Tuesday 23 February 2021

Perbedaan Laptop Lenovo dengan Garansi Resmi dan Garansi Distributor (Non Resmi)

Salah satu faktor yang menjadi pertimbangan dalam membeli sebuah laptop adalah garansi. Garansi merupakan hak kita sebagai konsumen untuk mendapatkan layanan after sales dari pembelian laptop. Di pasaran online maupun offline terdapat pilihan laptop lenovo dengan garansi resmi dan non resmi. laptop dengan garansi resmi artinya laptop tersebut didistribusikan secara resmi oleh Lenovo Indonesia melalui distributor yang sudah ditunjuk untuk pasar indonesia. Banyak calon konsumen yang tidak mengetahui jika ada laptop lenovo dengan garansi non resmi (biasanya disebut garansi distributor).

Sangat disarankan untuk membeli laptop Lenovo dengan garansi resmi Lenovo Indonesia, karena selain aman dan nyaman, ada berbagai keuntungan yang didapat apabila Anda membeli laptop Lenovo dengan garansi resmi, seperti sebagai berikut :
  • 1. Produk yang original dan berkualitas ( Full original, No refurbhised )
  • 2. Garansi produk resmi menawarkan berbagai macam keuntungan seperti
  • - Garansi 2 tahun dan max 5 tahun ( ThinkPad )
  • - Lenovo Premium care ( layanan telepon dengan Teknisi 24/7, layanan servis PC/Laptop langsung di lokasi Anda, dll ) Cek detailnya https://www.lenovo.com/id/in/premiumcare/
  • - ADP ( Accidental Damage Protection ) jaminan garansi untuk produk Lenovo laptop dan tablet PC Anda diluar dari garansi normal yang sudah ada. Garansi ini mengcover beberapa kerusakan yang tidak termasuk dalam garansi normal pada umumnya seperti ketumpahan air, jatuh tidak disengaja, lonjakan arus listrik, dll ) cek detailnya di https://support.lenovo.com/id/en/solutions/ht1010493. After sales terjamin, diterima di setiap Lenovo service center yang tersebar di lebih dari 60 kota di Indonesia, Cek lokasi service center disini https://www.kabarlenovo.com/p/service-center.html
  • 4. Bisa mengikuti promo-promo resmi dari Lenovo Indonesia
Dan begitupun sebaliknya apabila Anda membeli laptop dengan garansi distributor/non resmi maka ada beberapa kerugian yang didapat, seperti :
  • 1. Terkadang spesifikasi laptop tidak sesuai dengan SKU yang ada
  • 2. Laptop tersebut tidak mendapatkan garansi orginal semestinya ( misal Lenovo ideapad resmi punya garansi 2 tahun sedangkan garansi distributor hanya 1 tahun, tidak dapat layanan premium care, ADP, dll )
  • 3. Tidak diterima di Lenovo service center resmi
  • 4. Jaringan Service center yang terbatas
Oleh karena itu, agar tidak ditugikan kita perlu mengetahui ciri-ciri laptop bergaransi resmi dan non resmi. Berikut kita lihat ciri-ciri fisiknya

1. Kardus / box laptop
Kardus laptop yang resmi pasti menggunakan kardus yang baru sedangkan kardus laptop BM kadang-kadang menggunakan kardus lama tapi ada juga yang baru

Kardus/box Lenovo Ideapad


Kardus / box Lenovo ThinkPad

2. Kartu Garansi
Laptop dengan garansi resmi menyertakan kartu garansi resmi seperti yang ada foto dibawah ini, Selain kartu garansi ini bisa dipastikan laptop tersebut non resmi.


3. Kabel Power Charger

Untuk Laptop garansi resmi menggunakan kabel power charger standard Indonesia yang mempunyai ciri 2 pin bulat sedangkan laptop BM biasanya bercirikan 2/3 pin pipih ( walapun kadang disediakan juga converter ke colokan 2 pin )

4. MTM ( Machine Type Model )
Laptop Lenovo dengan garansi resmi memiliki SKU/MTM Indonesia, MTM adalah kepanjangan dari Machine Type Model, kode 10 digit yang menjelaskan spesifikasi laptop yang ditujukan untuk region tertentu. Contoh Lenovo V110-14AST memiliki MTM 80TC000WID, dua huruf terakhir ID menunjukkan laptop tersebut dipasarkan khusus untuk Indonesia.


Namun ada beberapa juga laptop/PC yang memiliki MTM ASEAN/Singapore, yang ditujukan untuk pasar ASEAN termasuk Indonesia namun jumlahnya tidak banyak dan biasanya laptop/PC komersial.

5. Ada Sticker SDPPI di kardus/box


Apabila Anda membeli laptop secara online pastikan Anda sudah memenuhi daftar checklist berikut :
  • - Cari Penjual laptop yang terpercaya ( sangat disarankan untuk membeli di specialist Lenovo , karena seorang specialist pasti lebih mengetahui tentang produk Lenovo termasuk garansi )
  • - Tanyakan garansi yang didapat
  • - Minta seller untuk memberikan MTM atau serial number dari laptop tersebut ( pastikan MTM tersebut berakhiran ID )
  • - Kalau masih belum yakin, bisa cek serial number dari laptop tersebut di website berikut http://pcsupport.lenovo.com/id/id/warrantylookup
Note:
- Pada saat artikel ini ditulis ( 9/19) , ciri-ciri fisik dari kedua laptop dengan garansi resmi tersebut sesuai dengan tulisan dan foto diatas, namun bisa saja berubah seiring bergantinya kebijakan dari Vendor resmi maupun non resmi ( ganti kardus, kabel, dll )
- Setiap produk laptop memiliki benefit garansi yang berbeda ( tanyakan kepada toko, garansi yang didapat apa saja ? )

Alamat Service Center:
Jl. Ahmad Yani No. 221-223, Ruko Segitiga Mas Blok A3, Bandung 50113
Ruko Paskal Hypersquare Blok C 26. Jl. Pasir kaliki 25-27 Bandung
Platinum Computer Jl Kartini No 9 Bandung 0224236765, 081809304435
Laptop Square BEC lt.1 blok H12-16 0224204159, 08562239615
Mediatouch Compushop Jl. Karapitan No. 86 0224262742,089617888002
Great Computer BEC lt.1 blok H2-5 0224204049, 081221212127
IT Zone BEC 2 lt.1 blok R06-R09 02220510109, 085720511303
Next Solution BEC lt.1 blok G-03 0224216192, 0895338599154
Next Step BEC Lt2 Blok J-03 0224204194, 087779753247
Next Level BEC 2 Lt1 Blok T06-07 083827794257
Mega Comp Ruko Segitiga Mas Kosambi, Jl. Jendral Ahmad Yani No.14, bandung 087722554007, 081291638181