Monday, 2 November 2020

9 Strategi SEO Praktis untuk Para Pemula

SEO atau search engine optimization adalah pengoptimalan mesin penelusuran sehingga halaman situsmu dapat muncul di halaman pertama pencarian Google. Nah, berikut ini adalah informasi mengenai jenis SEO dan beberapa panduan strategi SEO untuk pemula yang perlu kamu ketahui.

Jenis-jenis SEO 
Seperti yang dijelaskan di atas SEO digunakan untuk mengoptimalkan situs kamu agar muncul di halaman pertama pencarian Google. Dengan meningkatkan ranking di mesin pencari maka semakin besar peluang untuk dapat menaikkan traffic, meningkatkan awareness hingga mengubah pengunjung menjadi pelanggan bisnismu. 

Pada dasarnya ada dua jenis SEO yang dapat kamu fokuskan dalam strategi SEO, yaitu:

SEO on-page
Apa yang dimaksud dengan SEO on-page? 
SEO on-page berfokus dalam mengoptimalkan halaman situs untuk menaikkan peringkat lebih tinggi di mesin pencarian sehingga dapat meningkatkan organic traffic ke situs kamu. 

Bagaimana proses kerja SEO on-page?
Penerapan SEO on-page akan berfokus pada penggunaan dan penempatan kata kunci pada judul, meta description dan tags H1, optimalisasi search intent, memaksimalkan kecepatan loading halaman situs, penulisan URL yang singkat, serta penggunaan alt tags deskriptif pada gambar. 

SEO Off-page
Apa yang dimaksud dengan SEO Off-page?
SEO Off-page berfokus pada mengoptimalkan faktor-faktor di luar halaman situs untuk meningkatkan peringkat situs di mesin pencari. 

Lantas, bagaimana cara kerja strategi SEO Off-page? Pada dasarnya strategi SEO Off-page akan berfokus pada link building. 

Panduan strategi SEO untuk pemula 
Pemilihan keyword dan penempatannya di dalam artikel sangat penting dalam penerapan SEO - EKRUT

Jika kamu baru mulai menerapkan teknik SEO untuk mengoptimalkan situs kamu, perhatikan beberapa panduan strategi SEO untuk pemula berikut:

1. Lakukan riset keyword
Dalam perencanaan mengembangkan situs, hal pertama yang kamu lakukan tentunya adalah perencanaan. Kemudian, langkah selanjutnya yang sangat penting adalah apa yang orang cari saat mengetik keyword tersebut di Google. 
Bagaimana caranya? Kamu dapat melakukan riset keyword dengan menggunakan Google Adwords, yaitu Keyword Tools. Layanan ini disediakan oleh Google secara gratis. Setelahnya, coba googling keyword tersebut dan lihat artikel seperti apa yang keluar. 

Umumnya tipe artikel tersebut akan sama dan ini bisa menjadi tanda seperti apa artikel yang biasa dicari oleh pengguna. Tapi tentunya, bukan berarti kamu membuat artikel yang sama, ya.

2. Gunakan domain berisi keyword
Dengan memasukkan keyword ke dalam domain tentunya akan membantu mesin pencari (search engine) untuk mengetahui fokus situs yang dibuat. Trik ini tentu akan sangat membantu dan menjadi rekomendasi untuk kamu coba. 

3. Perhatikan plugins SEO
Ada beberapa plugins pendukung dalam situs yang dapat membantu SEO situsmu. Contoh beberapa plugins WordPress yang sangat membantu SEO situsmu adalah Yoast WP SEO atau All In One SEO Pack, Google XML Sitemaps, dan SEO Friendly Images.

4. Buat konten berkualitas
Siapkan strategi konten berkualitas untuk pembaca situsmu. Buat pembaca Kamu menikmati semua konten situs terus menerus. Sebaiknya kamu tetap melakukan update terhadap situsmu dengan konten yang original dan menarik bagi pembaca. Tentunya konten tersebut juga mesti bermanfaat dan mengandung keyword SEO.
Jangan lupa untuk memanfaatkan media sosial untuk meningkatkan situs dan SEO - EKRUT

5. Manfaatkan media sosial
Media sosial memiliki peran penting di search engine. Salah satu kunci agar sukses di SEO bukan hanya membuat konten yang bagus, tapi juga berkualitas dan menarik untuk dibagikan. 
Jadi, kamu juga harus memperhatikan media sosial untuk meningkatkan situs dan SEO.

6. Bangun backlink
Algoritma Google akan selalu berubah dari waktu ke waktu. Namun, hal penting yang tidak akan pernah berubah dalam SEO adalah backlink. Oleh karena itu, bangunlah backlink yang berkualitas untuk situsmu. Hal ini bisa kamu lakukan secara terus menerus dan bertahap. 
Saat membangun backlink untuk sebuah situs adalah membangun yang berkualitas. Jadi, gunakanlah waktu senggangmu untuk membangun backlink yang berkualitas dan perlu dilakukan secara terus menerus dengan bertahap.

7. Perhatikan penamaan gambar 
Selain beberapa hal di atas, hal penting lainnya adalah dengan melakukan optimasi pada setiap gambar yang kamu upload dengan menyisipkan Title tags, ALT, dan menamai file gambar sesuai keyword SEO.

8. Jangan lupa mencantumkan link
Setelah itu, jangan lupa juga untuk memasukan internal link dan external link. Internal link adalah tautan suatu halaman ke halaman lain di situs yang sama. Sedangkan untuk external link adalah tautan yang kamu cantumkan yang mengarah pada situs lain. 

Nah, baik internal link maupun external link akan sangat membantu untuk situsmu. Internal link akan membantu meningkatkan engagement pengguna, menurunkan bounce rate, dan memudahkan Google untuk membaca halaman-halaman pada situsmu. 

Sedangkan external link dapat membantumu untuk memperkuat isi artikelmu dengan mencantumkan sumber penulisan artikel. External link yang berkualitas akan memengaruhi poin relevansi dan tingkat kepercayaan suatu halaman. Dengan begini, maka SEO pada situs-mu akan mendapatkan nilai positif dari Google.
Nah, nilai yang positif dari Google tentu akan cukup membantumu dalam meningkatkan page rank dan kemudian traffic situsmu. 

9. Gunakan LSI Keywords
Google sekarang tidak hanya melihat kata kunci, namun juga memahami topik. Untuk memastikan bahwa Google semakin memahami topik konten kamu, gunakanlah LSI keywords dalam konten-konten yang kamu buat. LSI keywords adalah kata atau frasa yang berhubungan dengan target keyword kamu.

Itulah beberapa strategi SEO untuk meningkatkan traffic situs. Perlu kamu ingat bahwa hasil dari SEO bukanlah sesuatu yang instan. Meski begitu, SEO dapat membantumu meningkatkan brand awareness dengan biaya yang lebih hemat, dan meningkatkan ranking. 

Selain itu, SEO juga memancing traffic yang berkualitas karena pengguna yang datang adalah pengguna yang memang tertarik dengan apa yang kamu tawarkan dan bukan karena terganggu oleh iklan. SEO dan content yang bagus tentu juga akan meningkatkan kepercayaan pengguna kepada bisnismu.

Sumber:
ekrut.com