Tuesday 3 November 2020

Cara Mengatasi Tidak Bisa Edit HTML Blogger

Kalau sobat menggunakan template blogger pihak ketiga, saran saya kembalikan saja ke template bawaan blogger. Jika sobat telah menambahkan widget yang kurang penting, coba hapus satu persatu mungkin itu bisa mengatasi masalah tsb.

Coba Paksa penyegaran atau refresh halaman (Ctrl + F5).
Gunakan mode penyamaran di browser Chrome.
Jika sobat ingin menggunakan browser yang berbeda, buka jendela penjelajahan pribadi.
Nah disini sudah dapat gambaran cara mengatasi namun ada juga yang menyuruh hapus code scrip yang aneh tapi kasusnya kan tidak bisa di simpan dan terus kembali kesemula.

Ada juga yang sama menemui permasalahan tidak bisa upload template sehingga muncul pesan seperti berikut ini:


Ketika mau ganti template yang lain kadang muncul pesan error seperti bX-8qp9ay,bX-2pb4x0, bX-iu1owj, bX-ay9kgv dan lain sebagainya. Mungkin rekan-rekan menemui permasalahan ini Tidak Bisa Edit HTML Blogger gak bisa malah muncul seperti gambar diatas. Jika seperti demikian maka ketika kalian mencari di google maka akan di arahkan ke group bantuan Blogger/forum Google, malah disini saya juga tidak ketemu, ternyata juga banyak yang mengalami kasus serupa.

Dari kasus-kasus di atas sebenarnya ketika sudah tahu caranya cukup sepele dan simple namun mencari caranya itu yang lama dan cukup ribet hehe. Bagaimana kalian juga mengalami hal yang sama dengan yang saya alami yaitu tidak bisa menyimpan dan Tidak Bisa Edit HTML Blogger.

Tidak Bisa Edit HTML Blogger dengan menghapus widged
Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menghapus widged yang telah kalian tambahkan sebelumnya ini yang menyebabkan template saya Tidak Bisa Edit HTML Blogger nya juga tidak bisa di simpan. Untuk menghapus widgets tersebut masuklah ke bagian, Blogger Dashboard > klik pada Tata letak > hapus widgets yang baru ditambahkan kalian tambahkan sebelum error. Cukup mudah bukan mengatasinya. Dibawah ini hasil kerja saya hehe saya hapus semua witged yang ada dan hanya tersisa blog post dan di atas menu sedikit sebelumnya ful dengan iklan dan macem-macem.


Untuk permasalahan yang saya alami adalah saya sering menggonta-ganti tema blog dan pasang widgets yang sebetulnya tidak penting. Kemudian juga saya sering menambahkan script code dari pihak ketiga seperti iklan dan lain sebagainya. Saran saya jangan sering mengganti tema atau template blog kalian karena ini akan berpengaruh pada visitor dan SEO kalian yang pengaruhnya cukup masiv loh. Saya sudah coba pasang iklan yang aneh-aneh malah jadi lambat dan visitor turun di cek di Gtmatrix kecepatan akses pun turun derastis. Bagi rekan-rekan yang mau menggunakan tema saran saya gunakan yang simple dan cepat sekarang saya malah suka bawaan blogger atau tema defaultnya malah kenceng visitor pun meningkat namun jika ingin yang lebih keren ya pilih yang fast loading dan responsive tentu jugan gonta-ganti lagi. Intinya permasalahan yang saya alami adalah tentang widgets yang harus dihapus.

Sumber: