Wednesday 7 October 2020

Jenis Container Format File Video Terpopuler

Video merupakan gabungan dari rekaman gambar-gambar yang dibaca berurutan dalam suatu waktu pada kecepatan tertentu.Video juga merupakan hasil dari teknologi dimana teknologi tersebut mampu menangkap atau merekam, kemudian memproses dan mentransmisikan serta menata ulang gambar yang bergerak.
Pada saat Anda mulai merekam video dan menyimpannya, format video yang dihasilkan tentu saja dapat berbeda sesuai pada perangkat rekaman yang Anda gunakan.

1. MP4
MP4 adalah standar format video yang saat ini sangat populer. Format ini dikembangkan oleh Motion Picture Expert Group (MPEG) yang merupakan organisasi internasional pengembang standar video dan audio. MP4 versi pertama rilis tahun 2001 yang kemudian disempurnakan pada versi kedua di tahun 2003. Kelebihan MP4 terletak pada kemudahan akses di perangkat mana saja. Hampir semua perangkat mendukung format ini seperti komputer, smartphone hingga internet. MP4 merupakan sebuah inovasi yang didasari dari format mov yang penggunaanya terbatas di perangkat tertentu. MP4 memiliki sifat “lossy” yang artinya data yang kurang penting dalam video akan hilang, Hal ini tentu membuat MP4 memiliki ukuran yang lebih minim meskipun jika diukur dari ukuran file MP4 bukanlah format yang terbaik ini tergantung dari CODEC yang digunakan. Meski begitu, MP4 sangat cukup untuk penggunaan video sehari hari.

2. MOV
MOV adalah format video Quicktime yang sudah tua (sejak 1998) dan masih digunakan sampai saat ini. MOV diciptakan oleh perusahaan Apple. MOV sering digunakan dalam industri professional khususnya bagi mereka yang menggunakan perangkat Apple. Bagi perangkat non Apple mungkin akan kesulitan dan harus menginstall CODEC tambahan agar dapat membukanya. Ukuran file MP4 akan sedikit lebih besar dibanding MP4, meski begitu kualitas format MOV cukup baik.

3. AVI
Audio Video Interleave adalah format video yang dibuat oleh Microsoft dan tidak kalah tua dengan MOV. Bahkan, Avi diperkenalkan sejak tahun 1992 bersamaan rilisnya Windows 3.1. Meskipun memiliki kompresi namun AVI cenderung memiliki ukuran file yang sangat besar. File ini biasanya digunakan menjadi format standar rekaman video dan masih digunakan hingga sekarang. AVI memiliki kelebihan dalam opsi variasi CODEC yang beragam.

4. WMV
Windows Media Video adalah format video lain dari Microsoft yang lebih baru dan merupakan bagian framework dari Microsoft Windows Media Player. WMV merupakan pengembangan dari Advanced System Format. WMV pertama hadir tahun 1999 yang sebetulnya didesain untuk keperluan streaming di internet dan berbentuk terkompresi. WMV mendukung beragam CODEC.

5. MKV
Matroska adalah format video terbuka yang dapat menampung jumlah audio, video, gambar dan subtittle yang tidak terbatas dalam satu file. MKV didesain mirip MP4 ataupun AVI yang diterbitkan tahun 2002. MKV memiliki performa yang lebih baik. MKV juga cenderung memiliki ukuran yang lebih kecil yang dibantu dengan CODEC yang didukung. MKV merupakan format modern dan banyak digemari oleh pengguna internet khususnya bagi penonton Anime karena memiliki kualitas yang lebih baik.

6. FLV
Flash video merupakan format video digital yang digunakan untuk keperluan internet. FLV diciptakan tahun 2000 awal oleh Macromedia sebelum diakuisisi oleh Adobe. Penggunaan FLV memerlukan Adobe Flash Player untuk berjalan. FLV memiliki ukuran yang efisien dan sangat cocok untuk penggunaan streaming. FLV dulu digunakan di platform seperti Youtube. Namun saat ini penggunaan FLV cenderung menurun seiring flash mulai ditinggalkan dan digantikan oleh HTML5.

7. WEBM
WebM merupakan format audio visual baru yang diperuntukkan untuk keperluan web berbasis HTML5. WebM pertama kali rilis tahun 2010 yang terus dikembangkan hingga terakhir pada 2017. WebM dikembangkan oleh On2, Xiph, dan Matroska yang kemudian Google membantu sponsor untuk pengembangan format ini. Sama hal nya dengan MKV, WebM merupakan format video terbuka karena sebetulnya struktur file ini merupakan dasar dari format MKV. WebM memanfaatkan video CODEC untuk keperluan stream yakni VP8 dam VP9 video codecs sedangkan audionya menggunakan Vorbis dan Opus audio codec sehingga file ini memiliki ukuran yang efisien.

8. 3GP
3gp merupakan file video yang diperuntukkan untuk pengguna handphone. File ini dikembangkan oleh 3rd Generation Partnership Project (3GPP) yang merupakan organisasi pengembang protokol untuk telepon. 3GP hadir saat kemampuan handphone dulu masih sangat terbatas. 3GP dihadirkan untuk menyederhanakan video dan membuat ukuran yang minim dan sesuai dengan kemampuan hp pada waktu dulu. 3GP memiliki ukuran yang sangat kecil dan kemampuan yang terbatas dan resolusi yang rendah. Saat ini format ini sudah ditinggalkan.

Sumber:
niagahoster.co.id