sedikit banyak mempelajari tentang teknis platform seperti WordPress sehingga Anda akan lebih bisa memaksimalkan blog Anda secara mandiri.

5. Blog Dapat Meningkatkan Brand Anda
Dengan blog Anda dapat dengan cepat meningkatkan brand Anda, blog dapat di akses dari berbagai tempat bahkan negara tanpa ada batasan. Anda bisa mengenalkan produk atau bisnis Anda melalui blog dan mempromosikan blog melalui berbagai macam cara sehingga produk dan bisnis Anda menjadi lebih dikenal.

Selain itu dengan blog Anda bisa menuliskan secara lengkap tentang produk maupun bisnis Anda sehingga calon pelanggan Anda lebih memahami tentang produk dan bisnis Anda yang pada akhirnya menjadikan mereka pelanggan baru dan meningkatkan kepercayaan mereka.

6. Blog Sebagai media Marketing yang efektif
Blog bisa Anda gunakan sebagai media pemasaran atau marketing online yang sangat efektif. Semua orang pasti banyak menggunakan mesin pencarian seperti google untuk mendapatkan informasi tentang apapun, dan dengan blog maka akan terdapat kesempatan yang besar untuk bisnis Anda dikenal melalui mesin pencarian.

Beriklan melalui media sosial, AdWord atau dari pemasangan banner iklan di blog-blog lain memang sangat efektif, tapi menggunakan media pemasaran melalui iklan membutuhkan biaya yang sangat besar dan terbatas oleh waktu. Berbeda dengan blog yang akan selalu menjadi media beriklan yang murah dalam jangka waktu yang tak terbatas.

7. Blog bisa menghasilkan uang
Dengan memiliki blog Anda dapat memiliki peluang yang sangat besar untuk menghasilkan uang dari blog. Sudah banyak para blogger ternama yang membagikan kisah sukses dari ngeblog dan bahkan mereka membagikan laporan penghasilan bulanan dari blog mereka.

Seperti yang sudah saya jelaskan di awal artikel ini bahwa saya pribadi juga menjadikan blog sebagai ladang untuk mencari uang dan 100% penghasilan yang saya dapat adalah dari aktivitas blog. Tentu saja mungkin ini alasan yang paling sering digunakan oleh banyak orang untuk memulai sebuah blog, dan Anda juga harus segera memulainya dari sekarang.

Banyak cara bisa Anda gunakan untuk menghasilkan uang dari blog seperti mengikuti program Google AdSense, iklan mandiri, mengikuti program afiliasi dari berbagai layanan atau produk, menjual produk baik digital maupun fisik, mereview atau mengulas berbagai produk dan jasa, jasa konsultasi, dan masih banyak lagi.

8. Blog sebagai media untuk menyalurkan hobby
Banyak orang menggunakan blog sebagai media untuk menyalurkan hobby mereka seperti menulis maupun untuk membagikan cerita perjalanan liburan mereka, selain itu Anda juga bisa membagikan berbagai hasil karya seperti foto maupun gambar melalui blog dan membuat gallery di dalam blog, jadi blog tidak hanya sebagai tempat untuk menulis saja melainkan juga bisa untuk membagikan berbagai jenis file media seperti gambar, audio maupun video.

9. Blog bisa menjadikan Anda sesorang yang terkenal
Melalui blog Anda juga bisa menjadi seseorang yang terkenal, berkat karya tulisan atau hasil karya yang Anda bagikan di blog dan jika itu bermanfaat buat pengunjung bisa membuka kesempatan yang lebar untuk Anda di kenal oleh banyak orang atau bahkan di undang untuk berbicara dalam seminar khusus. Selain itu Anda juga bisa mendapatkan banyak teman dari para blogger lain yang mungkin membahas topik atau mempunyai minat yang sama dengan Anda dan bahkan bisa membentuk komunitas khusus baik secara online maupun dalam kehidupan nyata.

10. Blog akan melatih Anda menjadi orang yang disiplin, konsisten dan sabar
Dengan memiliki blog akan membuat Anda menjadi orang disiplin karena Anda harus secara aktif belajar dan membuat konten yang segar, jika Anda tidak disiplin dalam membagi waktu untuk membuat konten artikel maka Anda akan kalah di hasil mesin pencarian dengan blogger lain yang mungkin membahas topik yang sama dengan Anda.

Selanjutnya adalah melatih Anda konsisten. Banyak blogger baru yang gagal sebelum mencapai apa yang mereka inginkan karena kurangnya konsistensi dalam membangun blognya. Anda tidak boleh berhenti pada 10 atau 100 tulisan saja, tapi untuk sukses Anda membutuhkan sifat konsisten yang tinggi dalam belajar menjadi yang lebih baik dan menghasilkan artikel-artikel bermanfaat secara terus menerus.

Alasan blogging yang terakhir adalah melatih kesabaran. Ketika Anda memutuskan untuk membuat blog, maka hal yang pertama harus Anda ketahui adalah blog bukan cara yang instant untuk meraih kesuksesan. Banyak dibutuhkan kesabaran dan waktu yang tidak sedikit untuk mencapai kesuksesan dalam blogging. Jika ketiga hal tersebut bisa Anda lakukan maka yakinlah Anda akan benar-benar meraih kesuksesan dalam dunia blogging

Berbagi Pengetahuan
Jika kamu mau membuka arsip blogku yang beralamat di panduaji.net, dulunya aku suka menulis tentang tutorial Blender 3D, tutorial blog, dan berbagai macam tutorial lainnya. Bahkan materi tentang kuliah pun aku tulis di blog tersebut dengan tujuan bisa membantu teman-teman yang sedang belajar hal yang sama.

Aku masih ingat apa kata mas Hiza beberapa tahun lalu. Kamu sudah mendownload banyak pengetahuan, makanya kamu ganti harus upload pengetahuan supaya tidak menumpuk sehingga membebani pikiranmu. Gimana cara paling mudah untuk upload pengetahuan? Dengan cara menuliskan di blog!

Nggak semua pengetahuan harus diingat terus menerus! Jadi kalau teman bertanya, aku tinggal memberikan linknya dan beres deh. Nggak perlu ngetik jawaban yang sama berulang kali. Begitu pun ketika ujian, nggak perlu bolak-balik halaman untuk mencari jawabannya tinggal buka blog terjawab deh pertanyaannya :D. Lebih efektif bukan? Haha. Makanya rajin nyatet materi kuliah di blog, selain bermanfaat untuk orang lain yang nggak ambil kuliah tersebut tapi pengen belajar juga bisa bermanfaat untuk diri sendiri.

Berbagi Opini
Beberapa kali aku menuliskan opini tentang apa yang aku pikirkan di blog. Maklum, rakyat jelata nggak punya kolom di media populer, lagipula aku juga sepertinya belom siap dihujat oleh netijen yang terkenal kejam :D, blog pribadi adalah media paling nyaman untuk berbagi. Kalau nggak ingin dikomentari orang, tinggal matikan kolom komentar.

Namun biasanya banyak teman-teman yang meninggalkan komentar untuk berpendapat meski nggak memberikan pendapatan :D. Namun setidaknya dengan terjalinnya komunikasi dua arah melalui komentar blog bisa membantu kita menjawab pertanyaan-pertanyaan atau bahkan mungkin solusi dari opini yang kita lemparkan ke publik melalui postingan blog. Percayalah, bahwa setiap blog itu punya pembaca rahasia yang senantiasa membaca setiap postingan yang ada. Hanya saja kita nggak tahu siapa dia, tetapi itu nyata adanya.

Oh iya, kalau ada komentar nyinyir, langsung delete saja biar diskusinya berjalan dengan lancar dan tidak menghancurkan mood.

Membangun Reputasi
Blog bisa digunakan untuk pencitraan dan membantung reputasi diri secara online. Kamu ingin dikenal sebagai apa di dunia maya ini? Sebagai seorang blogger? Travel blogger? atau bahkan hacker? Semua bisa kamu sesuaikan dengan keinginan.

Kamu juga bisa berbagi portofolio melalui sebuah blog. Sebagai seorang freelancer portofolio semacam ini benar-benar sangat bermanfaat untuk menunjang pekerjaan. Dengan melihat portofolio, klien bisa tahu bisa apa saja kita, dan sudah ngapain aja selama ini?

Meski di dunia nyata tetangga sampai saat ini masih banyak yang bingung aku ini sebenernya kerja apa, namun di dunia maya lumayan lah. Punya puluhan ribu follower di akun Jelajah Blitar yang juga sudah aku buatkan web tersendiri.
Meski di dunia maya kamu bisa menjadi apapun, jangan berlebihan karena lama-kelamaan, apa yang kamu citrakan di dunia maya akan mempengaruhi kehidupanmu di dunia nyata.

Membangun Jejaring
Menulis blog kemudian bertemu dengan orang-orang yang menulis blog se-niche / serupa itu benar-benar menyenangkan. Seperti yang aku alami ketika mengikuti Famtrip Jalan Jalan ke Palembang akhir tahun kemarin yang mempertemukan dengan para travel blogger dari seluruh Indonesia.

Dengan berjejaring bisa membuka wawasan lebih luas lagi dan membuat diri kita berkembang. Melihat teman-teman yang aktif nulis blog membuatku semakin ingin juga untuk sering update di blog. Sehingga mendorong produktivitas dalam menulis. Kadang produktivitas menulis itu beriringan dengan ketebalan isi rekening kok.

Mendapatkan Penghasilan
Tidak dapat dipungkiri bahwa kita bisa mendapatkan uang dari blog. Bahkan 7 tahun belakangan aku sudah mendapatkan penghasilan dari blog yang hasilnya lumayan lah. Mau cari duit di blog? Bisa pake banget. Namun sebelum memulai hal itu, ada banyak banget yang harus kamu pelajari. Makanya subscribe blog ini ya, biar bisa tahu bagaimana cara mendapatkan uang dari blog.

Saranku, jangan kebacut mengejar penghasilan dari blog. Apalagi blog pribadi. Masa iya, blog pribadi isinya iklan terus? Kan yo nggak pantes. Buat sendiri blog untuk menghasilkan uang, pisahkan dari blog pribadi. Biar bisa maksimal. Lain kali aku akan tulis tentang topik ini, stay tune aja di blog ini. Masih banyak tanggungan tulisan yang udah terlanjur aku list untuk diprioritaskan.

Sumber:
panduaji.com