Tutorial Social Network

Informasi Seputar Media Sosial

Tutorial Computer

Informasi Seputar Komputer

Tutorial Youtube

Informasi Seputar Youtube

Tutorial Blogger

Informasi Seputar Blogger

Tutorial Wordpress

Informasi Seputar Wordpress

Tutorial Website

Informasi Seputar Pemrograman Website

Tutorial Windows

Informasi Seputar Sistem Operasi Windows

Tutorial Linux

Informasi Seputar Sistem Operasi Linux

Tutorial Android

Informasi Seputar Android

Tuesday, 3 November 2020

Cara Mengatasi Tidak Bisa Edit HTML Blogger

Kalau sobat menggunakan template blogger pihak ketiga, saran saya kembalikan saja ke template bawaan blogger. Jika sobat telah menambahkan widget yang kurang penting, coba hapus satu persatu mungkin itu bisa mengatasi masalah tsb.

Coba Paksa penyegaran atau refresh halaman (Ctrl + F5).
Gunakan mode penyamaran di browser Chrome.
Jika sobat ingin menggunakan browser yang berbeda, buka jendela penjelajahan pribadi.
Nah disini sudah dapat gambaran cara mengatasi namun ada juga yang menyuruh hapus code scrip yang aneh tapi kasusnya kan tidak bisa di simpan dan terus kembali kesemula.

Ada juga yang sama menemui permasalahan tidak bisa upload template sehingga muncul pesan seperti berikut ini:


Ketika mau ganti template yang lain kadang muncul pesan error seperti bX-8qp9ay,bX-2pb4x0, bX-iu1owj, bX-ay9kgv dan lain sebagainya. Mungkin rekan-rekan menemui permasalahan ini Tidak Bisa Edit HTML Blogger gak bisa malah muncul seperti gambar diatas. Jika seperti demikian maka ketika kalian mencari di google maka akan di arahkan ke group bantuan Blogger/forum Google, malah disini saya juga tidak ketemu, ternyata juga banyak yang mengalami kasus serupa.

Dari kasus-kasus di atas sebenarnya ketika sudah tahu caranya cukup sepele dan simple namun mencari caranya itu yang lama dan cukup ribet hehe. Bagaimana kalian juga mengalami hal yang sama dengan yang saya alami yaitu tidak bisa menyimpan dan Tidak Bisa Edit HTML Blogger.

Tidak Bisa Edit HTML Blogger dengan menghapus widged
Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menghapus widged yang telah kalian tambahkan sebelumnya ini yang menyebabkan template saya Tidak Bisa Edit HTML Blogger nya juga tidak bisa di simpan. Untuk menghapus widgets tersebut masuklah ke bagian, Blogger Dashboard > klik pada Tata letak > hapus widgets yang baru ditambahkan kalian tambahkan sebelum error. Cukup mudah bukan mengatasinya. Dibawah ini hasil kerja saya hehe saya hapus semua witged yang ada dan hanya tersisa blog post dan di atas menu sedikit sebelumnya ful dengan iklan dan macem-macem.


Untuk permasalahan yang saya alami adalah saya sering menggonta-ganti tema blog dan pasang widgets yang sebetulnya tidak penting. Kemudian juga saya sering menambahkan script code dari pihak ketiga seperti iklan dan lain sebagainya. Saran saya jangan sering mengganti tema atau template blog kalian karena ini akan berpengaruh pada visitor dan SEO kalian yang pengaruhnya cukup masiv loh. Saya sudah coba pasang iklan yang aneh-aneh malah jadi lambat dan visitor turun di cek di Gtmatrix kecepatan akses pun turun derastis. Bagi rekan-rekan yang mau menggunakan tema saran saya gunakan yang simple dan cepat sekarang saya malah suka bawaan blogger atau tema defaultnya malah kenceng visitor pun meningkat namun jika ingin yang lebih keren ya pilih yang fast loading dan responsive tentu jugan gonta-ganti lagi. Intinya permasalahan yang saya alami adalah tentang widgets yang harus dihapus.

Sumber:

Cara Mengatasi Spam Link pada Blog

Memang pada saat ini blogging merupakan kegiatan yang bisa dibilang sangat menjanjikan. Ngeblog bisa menjadi suatu penghasilan yang sangat menggiurkan. Namun perlu anda ketahui, salah satu hal yang menjadi sumber penghasilan blog adalah iklan.

Gimana sih mekanismenya?
Seperti yang saya sebutkan di atas, jika salah satu sumber penghasilan blog adalah iklan. Namun setelah seorang blogger memasang iklan, uang tidak serta merta didapat begitu saja. uang akan di dapat dari pengunjung yang mengklik iklan tersebut. Semakin banyak orang yang mengklik iklan, maka akan semakin besar pula penghasilannya. Otomatis, semakin banyak pengunjungnya semakin banyak pula peluang klik pada iklan tersebut.

Terus apa hubunganya dengan komentar link?
Perlu anda ketahui, saat seseorang membuat blog, pengunjung yang banyak tidak serta merta datang begitu saja. anda harus mempromosikan blog anda, baik dengan medsod, ataupun menaruh link pada blog orang lain atau yang disebut dengan BackLink, baik dengan cara bekerja sama dengan pengelola blog tersebut atau dengan cara yang kotor, yakni dengan menaruh link hidup/ spam link pada kolom komentar.

Bagaimana cara kerjanya?
Dengan menaruh tautan blog kita pada blog yang terkenal , kita dapat menambah viewer blog. Gampangnya, jika menaruh link pada suatu blog, kemungkinan besar banyak pengunjung blog tersebut yang mampir ke blog kita sebelum meninggalkan blog tersebut.

Bayangkan saja, jika blogmu yang telah kamu rintis sejak lama dijadikan alat sebagai jalan pintas orang yang tidak bertanggung jawab. Miris sekali bukan?

Terus gimana cara mengatasinya?

<script type='text/javascript'> jQuery(document).ready(function(){ jQuery("#comments p").find("a").replaceWith("<span> Eits! No Spam for Better Blog!</span>"); }); </script>

Login ke acount Blogger anda.
Buka “Tema”.
Klik “Edit HTML”.
Klik “ Ctrl f ” , setelah muncul kolon ketik “ </Head> ” lalu enter.
Setalah itu taruh kode di atas sebelum kode </Head>, seperti pada gambar dibawah, lalu klik "Simpan tema".

catatan : kode berwarna merah dapat anda ganti sesuka hati.
Demikian cara mengatasi spam link pada kolom komentar

Komentar Spam itu komentar yang "asal" dan menyertakan link hidup (live link) di kolom komentar blog. Kita bisa mencegah dan menghapusnya secara otomatis.
ADA yang "nyepam" di komentar blog blogspot Anda? Hapus dengan kode ini:

.comment-content a {display: none;} 

Simpan di atas kode ]]></b:skin> atau </style> atau di bawah jajaran kode .comment lainnya di template blog Anda.

Caranya:
1. Klik menu Template > Edit HTML
2. Cari (CTRL+F) kode ]]></b:skin>
3. Copy & Paste kode .comment-content a{display:none;} di atas kode ]]></b:skin>
4. Save template!

Ini terbukti ampuh bingit menyembunyikan link hidup (live link) komentar Spam di blog Anda. 

CARA HAPUS LINKNYA
Cara di atas HANYA menyembunyikan link aktif tadi. Linknya sendiri tetap ada, tidak terhapus! Maka, untuk menghapusnya, selain cara di atas, lanjutkan dengan cara berikut ini:

1. Template > Edit HTML
2. Cari (Ctrl+F) kode </body> (Ada di bagian bawah template )
2. Copy & Paste kode berikut ini di atas kode </body> tadi:

<!--Stop Blog Comments -->
<script>$('.comment-content a[rel$=nofollow]').replaceWith(function(){return ($(this).text());});
</script>
<!--Stop Blog Comments -->

3. Save Template!
Cara Terampuh Menghapus Otomatis Link Aktif di Komentar.Pemburu backlink atau admin blogger jualan online biasanya aktif nyepam dengan menebar link hidup di kolom komentar. Anda boleh abaikan tips di atas dan gunakan kode berikut ini:

<script type='text/javascript'>
jQuery(document).ready(function(){
jQuery("#comments p").find("a").replaceWith("<mark>Spam Detected!</mark> Link aktif otomatis terhapus!!!");
});
</script>

Simpan di atas kode </body>
Pastikan ada link ke kode jQuery seperti ini:

<script src="http://ajax.googleapis.com/ajax/libs/jquery/1.11.1/jquery.min.js"></script>

Jika tidak ada, copas kode tersebut dan simpan di atas kode </head>

APA ITU LINK HIDUP & KOMENTAR SPAM?
Link hidup (live link) adalah teks link yang "tinggal klik". Kata para ahli, itu namanya link spam yang menjadi "major issue" di kalangan blogger.
Para penyepam (spammer) biasanya kalangan pelaku bisnis online yang "menghalalkan segala cara" agar blognya populer.
Meninggalkan link dengan "pura-pura" komentar adalah salah satu "modus" mereka untuk mendapatkan "back link" yang sangat bagus buat SEO Blog dan Alexa Rank.

Sumber:
samudrabaca.com, romelteamedia.com

Cara Youtube Kamu Jadi Trending

Apa itu video Youtube trending? Itu adalah video yang bisa mencapai banyak penonton dalam waktu singkat, di pencarian lokal pada kata kunci tertentu. Nah, kamu mau kan videomu jadi trending? Biasanya ini impian setiap Youtuber di dunia lho.

1. Riset kata kunci yang akan digunakan
Riset kata kunci dengan volume pencarian yang cukup banyak (Medium). Terutama untuk kata kunci dua atau tiga kata dengan menggunakan Google keyword tool (Google adword). Dengan kata kunci ini kamu bisa menentukan jenis video yang akan diunggah berdasar kategori dan niche yang kamu sukai.

2. Memulai pembuatan video yang kamu sukai
Mulailah membuat video berdasarkan kategori dan niche yang kamu sukai atau kuasai. Video ini kamu targetkan untuk internasional, hanya untuk Indonesia, atau boleh keduanya.

3. Mengunggah video ke Youtube secara mudah
Unggah video tersebut di Youtube. Perlu diingat bahwa sebaiknya video itu adalah legal, unik dan hasil karya sendiri. Semakin pendek durasi videonya berarti akan cepat proses pengunggahannya. Sehingga mempermudah dan tidak membosankan penikmatnya.

4. Penulisan judul atau title untuk video kamu
Penulisan judul (Title) berdasarkan jenis video dan itu dilakukan setelah proses pengunggahan selesai, serta mengandung kata kunci (Keyword) yang telah dipilih. Ada baiknya kata kunci yang dimaksud ditempatkan pada awal kalimat judul, atau pada urutan kedua. Judul hendaknya tidak lebih dari 50 huruf.

5. Penulisan deskripsi untuk video yang diunggah
Tulislah deskripsi video dengan kalimat yang menarik dan penuh informasi. Harus mengandung kata kunci yang telah dipilih sebanyak dua atau tiga kali saja. Jadi tidak hanya sekadar kumpulan kata kunci tanpa makna. Sehingga bisa mengakibatkan Google menganggapnya sebagai spam.

6. Penulisan kata kunci di kotak yang tersedia
Tulislah beragam kata kunci di kotak kata kunci yang tersedia agar bisa diakses oleh mesin pencari Youtube. Youtube mengizinkan penggunaan kata kunci sebanyak maksimal 50 buah. Ada baiknya dibatasi lima jenis kata kunci utama, tetapi bervarisai dengan kombinasi dua atau tiga kata darinya.

7. Memulai promosi video yang telah dipublikasikan
Lakukan promosi video kamu melalui link unik yang diberikan oleh Youtube dengan berbagai cara. Misalkan share ke berbagai sosial media networking seperti Twitter, Facebook, Pinterest, Instagram dan juga ke email teman. Bisa juga menggunakan promosi berbayar untuk mendapatkan pengunjung atau penonton dalam jumlah banyak.

Lakukan dalam waktu yang relatif singkat semenjak video tersebut diunggah dan dipublikasikan. Bisa saja angkanya menembus ribuan atau ratusan ribu pengunjung dalam waktu 24 jam semenjak dipublikasikan.
Sehingga video kamu menjadi trending karena kata kunci tertentu dalam pencarian lokal. Inti masalahnya adalah traffic.

8. Pembangunan backlink, yaitu link dari luar yang mengarah ke link video kamu

Lakukan pembangunan backlink yang mengarah ke link video Youtube kamu secara terencana, baik kualitas maupun kuantitasnya.
Secara kualitas adalah apabila backlink itu berasal dari link situs yang mempunyai Page Rank (PR) yang tinggi. Sedangkan kuantitas adalah memperoleh backlink berdasar jumlah link yang kamu terima.

Hal ini penting untuk menaikkan kemampuan link video kamu dalam hasil pencarian Google di halaman pertama atau kedua, berdasar kata kunci yang kamu atau mereka pilih.

Ajak Nonton Video yang Lebih Panjang
Asal kamu tau, makin panjang video yang kamu upload, makin bagus juga hasilnya buat viewers.
Meski YouTube juga udah ngomong kalau video pendek kayak Vine itu udah cukup.
Kalau emang kamu lebih fokus ke marketing dan nggak cuman video meme, video dengan durasi panjang adalah pilihan yang terbaik.

Jadi, kita sarankan buat bikin video dengan durasi lebih dari 10 menit. Saran ini kita dapatkan dari beberapa split test yang lakukan dengan beberapa channel video di YouTube.

Yang kamu butuhkan sekarang cuman satu aja, yaitu cari topic yang benar-benar menarik. Terus, bikin plan yang bagus dan kemas dengan gaya yang keren juga ya.

Optimalkan Subscriber
Tau nggak kalau mereka yang udah jadi subscriber kamu itu pasti kepo banget dengan video yang baru.
Jadi, langsung aja ajak mereka nonton kalau kamu npunya video baru. Intinya, kamu harus bisa mendapatkan viewers yang berbondong-bong paling tidak 3 hari setelah upload video.
Nggak penting dari mana asal viewers itu. Yang penting, video banyak views, tentu YouTube bakal mencatat di algoritmanya.

Jadi, video kamu bakal cepet banget trending. Coba deh lihat, video Atta Halilintar.
Padahal juga nggak bagus-bagus banget, kata nitizen sih. Tapi buktinya, beberapa kali jadi trendiing cuman gara-gara banyak banget yang nonton.
Bener nggak?

Pancing Lead
Asal kamu tau, YouTube aja nggak cukup buat memancing lead yang banyak.
Jadi, nggak ada salahnya dong kalau memanfaatkan channel lain.
Ada banyak banget kan social media yang bisa kamu optimalkan? Instagram, Facebook, Twitter, bahkan blog juga bisa kamu jadikan sebagai pancingan.


Bikin embed video YouTube di beberapa social media tadi. Kenalkan ke user internet secara luas kalau kamu punya channel.
Jangan lupa juga. Kamu bisa kerjasama dengan beberapa teman yang punya visitor social media yang banyak.
Kalau mereka benar-benar mau bantu promosi, kamu juga bakal diuntungkan dengan traffic gratisan yang berkualitas itu.
Selain itu, tentu viewers juga lebiih percaya kalau video itu bener-bener berkualitas karena dipromosikan oleh orang lain.

Interaksi / Engagement
Jelas banget kan kalau nggak cuman di YouTube kamu bisa berinteraksi atau menambah engagement. Social media lainnya juga banyak banget.
Kalau perlu, jadikan social media ini sebagai media branding kamu buat menambah traffic di YouTube.

Facebook adalah tempat yang paling pas buat interaksi dengan cerita pendek. Sementara itu, Instagram juga pro banget kalau buat pamer design yang bagus tentang konten video YouTube.
Bahkan sekarang, kamu bisa posting konten video yang keren banget di Story Facebook dan Instagram.
Kalau perlu, bikin teaser yang bagus dan posting itu di Instagram dan Facebook. Jangan lupa juga bikin konten di Twitter ya biar makin rame dan trending.
Selain views, kamu juga bisa menambah ribuan subscriber instant biar branding di channel YouTube kamu makin kinclong!

Eksperimen Konten
Jangan sekali-kali bikin eksperimen dengan konten. Asalkan kamu tau aja, konten yang nggak pro bikin channel makin down.
Alternatifnya, lakukan riset yang mendalam tentang konten yang disukai kebanyakan viewers di YouTube.

Nggak harus bikin sendiri, kamu bisa ambil channel YouTube lain sebagai ajang eksperimen. Terus, bikin suatu kesimpulan yang bersifat general.
Kalau emang kamu yakin dengan konten itu, langsung aja bikin konten yang mirip dengan pattern itu.
Sesekali, libatkan topic yang keren itu dnegan audience atau subscriber kamu. Dengan begini, udah bisa dipastikan kalau video kamu itu bakal viral banget.

