Wednesday 7 October 2020

Cara Update WordPress Manual dan Otomatis

Jika terjadi error di dashboard WordPress Anda dan Anda tetap ingin memasang versi terbaru WordPress, tersedia cara lain, yaitu dengan cara update WordPress manual.
Berikut langkah-langkah yang perlu Anda lakukan untuk memasang WordPress versi terbaru dengan cara manual:

1. Backup Data
Sebelum memasang versi terbaru WordPress, sebaiknya lakukan backup data website terlebih dahulu sebagai langkah antisipasi jika Anda membuat kesalahan dalam proses update WordPress versi terbaru.

2. Matikan Plugin
Selain backup data, Anda juga perlu mematikan semua plugin di website Anda.

3. Unduh WordPress Versi Terbaru
Anda bisa mengunduh WordPress versi terbaru di situs resmi WordPress. 

4. Unzip File WordPress
Setelah mengunduh file dalam bentuk ZIP, Anda perlu unzip file tersebut menggunakan WinRAR atau WinZIP. Anda sudah unzip folder WordPress dan mendapatkan beberapa sub-folder seperti wp-admin, wp-includes, dan wp-content

5. Buka Direktori Root Website
Langkah selanjutnya adalah membuka direktori root website. Langkah ini bisa dilakukan dengan menggunakan FileZilla. Yang perlu Anda lakukan pada langkah ini adalah menghapus folder ‘wp-admin’ dan ‘wp-includes’ yang berada di direktori sebelah kanan.


Klik kanan pada dua folder tersebut dan pilih ‘Delete’

6. Upload Versi Baru
Pada langkah sebelumnya Anda telah menghapus ‘wp-admin’ dan ‘wp-includes’. Selanjutnya, Anda perlu mengunggah versi terbaru yang sudah Anda unduh sebelumnya.

Di direktori sebelah kiri Anda bisa menemukan folder WordPress yang sudah Anda unduh sebelumnya. Kemudian upload ‘wp-admin’ dan ‘wp-includes’ versi terbaru.


7. Update WordPress Database
Setelah sukses mengunggah file WordPress versi terbaru, akan muncul notifikasi dari WordPress bahwa update telah berhasil dilakukan dan diperlukan update database. Update database WordPress adalah langkah terakhir dan WordPress Anda sudah diupdate ke versi terbaru!

Cara Update WordPress Otomatis
Bagi Anda yang sibuk dan tidak sempat untuk memasang WordPress versi terbaru secepat mungkin, Anda bisa menggunakan bantuan plugin, yaitu Easy Updates Manager.
Plugin ini akan membantu Anda untuk memasang versi terbaru dari WordPress, template, hingga plugin secara otomatis.

Jika Anda tidak ingin menambahkan plugin ke website, Anda juga bisa menggunakan cara lain, yaitu dengan menambahkan kode di bawah ini ke file wp-config.php:

define(‘WP_AUTO_UPDATE_CORE’, true);

Kesimpulan
Anda telah mempelajari cara update WordPress versi terbaru dengan cara manual (FileZilla) dan otomatis (plugin Easy Updates Manager dan kode).
Update WordPress ke versi terbaru adalah langkah penting dalam memelihara website Anda. Dengan memasang WordPress versi terbaru, Anda telah meningkatkan keamanan dan performa website.

Sumber: