Saat ini, perkembangan SEO sangatlah begitu cepat. Google selaku perusahaan search engine paling banyak digunakan saat ini, selalu melakukan pembaharuan dan update algoritma terbaru.
Tak khayal, update ini berpengaruh pada ranking website-website di Dunia. Agar website atau blog anda bertahan di pencarian google paling atas, tentu seorang webmaster harus mampu mengikuti perkembangan SEO Modern yang begitu cepat.
Namun, bagi anda pembaca blog, maka kali ini admin akan membagikan rangkuman penting mengenai Rank Factor SEO agar artikel yang anda publish tampil di google paling atas.
SEO Signal yang Wajib Diketahui dan Diterapkan
Seperti yang kita tahu, Rank Faktor SEO sangatlah banyak, lebih dari 200 faktor yang digunakan oleh google. Semua faktor ini akan terus berubah dan bertambah seiring dengan waktu.
Namun, yang paling penting dan wajib diterapkan yaitu sebagai berikut :
Baca Semua Artikel secara Lengkap dan Detail, Pahami dengan Baik agar Web anda Berhasil masuk Page One!
1. Konten yang Relevan dan Berkualitas
Di setiap artikel tentang SEO yang saya tulis, saya selalu bilang bahwa “CONTENT IS KING”. Ya ini berlaku dari SEO zaman dulu hingga saat ini. Konten masih menjadi faktor utama yang menyebabkan artikel masuk dan bertahan lama di page one.
Seperti apa artikel yang berkualitas itu?
Artikel yang berkualitas itu kini faktornya telah berubah. Dulu kita menganggap bahwa artikel yang panjang dan lengkap merupakan artikel yang berkualitas.
Namun kini hal itu salah. Kita tidak perlu membuat artikel lebih dari 400 Kata atau 1000 kata. Nyatanya kita hanya perlu artikel yang Relevan dan sesuai.
Misal kita membahas topik mengenai pengertian SEO. Maka kita bahas saja secara to the point, mungkin hanya perlu artikel dibawah 400 kata.
Namun, jika kita membahas artikel dengan penjelasan lengkap, baru kita perlu membuat artikel yang lengkap dan relevan, misalnya artikel yang anda baca ini.
Faktor lainya yaitu :
- Original dan Tidak Sama dengan Website lain
- Unik dan Berguna bagi pembaca
- Menjawab pertanyaan Pembaca
- Efisiensi Kata, Bahasa dan Struktur Artikel
Intinya, buatlah konten yang berguna dan beda dari yang lain.
2. Kecepatan Situs dan Responsive
Kecepatan dan responsifitas website merupakan faktor lain yang menentukan ranking google. Jika situs anda cepat dimuat dan tampil baik di semua perangkat, entah itu mobile phone, tablet atau desktop maka experience pengguna akan baik.
UX (User Experience) merupakan salah satu indikator SEO saat ini. Google akan menilai dan menentukan kualitas dari feedback pengguna. Jika baik, maka artikel akan terus ditampilkan, dan jika tidak maka artikel akan hilang dari pencarian seiring dengan waktu.
Dari mana google tahu Experience pengguna?
Google sangatlah canggih dan pintar, google dapat mengetahui titik panas dari seluruh website di dunia. Selain itu google dapat mengetahui element mana yang paling sering pengguna klik, berapa lama user bertahan di artikel, dan kapan user kabur dari sebuah website.
Singkatnya, jika anda ingin mengetahui semua kecanggihan itu, anda dapat membuka google analytic sebagai gambaran.
3. Keamanan Situs
Google mengatakan bahwa keamanan situs merupakan salah satu faktor yang menentukan ranking sebuah website.
Jika anda perhatikan, situs yang masih menggunakan http akan menampilkan keterangan “Situs tidak aman” jika dibuka di browser Chrome.
Namun, jika situs sudah menggunakan SSL/TLS dengan ciri menggunakan protocol https, maka gembok di address bar akan menjadi berwarna hijau dan menampilkan keterangan Koneksi Aman.
Jadi, anda dapat meningkatkan keamanan situs anda dengan menggunakan protocol https dan memasang security pada website anda agar keamanan user terjamin.
Hal ini akan berpengaruh pada ranking website anda di pencarian.
4. Riset Keyword
Sebelum membuat konten, riset lah keyword terlebih dahulu. Anda harus mengetahui kata kunci apa yang banyak dicari dan jangan lupa anda juga harus riset kompetitor.
Sebaiknya anda cari keyword yang banyak dicari namun memiliki persaingan yang rendah.
