Monday 2 November 2020

15 Alasan Bisnis Anda Harus Punya Blog

Website profil biasanya berisi identitas dari sebuah perusahaan atau produk-produk yang ditawarkannya. Sementara blog, kontennya lebih ke tulisan mengenai berita, ulasan, tips-tips, dan sebagainya.

3 keunggulan blogging dibanding iklan atau metode marketing lainnya:
Efisien → hanya butuh konten (tulisan dan gambar atau video) yang bisa dibuat dari aktivitas keseharian bisnis Anda: proses produksi, penjualan, distribusi, berbagi pengalaman, dll.

Ekonomis → pembiayaan jauh lebih murah dibandingkan membayar iklan, pencetakan marketing kit, atau mengontrak biro pemasaran outsource.

Evergreen → iklan berhenti saat masa kontrak habis, konten blog selalu ada dan terus menerus menjaring para calon konsumen/klien Anda tanpa batas waktu.

1. Blog itu murah
Semua orang bisa membuat sebuah blog. Misalnya lewat layanan blogger.com. Namun jika berbicara tentang blog bisnis, maka kami rekomendasikan anda mendaftarkan nama domain dan paket hosting sendiri untuk mendapatkan alamat yang lebih ‘menjual’. Misalnya www.abc.com, bukan www.abc.blogspot.com. Atau jika perusahaan anda sudah memiliki domain, hosting dan website profil, anda tinggal menambahkan subdomain untuk membuat situs blog perusahaan anda. Contohnya blog.jagoanhosting.com. Biayanya? Gratis.

2. Blog gampang diupdate
Jika situs sejenis website profil itu cenderung statis dan sedikit ruang untuk melakukan update, maka lain halnya dengan blog. Anda bisa leluasa mengupdate blog dengan artikel segar setiap harinya. FYI, Google memprioritaskan website yang rutin melakukan update. Sehingga blog memegang peranan penting untuk usaha SEO website anda.

3. Blog itu Search Engine Friendly (SEF)
Blog (CMS) itu pada dasarnya search engine friendly sebab di dalamnya penuh text, penuh link, sering diupdate dan hanya memiliki sedikit HTML sehingga Google gampang menerjemahkannya ke bentuk crawl-able.

4. Blog gampang diterima di lingkungan Sosial Media
Jika anda rutin bermain sosial media, Facebook misalnya, ada kawan anda yang mungkin sering share link berisi informasi yang menarik baginya. Informasi tersebut kemudian di share lagi oleh kawan anda yang lain ke jaringannya. Begitu seterusnya hingga berita tersebut menyebar. Bayangkan apa yang bisa anda dapatkan jika di dalam berita tersebut anda menyisipkan sepintas mengenai produk anda?

5. Blog bisa jadi senjata marketing yang ampuh
Syarat marketing online yang ampuh adalah informasi yang SEF dan gampang menembus Social Media Marketing. Maka blog merupakan salah satu media yang paling memenuhi persyaratan.

6. Blog bisa menarik lebih banyak customer
Tulisan yang bermanfaat, sarat informasi, dan reader-oriented bisa lebih gampang menarik simpati pembaca. Dengan senang hati, mereka akan share tulisan anda ke lingkungan pergaulan mereka. Dengan demikian, anda mendapatkan marketing gratis untuk menarik lebih banyak kunjungan. Seiring dengan semakin banyaknya pengunjung, maka jumlah customer potensial anda pun akan meningkat. Begitu juga dengan profit anda.

7. Blog itu tepat sasaran
Dengan blog, anda bisa lebih tepat membidik pasar yang sesuai dengan produk/jasa anda. Misalnya jika anda menjual perlengkapan travelling, dan target anda adalah para traveller. Blog tentang tips travelling akan menarik minat pembaca yang benar-benar mencarinya. Yaitu para traveller dan blogger yang kemudian bisa saja menjadi customer anda.

8. Blog bisa bantu membangun brand anda
Sebuah blog bisa menguatkan identitas online anda. Misalnya di bisnis perhotelan. Orang-orang mungkin sudah tahu tentang nama hotel dan layanan anda. Namun mereka mungkin belum kenal dengan siapa yang bekerja di dalamnya. Dengan blog, anda bisa mengulasnya untuk menciptakan pengetahuan yang lebih bagi klien anda. Semakin jauh klien tahu tentang bisnis anda, maka semakin besar trust yang akan terjalin.

9. Blog bisa menjalin hubungan yang baik dengan customer
Sistem comment yang ada di sebuah blog akan mendorong pembaca anda untuk berbicara. Sehingga akan terjalin komunikasi yang baik dengan pembaca. Dengan menciptakan pengalaman online yang positif seperti inilah, anda bisa mendapatkan promoters bagi brand anda.

10. Blog bisa mendukung kegiatan sosial anda
Tulisan yang ‘menyentuh’ bisa gampang menarik simpati. Maka blog merupakan cara paling ampuh untuk mendukung kegiatan sosial anda. Misalnya jika bisnis anda sedang mengusung perkara Go Green. Maka anda bisa nge-blog tulisan mengenainya secara rutin untuk menunjukkan kesungguhan bisnis anda mengusung perkara tersebut.

11. Blog bisa membuka kesempatan anda untuk mengajari dunia
Internet itu jangkauannya luas. Maka ilmu yang anda bagi melalui blog, bisa menyebar seluas-luasnya.

12. Blog akan mengasah kreativitas dan bakat anda
Anda tidak perlu memulai karir blogger anda layaknya seorang profesional. Sebab setiap ahli awalnya juga memulai sebagai seorang newbie. Dengan semakin sering nge-blog, maka semakin tajam kemampuan anda untuk menciptakan konten berkualitas. Misalnya menulis, fotografi, desain blog, SEO, Social Media Marketing, dan berbagai skill lain yang berkaitan dengan upaya nge-blog anda.

13. Blog akan membawa anda ke dunia baru dan teman baru
Ketika nge-blog, anda menjadi seorang ‘blogger’. Dan ‘blog-o-sphere’ merupakan dunia blogger yang isinya dipenuhi dengan blogger-blogger yang baik. Artinya dengan menjadi blogger, anda bisa saja bertemu blogger lain yang bersedia membantu mengangkat brand anda. Semakin banyak pertemanan yang anda jalin, semakin mudah brand anda bisa berkembang.

14. Blog bisa bantu menjaga reputasi online anda
Serangan verbal berupa bad critique dan pemberitaan negatif merupakan hal yang lumrah di Internet. Terutama bagi perusahaan yang sedang meningkat popularitasnya. Jika anda punya blog, anda bisa meralat hoax tersebut kapan saja.

15. Kompetitor anda mungkin sudah mendahului anda
Internet merupakan market besar yang tidak boleh diabaikan. Terutama jika anda berkecimpung di dunia bisnis yang sarat dengan kompetisi. Maka setiap kesempatan yang bisa membawa benefit, tentu saja wajib dimanfaatkan. Bayangkan jika kompetitor anda sudah mendahului anda untuk mendapatkan berbagai benefit dari nge-blog.

1. Blog adalah platform simpel untuk menjalin koneksi dengan konsumen
Hubungan dengan klien dijaga dengan cara menerbitkan konten-konten informatif yang relevan sesuai momen.
Selain sebagai media komunikasi satu arah, dengan membuka pintu komentar, blog bisa menjadi ruang diskusi antara layanan Anda dan para pelanggan.

2. Konten blog adalah bahan baku dari identitas online bisnis Anda
Mesin pencari internet seperti Google, Bing, dll. terus menerus menilai seberapa signifikan bisnis Anda untuk dimasukkan dalam hasil pencarian.

Mereka mengevaluasi dan menentukan peringkat bisnis berdasarkan value (potensi manfaat) yang terkandung dalam konten blog Anda.
Hingga ada istilah dalam dunia internet marketing yang bunyinya: “Content is King“. Artinya, blog bisnis dengan konten terbaik dipastikan merajai pasar internet.

3. Anda tak harus jadi menyewa programmer profesional untuk membuat blog
Banyak platform blogging ramah pengguna seperti WordPress dan Squarespace yang mudah dikelola oleh para pebisnis yang relatif awam dengan dunia pemrograman.

Yang perlu dicatat dalam konteks lokal saat ini adalah, bahwa ongkos layanan premium dari platform tersebut biasanya justru lebih mahal dari pada membiayai programmer lokal. Sebagai gambaran:
Paket blog Business di WordPress.com seharga USD 25 per bulan (dibayar tahunan), sebanding dengan IDR 3.500.000 per tahun.

4. 57% bisnis yang memiliki blog memperoleh lebih banyak pelanggan
Persentase ini berdasarkan survei dari perusahaan software pemasaran internasional – HubSpot.

5. Blog adalah jantung dari seluruh upaya content marketing Anda
Blog bisnis Anda berfungsi vital sebagai wadah umpan bagi Facebook, Twitter, LinkedIn, Instagram, nawala email, ebook, dll.
Konten berkualitas tinggi yang bermanfaat bagi konsumen menjadi bahan share yang menghidupi media sosial bisnis Anda. Klik dan viral share di media sosial adalah leads generator gratis yang menjangkau jutaan pengguna social media.

6. Blog merupakan corong komunikasi bagi bisnis Anda
Selain menyediakan (1) wadah untuk mempublikasikan produk atau layanan bisnis Anda, menjadi (2) ruang untuk menuliskan tanggapan atas topik hangat berita atau tren pasar dalam suatu momen tertentu, blog juga berperan sebagai (3) media untuk menyampaikan hal-hal yang tak cukup vital untuk dimuat di laman utama website Anda.

7. Anda bisa membagikan keahlian dengan menuliskannya dalam blog
Metode mana lagi yang paling tepat, fleksibel, sekaligus bergengsi untuk membangun brand Anda sebagai pakar dan inovator dalam area bisnis Anda selain blog bisnis Anda sendiri?

8. Blog menciptakan dialog dua arah dengan para pelanggan, prospek, dan rekanan bisnis
Blog bisnis mampu mendorong interaksi, komentar, dan feedback dari semua pihak yang penting bagi eksistensi dan kemajuan bisnis Anda.
Blog yang aktif diisi dengan konten baru dan di-share akan memastikan orang-orang terus menerus membicarakan brand dan produk Anda baik di menu komentar, media sosial, maupun pembicaraan sehari-hari.


9. Blogging bisa sangat menyenangkan
Daripada menghabiskan waktu di media sosial yang beresiko campur aduk antara urusan bisnis dan personal, lebih baik Anda meluapkan hasrat narsisistik melalui konten blog.
Selain punya media sendiri yang bebas dari public noise dan lalu lalang kompetitor, aktivitas internet Anda akan memiliki kegunaan yang lebih signifikan secara finansial.

Siapa bilang blogging itu melulu menulis? Anda juga bisa ngeblog dengan foto, video, rekaman suara, status singkat, flash news, dan berbagai konten lainnya terkait dunia bisnis Anda.

Selanjutnya, konten blog bisa Anda bagikan ke berbagai media sosial sekaligus! Tidak harus satu per satu, tidak mesti menyusun status berbeda untuk tiap social media.
Bahkan, orang yang mengklik share itu akan menuju blog bisnis Anda! Bukan ke website orang lain yang biasa Anda promosikan gratis secara tak sadar.

10. Membuat dan menerbitkan konten blog memaksa Anda berpikir ulang
Saat menyusun konten, Anda dipaksa berpikir ulang, mempertimbangkan lagi, mencari dan menemukan lagi berbagai pengetahuan baru tentang perkembangan dunia bisnis, tren-tren terbaru, kebutuhan dan selera konsumen, dan lain-lain.

Secara otomatis Anda belajar ilmu baru, Anda bisa menemukan gagasan-gagasan baru, ide cemerlang baru yang bisa mengubah perspektif dan sikap Anda mengenai tujuan dan metode bisnis Anda selama ini.
Anda menjadi pebisnis yang progresif! Tidak stagnan.

11. Blogging menjaga Anda tetap fokus pada strategi content marketing
Anda wajib menyusun penjadwalan konten dan tetap patuh pada jadwal tersebut demi mewujudkan blog bisnis yang efektif. Ini berguna sebagai praktik kedisiplinan yang menyenangkan, sebagai refreshing activity di luar rutinitas menjalankan bisnis sehari-hari.

12. Blog bisnis yang baik = Public Relations gratis
Para pebisnis yang ngeblog kerap memperoleh permintaan wawancara dari jurnalis.
Business bloggers secara otomatis memperoleh status publik sebagai pakar dalam bidang bisnisnya.
Raih peluang publikasi bisnis Anda di media secara gratis! Bahkan tak jarang Anda dibayar!

13. Blog bisnis membangun kepercayaan diri, relasi, dan penjualan
Para calon klien/konsumen akan memandang Anda sebagai sumber terpercaya bagi informasi seputar bidang bisnis Anda. Selanjutnya, mereka akan berduyun-duyun mendatangi Anda untuk sebagai pembeli.

Lihat infografis “Bagaimana Cara Tampil Menonjol di Tengah Pasar yang Kompetitif” → How to Stand Out in a Competitive Market.

14. Blogging mengasah fokus bisnis Anda
Saat menyusun content strategy, Anda harus menentukan (1) siapa target audiens konten Anda dan (2) mengapa Anda memilih mereka.

Blog yang tak fokus tak akan menarik pembaca. Demikian pula jika bisnis Anda kurang fokus ke target pelanggan, tak akan ada prospek yang tertarik.
Dengan blogging secara kontinu, fokus bisnis Anda akan tetap tajam dan jelas terarah.

15. Menyusun konten menjaga Anda tetap terdepan dalam tren
Sebagai blogger, Anda “dipaksa” untuk selalu mengikuti berita-berita terbaru, tren termutakhir, juga pergerakan taktik kompetitor dan perubahan gaya konsumsi masyarakat. Hal ini akan meletakkan Anda sebagai seorang leader, bukan sekedar follower.

16. Publik akan mengenal kisah-kisah mengenai brand Anda
Blog bisnis adalah ruang yang paling tepat untuk menyajikan kilas pandangan bagi publik mengenai identitas perusahaan, filosofi, para karyawan, dan gagasan-gagasan bisnis Anda.
Ceritakan pada para pelanggan mengapa Anda memilih strategi bisnis tertentu dan bagaimana itu sangat berguna bagi hidup mereka.
Teringat gaya bisnis Steve Jobs yang filosofis? Terngiang lifestyle marketing ala Neil Patel?

17. Blog adalah investasi marketing paling cost-effective
Setiap konten yang Anda terbitkan adalah aset jangka panjang yang membantu membangun brand awareness dan mempromosikan keahlian Anda, tentu sekaligus produk dan layanan bisnis Anda.

18. Anda akan memahami lebih dalam karakter audiens
Laporan analisis kinerja blog memampukan Anda untuk melihat jumlah pembaca, intensitas klik, konten terpopuler, frekuensi sharing dan komentar.
Anda bahkan bisa mengetahui hari dan jam apa saja blog Anda paling ramai dikunjungi orang. Tentu hal ini berkorelasi erat dengan gaya konsumsi pelanggan Anda!

19. Blogging itu inspiratif
Beberapa waktu setelah rajin ngeblog, Anda akan semakin jelas melihat gagasan-gagasan baru di sekeliling Anda. Anda akan menemukan ide-ide bisnis cemerlang dari aktivitas sehari-hari yang remeh temeh.

Inspirasi akan bermunculan dari sekedar obrolan online dengan rekanan bisnis dan pelanggan, melihat sekilas referensi untuk konten baru Anda, bahkan membaca ulang konten Anda yang terdahulu akan memercikkan rasa dan pemahaman baru yang unik dan menyenangkan.

20. Karena blog bisnis jauh lebih hemat dibanding metode pemasaran lainnya!
Hanya dengan ~~Rp 2.750.000~~ Rp 300.000 rupiah saja (lihat catatan), Anda sudah bisa memulai blogging dengan nama domain khusus bisnis Anda: NamaBisnis.web.id.

Sumber:
mebiso.com, ekajogja.com