Tuesday 20 October 2020

Rahasia Jitu Meningkatkan Penghasilan Adsense

Jika Anda seorang webmaster yang ingin mendapatkan dollar dari website, cara yang bagus untuk melakukannya adalah melalui Adsense. Ada banyak webmaster yang berjuang keras untuk mendapatkan uang melalui website mereka. Tapi kemudian beberapa “genius” dari mereka yang menikmati ratusan dollar per hari dari iklan Adsense di website mereka. Apa yang membuat webmaster ini berbeda dari jenis lain adalah bahwa mereka berbeda dan mereka berpikir out of the box.

Orang-orang yang telah ada dan telah melakukannya dengan beberapa tips yang berguna untuk membantu mereka yang ingin sukses dalam bidang ini. Beberapa tips berikut ini telah meningkatkan cukup banyak penghasilan Adsense hingga ribuan dollar tiap bulan.

Tingkatkan Traffic Blog maupun Channel Youtube Anda
Caranya dengan optimalisasi SEO dan yang paling penting yaitu konsisten membuat konten berkualitas dan bermanfaat bagi pengunjung anda.

Gunakan fitur Ad Balance
Fitur ini merupakan fitur khusus adsense yang dibuat oleh google untuk Meningkatkan Penghasilan Adsense dengan menampilkan iklan sedikit namun bernilai tinggi. Dengan sedikitnya iklan yang tampil maka akan berimbas pada user experience dan daya saing iklan yang meningkat. Tentu ini akan meningkatkan Pageview, CTR, dan CPC / BPK.

Buat konten dengan HPK
Apa itu HPK?, HPK merupakan singkatan dari High Paying Keyword. Gunakan Keyword bernilai bayaran tinggi seperti properti, teknologi, asuransi, kesehatan dan keyword tertarget lainya. Contoh judul artikel yang memiliki HPK yaitu seperti “Harga Mobil Lamborghini” atau “Perusahaan Asuransi Terbaik”. Lalu bagaimana cara mengetahui kata kunci yang bernilai tinggi? Gampang, anda dapat menggunakan tool gratisan dari google yang bernama Google Keyword Planner.

Experiment dengan Penempatan dan Format Iklan
Hal ini bertujuan agar kita mendapatkan peletakan iklan terbaik. Strategi penempatakan iklan yang baik menurut riset mimin dan berbagai sumber yaitu di bawah judul, di tengah artikel dan di akhir artikel. Untuk ukuranya sendiri, google sudah mengaturnya. Untuk di bawah judul tidak boleh lebih dari 320×100. Untuk ditengah anda dapat memasang iklan ukuran 300×250 dan untuk di akhir artikel anda dapat menggunakan iklan responsive.

Sesuai Warna dan Style Iklan sesuai Template
Contohnya yaitu jika warna atau tema blog anda berwarna hijau maka ubah iklan menjadi warna hijau. Anda dapat menyesuaikanya di bagian edit iklan di halaman panel adsense anda. Namun, buatlah iklan seperti iklan, hal ini untuk menghindari invalid click.

Gunakan template High CTR
Biasanya fitur ini ada di template premium, namun banyak juga kok template gratisan yang memiliki fitur tersebut. Contohnya template-template buatan arlinadzgn dan mas sugeng. Ciri dari template High CTR yaitu iklan tampil dengan baik, rapi, kontras dan mudah dilihat pengguna tanpa mengganggu user experience.

Utamakan User Experince dan Mobile Friendly
Setelah tadi disinggung sedikit, kali ini kita bahas secara lebih dalam. Google mengutamakan kecepatan situs dan pengalaman pengguna. Jadi jangan memasang iklan berlebihan, cukup 3 iklan di dalam artikel dan jika perlu tambah lagi 1 iklan di sidebar. Dan yang paling utama, gunakan template yang responsif, ringan, seo dan tampil dengan baik serta cepat di perangkat mobile. Hapus widget tidak berguna, compress gambar, dan Minimalisasi Javascript. Untuk mengecek performa situs atau blog yang anda miliki, anda dapat mengeceknya dengan tool gratis google yaitu Website Speed Testing Tool.

Berkonsentrasi pada satu format iklan Adsense
Satu format iklan yang bekerja baik dan optimal adalah Persegi Panjang Besar (336×280). Format yang sama memiliki kecenderungan untuk menghasilkan RKPT lebih tinggi, atau klik-melalui tarif. Mengapa memilih format ini? Pada dasarnya karena iklan akan terlihat seperti link normal website, dan yang digunakan untuk mengklik pada format tersebut, klik jenis link. Mereka mungkin atau mungkin tidak tahu bahwa mereka mengklik iklan Adsense tetapi sepanjang ada klik, maka semuanya akan menjadi keuntungan Anda.

Membuat palet kustom untuk iklan Anda
Pilih warna yang cocok dengan latar belakang website. Jika website Anda memiliki latar belakang putih, cobalah untuk menggunakan warna putih sebagai pembatas kotak iklan Anda dan juga latar belakangnya. Ide untuk pola warna tersebut adalah untuk membuat Adsense terlihat seperti bagian dari halaman website. Sekali lagi, ini akan mengakibatkan lebih banyak klik dari orang yang mengunjungi website.

Sebaiknya tidak memasang Adsense di halaman bawah website, tetapi menempatkan mereka di atas halaman
Jangan mencoba untuk menyembunyikan Adsense Anda. Menempatkan mereka di tempat di mana orang dapat melihat mereka dengan cepat. Anda akan kagum bagaimana perbedaan antara lokasi Adsense dapat meningkatkan pendapatan.

Menjaga link ke website yang relevan
Jika Anda berpikir beberapa website lebih baik daripada yang lain, menempatkan iklan Anda di sana dan mencoba untuk memelihara dan mengelola mereka. Jika sudah ada banyak Adsense dimasukkan ke website tertentu, tempatkan iklan tersebut di website Anda. Dengan cara itu pengunjung akan melihat iklan Anda pertama setelah browsing ke website tersebut.

Cobalah untuk mengoptimalkan penyisipan kode AdSense ke dalam halaman website menggunakan SSI (server side included)
Tanyakan administrator website Anda apakah server mendukung SSI atau tidak. Bagaimana Anda melakukannya? Hanya menyimpan kode Adsense Anda dalam sebuah file teks, simpan sebagai “adsense teks”, dan upload ke direktori root dari server website. Lalu menggunakan SSI, panggil kode tersebut di halaman lain. Tip ini adalah penghemat waktu terutama bagi mereka yang menggunakan generator halaman otomatis untuk menghasilkan halaman di website mereka.

Membuat Ads Unit in Article
Setelah mengamati pergerakan revenue adsense, saya baru memahami bahwa, in-article ads merupakan penyumbang pendapatan adsense yang paling banyak dibandingkan jenis ads unit lainnya. 
Jadi, jika kalian sudah memiliki akun Adsense yang aktif. Jangan sampai menyianyiakan jenis ads unit yang ini. Siapa tahu, setelah memasang jenis unit ini pendapatan kalian melonjak drastis.

Memanfaatkan Eksperimen
Jika kalian sudah menjadi publisher cukup lama, pasti gak asing dengan fitur yang satu ini. Untuk memaksimalkan pendapatan, Adsense seringkali mengirimkan reminder penggunaan fitur eksperimen.
Jangan disia-siakan kesempatan ini Gaez. Fitur ini memungkinkan Adsense untuk menayangkan iklan-iklan yang sekiranya memiliki revenue tinggi untuk Blog kita. Jadi iklan yang tidak menguntungkan, akan disortir oleh Adsense.

Eksperimen ini ada 2 jenis. Yaitu :
* Ads Balance 
* Blocking Control 

Keduanya bisa membantu kita memaksimalkan pendapatan Adsense, karena iklan-iklan yang akan ditayangkan di Blog kita, merupakan iklan dengan pendapatan terbesar/terbaik menurut Adsense.
Salah satu contohnya, setelah saya melakukan experiment, pendapatan saya bisa meningkat +40% dari sebelumnya.

Membuat Custom Channels
Saya baru tahu kalo membuat custome channels khusus bisa meningkatkan pendapatan Adsense kita.
Custome channel ini memungkinkan publisher untuk mengatur iklan apa saja yang bisa tayang di Blog kita. Ibaratnya kita bisa memilih {iklan yang relevan dengan niche blog}.
Jika iklan tersebut relevan, secara otomatis pendapatannya pun bisa meningkat. Alasannya karena ada peluang yang lebih besar bagi pembaca untuk mengklik iklan yang ada pada beranda Blog kita. Beberapa Minggu ini, pendapatan saya cukup meningkat dengan tajam setelah membuat custom channel.

Optimasi SEO Dan SERP
Kalo yang ini mungkin sudag bukan rahasia umum lagi, karena hampir setiap hal yang berhubungan dengan Blog, tak lain dan tak bukan harus berhubungan dengan trafiknya.
Trafik yang meningkat, tentu impressionnya akan meningkat pula, peluang pendapatan sudah pasti meningkat juga, yekan ?
Inilah alasannya kenapa setiap membuat tips blogging, saya selalu menyelipkan tentang topik ini. Bagaimanapun, trafik untuk Blog itu merupakan kunci bagi yang dimonetasi Sudah dimonetasi ataupun belum, trafik tetap dibutuhkan.

Buat 2 atau 3 Unit Ads in Article
Setelah berkeliling mencari tips bagaimana meningkatkan pendapatan Adsense, akhirnya saya menemukan sebuah trik yang jarang digunakan oleh orang lain. Tadinya saya pikir, dalam satu artikel itu cukup menggunakan sumber kode html dari satu units ads sja. Tapi ternyata sebalinknya.
Jika kalian ingin meningkatkan pendapatan, Adsense buatlah 2 atau lebih Ads Unit sebagai sumber kode htmlnya. Kalian bisa menempatkannya di bagian bawah heading, tengah atau sebelum kesimpulan. Dengan begitu, bagi yang pembaca yang mengklik unit iklannya, kita bisa mendapatkan pendapatan dari sumber yang berbeda.

Sumber: