Monday 2 November 2020

Mengatasi Masalah Printer Spooling

Printer spooling adalah salah satu masalah yang sering terjadi ketika melakukan pencetakan. Contohnya, Anda sudah mencetak dokumen sebelumnya, tetapi, printer tersebut kembali mencetak dokumen yang sama. Inilah yang dimaksud dengan printer mengalami spooling. Masalah ini cukup sering terjadi ketika melakukan pencetakan. Solusi Printing akan menjelaskan apa penyebab serta bagaimana cara mengatasinya. 

Penyebab Printer Spooling
1. Aliran Listrik Terhenti Sejenak
Ketika listrik tiba-tiba mati, kemudian menyala lagi maka saat itu sangat mungkin terjadi spooling. Memori printer masih mengingat perintah sebelumnya sehingga ketika listrik kembali menyala, printer tersebut akan melanjutkan tugas yang belum selesai tersebut. Jika listrik di kantor sering bermasalah, disarankan untuk menggunakan UPS. Jika sering menggunakan printer, maka UPS sangatlah membantu dikarenakan memiliki fungsi untuk untuk menstabilkan arus dan tegangan listrik

2. Kabel Printer Tidak Terkoneksi 
Masalah printer mengalami spooling juga bisa disebabkan karena kabel printer yang tidak terkoneksi dengan baik. Akibatnya saat printer hendak mencetak, jadinya malah tersendat. Ketika kabel dibetulkan dan terhubung kembali, saat itulah perintah sebelumnya akan dilanjutkan. Nah, saat itulah potensi terjadinya spooler pada printer mungkin terjadi. 

3. Printer Dipakai Berbarengan
Jika ada banyak komputer yang terhubung dengan sebuah printer, potensi terjadinya spooling sangat besar. Ketika muncul perintah dari beberapa komputer untuk mencetak, saat itulah menimbulkan keruwetan tersendiri bagi printer sehingga sangat potensial menyebabkan spooling. Oleh karena itu, saat hendak mencetak, sebaiknya dilakukan secara bergantian. 

4. Banyak Software Yang Digunakan
Saat Anda hendak mencetak, mungkin ada banyak aplikasi lain yang Anda buka seperti Coreldraw, Photoshop, Microsoft Excel, dan bahkan game. Begitu banyaknya aplikasi yang dibuka akan membuat perintah terhadap printer menjadi terganggu. 

Mungkin maksud Anda sambil menunggu printer menunaikan tugasnya untuk mencetak, Anda dapat mengerjakan pekerjaan lainnya. Namun hal ini justru memperlambat proses kerja karena aplikasi tersebut menyedot banyak kemampuan RAM. Akibatnya pun spooling pada printer mungkin terjadi. Oleh karena itu, sebaiknya saat mencetak, lakukan secara fokus hanya untuk mencetak saja. 

5. Koneksi Nirkabel Terganggu 
Printer saat ini dapat juga dihubungkan melalui jaringan nirkabel seperti Wifi. Jika jaringan nirkabel ini sedang mengalami masalah atau terganggu, sebaiknya tidak memaksakan diri untuk mencetak via printer. Sebelum mencetaknya, sebaiknya pastikan terlebih dulu apakah jaringan tersebut tersambung dengan baik dan mengecek kecepatan koneksi internet di Fast.com. Hal ini untuk mencegah terjadinya spooling pada printer. 

6. Kinerja Printer Menurun 
Jika printer yang Anda gunakan sudah “berumur” mungkin saja kinerjanya akan berkurang. Oleh karena itu, sebaiknya Anda harus terus merawat printer tersebut. Jika memang diperlukan, Anda pun dapat melakukan install ulang printer dengan menggunakan CD driver yang sudah tersedia. 

7. Printer Mencetak Tanpa Henti
Printer pun membutuhkan istirahat. Ketika Anda mencetak dalam jumlah banyak dan tanpa henti, hal tersebut berpotensi menyebabkan spooling pada printer. Idealnya, Anda harus mengistirahatkan printer tersebut setiap kali mencetak 50 lembar secara langsung. Tunggulah selama beberapa menit, barulah Anda dapat untuk menggunakannya kembali. 

Mengatasi Masalah Printer Spooling
1. Menghapus dokumen secara manual.
Cara yang pertama adalah mencoba menghapus secara manual antrian dokumen pada jendela print queue tersebut. Bagi anda yang belum tau cara memunculkannya cukup double klik icon printer di bawah taskbar atau klik start, klik printer and faxes, double klik pada icon printer yang dikehendaki. 

Pada jendela print queue terdapat beberapa kolom yaitu: 
* DokumenName : yang merupakan nama dokumen yang kita cetak.
* Status : status dokumen pada antrian yaitu spooling, paused atau printing.
* Owner : user name orang yang mencetak dokumen
* Pages : menampilkan jumlah halaman yang sudah dicetak dan jumlah keseluruhan halaman.
* Size : ukuran dokumen dalam kilobytes
* Submitted : menampilakan waktu pada saat dokumen dikirim ke printer. 
Untuk menghapus dokumen dari daftar antrian cukup klik kanan dokumen tersebut dan pilih cancel. 

2. Menghapus file di folder C:\WINDOWS\system32\spool\PRINTERS
Apabila cara yang pertama tidak berhasil, maka kita harus menghapus dokumen tersebut dari folder spool yang ada di folder Windows\System32. Untuk melakukan hal ini tentu saja account yang kita pakai harus memiliki previllage sebagai Administrator. Berikut cara menghapus file-file tersebut. 

1. Klik Start, klik Control Panel dan pilih Administrative tools, klik Service
2. Cari “service” yang namanya PrintSpooler kemudian klik kanan dan pilih Stop. Jangan ditutup dulu window Service 
3. Buka folder C:\WINDOWS\system32\spool\PRINTERS
4. Hapus semua file yang ada di folder PRINTERS tersebut.
5. Kembali ke jendela Windows Services, klik kanan pada?Print?Spooler dan pilih Start 

Setelah file-file di folder C:\WINDOWS\system32\spool\PRINTERS dihapus dan service Print Spooler aktif kita bisa memulai lagi mencetak dokumen. 

3. Close Session
Untuk printeryang dipake secara ramai-ramai (sharing), kadangkala terjadi kasus dimana terdapat user yang tidak bisa mengirim dokumet ke printer sharing tersebut sementara user yang lain tidak bermasalah. Biasanya kalau kita lihat ke jendela Printer and Faxes maka status printertersebut adalah unable to connet. Untuk mengatasi hal ini kita bisa melakukan langkah-langkah berikut ini:
1. Buka jendela Computer Management. Klik kanan icon my computer, klik manage.
2. Expand System Tools, kemudian expand Shared Folder, da klik Sessions.
3. Pada jendela sebelah kanan terdapat daftar user yang terhubung ke komputer kita.
4. Cara yang paling mudah blok aja semua user lalu pilih close session.
5. Kemudian coba lagi user yang tadi untuk melihat status printer pada jendela Printer and Faxes, kalau statusnya sudah ready maka printer sharing tersebut bisa dipake untuk ngeprint lagi.
Demikianlah cara yang bisa kita lakukan apabila terdapat printeryang tidak bisa mengeprint. 

Ada sejumlah cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi printer mengalami spooling. Berikut ini tips yang bisa Anda coba. 
1. Restart Komputer
Anda bisa mencoba untuk menyalakan ulang komputer. Dengan cara ini diharapkan masalah spooling tersebut dapat langsung teratasi.

2. Reset Printer Spooler
Reset printer spooler

Cara kedua adalah dengan mengatur ulang print spooler. Anda dapat melakukannya melalui Windows Service. Caranya, Anda dapat menekan tombol Windows+R secara bersamaan pada keyboard. Lalu akan muncul kotak dialog Run. Setelah itu, Anda bisa mengetikkan services.msc dan tekan tombol OK. 

Jendela Service akan terbuka dan Anda bisa mencari Print Spooler. Lalu Anda tekan dua kali pada tulis tersebut. Selanjutnya pada kotak dialog Print Spooler Properties, Anda bisa tekan Stop. Cara ini akan menghentikan spooler pada printer. 

Masalah printer Spooling ini sesungguhnya hal yang bisa. Yang penting Anda tidak perlu panik ketika terjadi hal ini. Yang perlu Anda lakukan adalah menerapkan langkah-langkah di atas.

Sumber:
forumkompas.com