Monday 2 November 2020

Tips Cara Membuat Website Banyak Pengunjung

Memiliki website atau blog yang ramai pengunjung memang menjadi idaman bagi setiap orang yang berkeimpung di ranah digital. Namun, sayangnya tidak banyak orang yang benar-benar tau dan mau berusaha untuk melakukan langkah optimasi agar website mereka bisa lebih mudah ditemukan.

1. Buat Website yang Responsif dan Menarik Dipandang
Manusia adalah makhluk visual. Jadi, jika Anda ingin menarik perhatian banyak orang salah satu usaha yang bisa Anda lakukan adalah menonjolkan segi tampilan. Buat website Anda semenarik mungkin, dalam hal ini tentu harus sesuai dengan kaidah target pasar masing-masing.

Untuk website bertipe magazine misalnya, buatlah tampilan desain yang mampu memuat banyak artikel di homepage. Sementara untuk website toko online atau UKM sebaiknya dibuat lebih clean dengan produk/jasa sebagai sorotan utama.
Sebenarnya masih ada banyak trik untuk mengoptimalkan tampilan website. Trik tersebut biasanya kami terapkan ketika menangani website klien yang berasal dari dalam maupun luar negeri.

2. Lakukan Riset Keyword
Seperti kita ketahui, kebanyakan orang melakukan pencarian di internet dengan berbekal kata kunci terkait informasi yang ingin diketahui. Maka dari itu, sangat penting bagi seorang blogger untuk mengetahui susunan keyword yang banyak dimasukkan kedalam kotak pencarian mesin pencari (search engine) semacam Google atau Yahoo!

Agar mendapatkan data keyword yang akurat, Anda bisa melakukan riset kata kunci menggunakan tools khusus seperti Ahrefs (berbayar) atau Ubersuggest (gratis). Sehingga setiap artikel yang ditulis tidak akan melenceng jauh dari tema website yang diangkat.

Ibarat kata, melakukan riset keyword bak menyusun tiang-tiang di atas pondasi sehingga nantinya bisa diisi oleh susunan batu bata untuk membuat suatu tembok yang kokoh. Pemilihan kata kunci sedikit ibanyak juga bisa mempengaruhi cepat lambatnya pertumbuhan trafik website yang brasal dari mesin pencari.

3. Bagikan Artikel ke Media Sosial
Entah website lama atau blog baru seumur jagung semuanya membutuhkan sosial media sebagai salah satu penyumbang trafik. Terlebih lagi, saat ini sosial media seperti Facebook, Instagram, dan Twitter sudah sangat populer dikalangan pengguna. Anda bisa memanfaatkan fenomena tersebut untuk meraup trafik sebanyak-banyaknya.

Bagaimana caranya? Salah satunya bisa dengan ccara membagikan link artikel ke sosial media. Sertakan juga kalimat ajakan yang bersifat persuasif agar orang-orang tetarik untuk melakukan klik bahkan hingga membagikan ulang.

4. Gunakan Teknik Search Engine Optimization (SEO)
Setidaknya ada dua teknik SEO yang bisa Anda terapkan untuk membuat website ramai pengunjung. Pertama, yaitu dari segi SEO Onpage yang secara umum berkaitan dengan website secara langsung. Misalnya dari segi konten/artikel yang disisipi Heading, Internal link, dll.

Kedua, yakni teknik SEO offpage. Berbeda dari teknik onpage, SEO Offpage memiliki prinsip kerja yang tidak bersinggungan secara langsung dengan konten website. Salah satu cara optimasi teknik offpage adalah dengan mencari backlink dari website terkenal. Nah, semakin banyak website terkenal yang memberikan tautan menjuju website Anda maka mesin pencari otomatis bakal menempatkan website Anda ke halaman pertama untuk penelusuran kata kunci tertentu. Halaman pertama berarti potensi website diklik pengunjung juga semakin besar.

5. Manfaatkan Platform Iklan
Selain menerapkan beberapa trik di atas, Anda juga bisa menggunakan platform iklan seperti Google AdWords dan Facebook Ads untuk mendongkrak jumlah kunjungan. Akan tetapi, sebelum mulai menjalankan kampanye iklan secara digital jangan lupa untuk memastikan kata kunci serta target pengunjung yang ingin disasar.

Anda bisa memanfaatkan hasil riset keyword pada poin sebelumnya agar pengunjung yang datang lebih tertarget. Sementara untuk urusan budget usahakan untuk memulai dari angka yang kecil sebagai antisipasi jika terjadi salah setting atau kendala diluar dugaan.

6. Rajin Update Konten Bermanfaat
Rajin update konten merupakan rahasia umum di kalangan blogger yang sampai sekarang masih cukup efektif untuk meningkatkan jumlah pengunjung website. Pasalnya, dengan cara ini robot dari mesin pencari akan lebih sering mampir untuk meng-crawl perubahan yang ada di website kita. Pastikan Anda juga tidak lupa untuk melakukan submit URL artikel di GSC (Google Search Console) agar lebih cepat terdeteksi.

Kesimpulan
Membuat website yang memiliki tampilan bagus dan ramai pengunjung memang bukanlah perkara mudah. Selain sabar, Anda juga harus pintar dalam memutar otak untuk mencari ide kreatif yang bisa dijadikan sebagai gebrakan.

Maka dari itu, jika sekiranya Anda memang belum cukup berpengalaman dalam menangani website, sebaiknya percayakan saja pada pihak jasa pembuatan website yang sudah lebih ahli dan profesional agar tidak semakin menambah beban pikiran.

Sumber:
bikin.website