Sulit memang, namun hal ini sangat penting agar artikel anda dapat tampil di google paling atas.
Berikut adalah indikator yang biasa digunakan dalam riset keyword :
Volume Search (Banyak Pencarian)
CPC (Cost Per Click) ini biasanya penting bagi para publisher Adsense agar mendapat hasil yang maksimal Competitor (Saingan anda)
Saran saya, hindari keyword yang sudah dikuasai oleh situs-situs besar, misal seperti situs berita.
5. Judul dan Meta data yang Menarik
Sebenarnya ini lebih kearah user. Jika judul anda menarik perhatian user dan sangat clickable, maka ketika bersaing di pencarian, mereka akan membuka situs anda bukan?
Selain judul, anda dapat memasukan meta deskripsi agar menambah ketertarikan pengguna untuk mengunjungi situs anda.
Bagaimana judul dan meta deskripsi yang menarik?
Judul yang menarik biasanya mengandung beberapa hal berikut:
- Mengandung angka atau Data, misal 7 Faktor SEO paling berpengaruh
- Menggunakan Kosa Kata Populer, misal Cara, Tips, Trik, Alasan, Fakta, Rahasia, Strategi dan sebagainya
- Judul dapat dibaca kurang dari 3 Detik, maksimal 60 karakter
Apa itu Meta deskripsi?
Perhatikan tulisan abu-abu pada gambar diatas. Itu merupakan meta deskripsi. Meta deskripsi yang menarik dapat menarik perhatian pengguna untuk mengunjungi website anda.
6. Kesehatan Situs yang Baik
Hal ini akan berhubungan langsung dengan google bot. Mesin yang akan mengcrawl situs anda dan menampilkanya di pencarian.
Jika kesehatan situs anda buruk, maka anda akan mendapat cap buruk dari google. Jika sudah begini maka anda akan kesulitan membuat situs anda muncul di pageone walaupun membuat konten sebanyak apapun.
Apa yang harus diperhatikan?
- Internal dan Eksternal Link
- Optimasi Gambar beserta ALT IMG nya
- Optimasi Template (Kecepatan, Keterbacaan, Keindahan, Responsifitas, Struktur)
- Moderasi Komentar SPAM
- Pindai Virus atau Malware
- SPAM Score dan Plagiarism Score
Untuk membantu anda memantau kesehatan situs, anda dapat menggunakan tools yang disediakan google yaitu Search Console.
7. Struktur artikel dan Link Referensi yang Terpercaya
Artikel yang baik terdiri dari struktur yang rapi.
Pada umumnya, artikel akan terdiri dari :
- Judul
- Pembukaan / Perkenalan
- Pengertian atau Arti kata kunci yang sedang dibahas
- Isi
- Penutup
Semua itu akan terbagi jadi beberapa format heading, mulai dari H1, H2, H3, H4, H5 dan seterusnya.
- Misal H1 untuk judul website
- H2 untuk Judul Artikel
- H3 untuk sub judul
- dan seterusnya
Terus Apa itu Link Referensi?
Link referensi merupakan link sumber yang dapat menambah kepercayaan artikel yang anda tulis. Misal anda mengutip pengertian dari wikipedia, maka anda dapat menambahkan link sumber menuju wikipedia sebagai bukti.
Ini dapat menambah site authority di mata pengguna maupun google.
Apa Backlink masih Berpengaruh?
Jawabanya YA, namun bukan backlink hasil SPAM atau BELI!
Backlink yang dimaksud yaitu backlink alami yang barikan oleh situs lain, misal anda menulis tentang SEO modern, kemudian situs lain mengutip artikel anda dan menambahkan backlink ke situs anda.
Inilah backlink yang berpengaruh karena relevan dan alami.
Jika anda SPAM backlink, maka anda akan masuk ke jaringan link yang tidak relevan yang menyebabkan situs anda malah buruk dimata mesin pencari.
Kesimpulan
Sebenarnya, inti dari SEO Modern yaitu bagaimana kita menyajikan konten yang berguna dan mampu menjawab pertanyaan pengguna di mesin pencari.
Kita harus mampu memberikan experience terbaik bagi pengunjung atau visitor web atau blog yang kita miliki. Ini akan menjadi rank faktor tersendiri karena google sudah menerapkan algoritma kecerdasan buatan yang mampu mengenali feedback pengguna.
Semakin baik pengalaman pengguna maka akan semakin besar artikel anda tampil dan bertahan di google paling atas.
Sumber: