Saturday 31 October 2020

Cara Membuat XML Sitemap di WordPress

Sitemap merupakan daftar halaman dan postingan di suatu website (WordPress) yang bisa diakses oleh pengunjung website/blog tersebut.
Meski tidak secara signifikan berpengaruh pada pengunjung, namun sitemap ini sangat berpengaruh pada usaha kita dalam mengoptimalkan SEO blog kita.

XML Sitemap yang ada di suatu blog akan memberitahu mesin pencari seperti google, yahoo, dan sebagainya untuk mengindeks daftar tersebut di mesin pencari.

Sitemap juga memberi tahu mesin pencari bahwa daftar halaman dan postingan blog yang ada di Sitemap blog tersebut eksis/ada, sehingga pengunjung blog dapat mengakses blog kita melalui mesin pencari, yang tentunya akan lebih mudah.

Intinya keberadaan sitemap bagi sebuah situs memberi hak akses bagi robot perayap mesin pencari untuk menentukan bagian-bagian mana saja yang akan diindeks di mesin pencari, sehingga blog Anda akan lebih SEO.
Nah, kalau begitu bagaimana cara membuat XML Sitemap di WordPress?

Cara Membuat XML Sitemap di WordPress
Sebetulnya ada banyak cara yang bisa Anda terapkan. Jika Anda sudah menggunakan plugin Yoast SEO maka membuat Sitemap di blog WordPress Anda akan lebih mudah.

Jika belum silahkan install terlebih dahulu Yoast SEO di WordPress Anda. Selain plugin ini gampang digunakan, plugin ini memiliki banyak kelebihan lain dalam membantu SEO sebuah situs.

Setelah Anda menginstall Yoast SEO maka Anda secara khusus harus mengaktifkan fungsi Sitemap blog Anda.

Caranya, akses menu SEO di dahsboard kemudian klik menu General => Features. Gulir layar ke bagian bawah hingga Anda menemukan menu XML Sitemaps. Pastikan bahwa statusnya On kemudian klik ikon tanda tanya di sebelah kanan judul menunya.

Setelah itu, untuk mengakses XML Sitemap, Anda perlu mengklik link bertuliskan See the XML sitemap. Lihat gambar di bawah ini untuk lebih jelasnya:



Setelah itu Sitemap Anda akan dengan cepat bisa diakses oleh pengunjung dan akan segera terindeks di mesin pencari.

Biasanya URL sitemap yang dibuat dengan plugin Yoast SEO berformat seperti ini: domain.com/sitemap_index.xml. Copy sitemap_index.xml untuk digunakan pada tahan selanjutnya.
Setelah itu Anda perlu mendaftarkan Sitemap yang telah Anda buat ke Google Search Console.

Cara Submit Sitemap XML ke Google Search Console
Anda harus memverifikasi situs Anda terlebih dahulu ke Google Search Console jika Anda belum memverifikasinya. Jika belum maka Anda harus membuat satu akun Google baru dan log in ke dalam Google Search Console.

Setelah itu daftarkan situs Anda. Nantinya Google meminta Anda memverifikasi situs Anda dengan beberapa metode. Metode yang ada bisa lebih jelas Anda lihat di gambar berikut:


Kemudian masuk kembali ke menu SEO dan pilih menu General => Webmaster Tools. Di bagian Google verification code, silakan paste kode meta tag yang tadi Anda dapatkan di Search Console. Simpan perubahan.


Setelah itu kembali ke Google Search Console lalu tekan Verify. Anda sudah sukses memverifikasi blog Anda ke Google Search Console.

Setelah website Anda berhasil diverifikasi, silakan login dan pilih property blog Anda di Google Search Console.

Kemudian di sebelah kiri di bawah menu Index, silakan pilih Sitemaps. Di bagian Add a new sitemap, silakan masukkan sitemap_index.xml atau pun URL sitemap Anda yang lain bila berbeda. Lihat gambar di bawah:


Setelah itu klik Submit lalu berikan waktu untuk algoritma Google demi menguji coba dan mulai meng-crawl-nya.

Begitulah cara membuat XML Sitemap di WordPress.

Selain menggunakan plugin Yoast SEO, Anda juga bisa memanfaatkan plugin SEO lain seperti All in One SEO Pack maupun Google XML Sitemaps.

Sumber:
seniberpikir.com