Sunday 11 October 2020

Cara Mengubah Nama Akun/Channel Youtube

Kadang untuk satu dan lain hal, kita merasa perlu untuk mengubah nama akun atau channel Youtube yang kita miliki. Namun, mengubah nama akun (atau istilah pada Youtube adalah brand) tidak semudah mengubah nama akun di sosial media lain, semisal Facebook atau Twitter.
Setelah Youtube melakukan update, untuk mengubah nama akun ini makin sulit lagi. Jika dulunya sisa mengklik gambar gear (setting) yang ada di channel kita, saat ini letaknya makin tersembunyi. Entah karena ingin efesiensi atau karena aturan mengubah nama brand ini tidak seleluasa sosial media lain.

Youtube memang memberi aturan yang cukup ketat, untuk mengubah nama akun hanya bisa dilakukan tiga bulan setelah perubahan pertama terjadi. Berikut langkah-langkah yang harus ditempuh untuk mengubah nama akun Youtube.

Pertama-tama, masuk ke channel Youtube yang ingin Anda ubah. Lalu klik icon akun Anda di pojok kanan atas. Akan muncul gambar seperti berikut. Klik gir agar bisa masuk ke pengaturan.
 

Pada halaman setting, selanjutnya lihat dibagian Account Settings. Klik tulisan View or change your account settings.


Setelah jendela baru terbuka. Klik kembali gambar icon di sudut kanan atas. Lalu klik Manage Account.


Anda akan dibawa ke laman overview. Selanjutnya klik Edit Account Info


Pada bagian ini, Anda sisa mengklik icon pensil yang ada di bagian kanan.
 
Selanjutnya akan terbuka form untuk mengisi nama akun baru yang ingin Anda ganti. Setelah melakukan perubahan selanjutnya, klik OK. 
Hal terakhir yang harus dilakukan adalah mengklik Change Name dari popup yang muncul.

Dengan demikian, nama akun Youtube Anda sudah berubah. 
Setiap Youtubers punya alasan masing-masing mengubah brand Youtubenya. Dan setiap akun Youtube bisa memiliki kurang lebih 100 brand yang berisi video-video dengan segmen yang beda-beda.

Sumber:
blogooblok.com