Monday 2 November 2020

Cara Menambahkan Sitemap di Blog

Sitemap sama seperti daftar isi. Sitemap sangat berguna secara langsung maupun tidak langsung berpengaruh untuk SEO blog karena melalui sitemap ini robot txt mampu mengindeks lokasi atau struktur link blog kita dengan mudah, nah kalau link kita cepat terindeks mesin pencari itu berarti artikel link kita akan cepat menempati halaman pencarian di google dan itu berarti akan mendatangkan trafik kunjungan untuk blog kita, disisi lain pengunjung juga akan mudah menemukan artikel yang mereka cari jika kita memasang site map di blog.

Sitemap merupakan kumpulan informasi yang berada pada situs yang memuat banyak URL atau daftar semua link/URL yang ada di situs kamu, Sitemap sendiri berfungsi sebagai peta untuk search engine agar cepat mengindex url baru yang ada di dalam website kamu.

Tidak cuma Link saja yang terdapat pada sitemap, melainkan juga terdapat metadata. Metadata adalah informasi yang memuat kapan terakhir kali kamu mengupdate website dan seberapa sering website kamu diupdate.

Karena adanya Sitemap ini, Search Engine atau mesin pencari seperti Google, Bing, dan Yandex akan dapat menemukan setiap URL yang ada di blog atau situs kamu dengan mudah, yang nantinya akan berdampak pada cepat atau tidaknya pengindeksan konten di halaman pencari. Oleh sebab itu Sitemap sangatlah vital untuk optimasi SEO (Search Engine Optimization).

Sitemap adalah file berisi daftar pos/laman dari sebuah website yang dapat memberi tahu Google dan mesin pencari lainnya tentang struktur konten website tersebut.
Sitemap sendiri terdiri dari dua macam, yaitu XML sitemap dan HTML sitemap. Perbedaan utama di antara keduanya ada pada format penulisan serta untuk siapa sitemap tersebut ditujukan.

XML sitemap adalah daftar isi pos dan laman yang dibuat dalam format XML. Sitemap ini ditujukan untuk mesin pencari agar mereka lebih mudah merayapi dan mengindeks situs kita. Sitemap jenis ini pulalah yang kita input ke Google Search Console agar situs kita lebih cepat diindex oleh Google.

Pada blog Blogger, XML sitemap dapat kita temukan di dua alamat URL berikut,
https://namadomain.blogspot.com/sitemap.xml
https://www.namadomain.blogspot.com/atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=500

HTML sitemap sendiri adalah daftar isi yang biasanya berisi pos saja yang dibuat agar pembaca dapat dengan mudah melihat semua postingan di blog kita. Sesuai dengan namanya, sitemap ini ditulis dalam format HTML. Dan tidak seperti XML sitemap yang dibuat secara otomatis, HTML sitemap harus dibuat secara manual.

Cara 1:
1. Login ke blogger sobat.
2. Pilih Laman




3. Masukan judul laman dengan kalimat Sitemap, kemudian pilih HTML




4. Copy-kan kode dibawah ini:

<div id="bp_toc"> </div> <script src="https://cdn.rawgit.com/Arlina-Design/redvision/master/sitemap-content.js" type="text/javascript"></script> <script src="/feeds/posts/summary?alt=json-in-script&amp;max-results=9999&amp;callback=loadtoc" type="text/javascript"></script> <style scoped="" type="text/css"> #comments {display:none;} </style>

Jika blog sobat telah memiliki ratusan artikel, sobat bisa menambahkan scroll dengan menambahkan kode di bawah ini pas diatasnya, atur tingginya sesuai keinginan sobat.

<div id="bp_toc" style="max-height:1300px;overflow:scroll;overflow-x:auto;"></div>

5. Publikasikan
6. Sobat masuk ke Template dan edit HTML, kemudian ketik kode di bawah ini tepat sebelum </style>

/* CSS Full Sitemap */ #bp_toc {background:#ffaaa4;color:#666;margin:0 auto;padding:5px;} span.toc-note {padding:20px;margin:0 auto;display:block;text-align:center;color:#ffcfcc;font-family:'Open Sans';font-weight:700;text-transform:uppercase;font-size:30px;line-height:normal;} .toc-header-col1 {padding:10px;background-color:#f5f5f5;width:250px;} .toc-header-col2 {padding:10px;background-color:#f5f5f5;width:75px;} .toc-header-col3 {padding:10px;background-color:#f5f5f5;width:125px;} .toc-header-col1 a:link, .toc-header-col1 a:visited, .toc-header-col2 a:link, .toc-header-col2 a:visited, .toc-header-col3 a:link, .toc-header-col3 a:visited {font-size:13px; text-decoration:none;color:#aaa;font-family:'Open Sans';font-weight:700;letter-spacing: 0.5px;} .toc-header-col1 a:hover, .toc-header-col2 a:hover, .toc-header-col3 a:hover { text-decoration:none;} .toc-entry-col1, .toc-entry-col2, .toc-entry-col3 {background:#fdfdfd;padding:5px;padding-left:5px;font-size:89%} .toc-entry-col1 a, .toc-entry-col2 a, .toc-entry-col3 a{color:#666;font-size:13px;} .toc-entry-col1 a:hover, .toc-entry-col2 a:hover, .toc-entry-col3 a:hover{color:#e76e66;} #bp_toc table {width:100%;margin:0 auto;counter-reset:rowNumber;} .toc-entry-col1 {counter-increment:rowNumber;} #bp_toc table tr td.toc-entry-col1:first-child::before {content: counter(rowNumber);min-width:1em;margin-right:0.5em;} td.toc-entry-col2 {background:#fafafa;}

7. Simpan template dan selesai.

Cara 2:
pertama-tama copy code untuk menampilkan selutuh data posting yang ada didalam blog,

<div id=”hlrpsb”>
<script src=”http://helplogger.googlecode.com/svn/trunk/recent-posts-with-titles-only.js”></script>
<script>var numposts = 13;var showpostdate = false;var showpostsummary = false;var numchars = 100;var standardstyling = true;</script>
<script src=”http://domainesia.blogspot.com/feeds/posts/default?orderby=published&alt=json-in-script&callback=showrecentposts”></script></div>
<div id=”rpdr” style=”font-family: arial, sans-serif; font-size: 9px;”>
</div>
<noscript>Oops! Make sure JavaScript is enabled in your browser.</noscript>
<style type=”text/css”>
#rpdr {background: url( ) 0px 0px no-repeat; padding: 1px 0px 0px 19px; height:14px; margin: 5px 0px 0px 0px;line-height:14px;}
#rpdr, #rpdr a {color:#808080;}
#hlrpsb { }
.bbrecpost2 {
padding-top:4px;
padding-bottom:4px;
border-bottom: 1px #cccccc dotted; }
</style>

Setelah kamu copy script diatas, lalu buatlah sebuah halaman pada blog caranya :
1. Buat Newpage > Blank page lalu masukan script diatas kedalam Edit HTML,
jangan lupa url http://domainesia.blogspot.com kamu ganti dengan nama blog kamu dan jangan lupa memberi nama halaman page tersebut sitemap, kemudian di Simpan!

2. Lalu buatlah link pada Home Page blog untuk menghubungkan Sitemap
cara mencari alamat page sitemap kamu cukup tekan view atau copy link location pada view.

Sumber:
domainesia.com