Pegang Niche
Perhatikan deh! Beberapa video YouTube viral itu pasti datang dari channel yang punya niche khusus.

Contoh, Dedy Corbuzier yang selalu konsisten buat bikin video penuh kontroversi. Nggak cuman gaya-gaya yang khas, tapi Dedy juga punya planning yang bagus dalam skenario nya.
Kalau terlalu sulit, coba deh lihat channel nya si Nessie Judge yang selalu konsisten buat bikin video horror.

Meski banyak banget yang ngomong kalau video nya cukup simple, tapi beberapa kali dia selalu masuk ke top trending.
Terus, jangan lupa buat kemas video itu dengan gaya kamu sendiri ya. Yang kiranya bikin orang itu seneng gitu.

Optimasi Meta Data
Kalau kamu paham dengan SEO YouTube, bikin video YouTube trending jadi makin mudah. Salah satunya adalah dengan melakukan optimasi di meta data.
Artinya, kamu harus melakukan optimasi di beberapa hal penting, yaitu Judul, Description, dan Meta Description.


Jangan pernah membanjiri description kamu dengan hashtag dan tags yang nggak penting. Bikin aja senatural mungkin lebih pada deskripsi dengan menempatkan beberapa keyword penting.
Jangan lupa juga buat CTA di description dengan menyertakan beberapa link.
Jadi, nggak ada trik khusus buat ini. Pokoknya kamu tau trik SEO umum, semuanya udah nggak jadi masalah! Lancar poool!
Terus, jangan lupa juga optimasi keyword di YouTube ya. Riset, planning, dan eksekusi. Itu aja kuncinya.

Teliti Video Impression
Kalau kita ngomong Impression dalam konten video, bukan berarti analytics ya. Tapi disini, kamu harus peka dengan maksud ‘video rekomendasi’.

Algoritma tentang video YouTube trending dalam konsep impression ini sebenarnya terletak pada dua hal penting, yaitu: Thumbnail dan Karakter di Judul.
Bikin judul itu gampang banget deh pokoknya. Asalkan kamu cukup familiar sama blogging.
Jadi, bikin aja judul yang bener-bener bikin penasaran dan juga menarik buat di klik. Intinya sih, judul itu bakal berhasil kalau ada orang yang klik.

Nah kalau thumbnail beda lagi ya. Intinya, pokoknya kamu harus menemukan ide gimana biar thumbnail itu menarik, penuh warna, dan nggak bland.
Coba deh perhatikan di channel yang keren-keren di luar negeri dan Indonesia. Kebanyakan, thumbnail mereka itu kayak temp;ate dan hampir sama banget.
Selain menarik, thumbnail yang kayak template ini juga bisa bikin identitas atau branding tersendiri.

Kerjasama / Endorse / Collab
Kayak yang kita bilang tadi, kamu bisa manfaatkan channel. Entah itu gratis, lebih-lebih yang berbayar.
Kalau saran kita sih, coba deh lakukan paid-to-promote. Jangan pakai YouTuber yang udah besar. Yang kecil-kecil dulu deh, yang penting sesuai dengan niche yang kamu pegang.

Jangan lupa juga, riset dulu jumlah visitor mereka buat menentukan harga.
Kalau emang udah murah dan berhasil, lanjutkan hubungan itu dengan konversi yang lebih tinggi. Kalau udah sama-sama berkembang, kamu bisa lajut collab sama artis yang udah besar.

Bayar mahal sedikit nggak apa kan? yang penting video YouTube trending bisa kamu capai dan tentunya bakal viral banget deh.
kalau perlu, pasag juga iklan di Instagram atau Facebook Ads Manager. Setidaknya, infon tentang channel dan video kamu bisa tersebar dulu deh.

Kesimpulan
Trending itu nggak harus dari channel besar kan?
Nggak tergantung juga topic yang lagi trending saat ini.
Walau masih baru gabung, kalau kamu udah bisa bikin konten yang keren dan berkualitas serta menarik, impian buat bikin video YouTube trending bakal jadi kenyataan.

Asalkan semua strategi ini kamu lakukan, kita jamin deh cideo kamu bakal trending dan viral banget.
  • Video berdurasi panjang
  • Libatkan subscriber dalam baut nonton video terbaru
  • Perbanyak interaksi dan engagement di Social Media
  • Jangan melakukan eksperimen konten
  • Pegang satu niche aja
  • Optimasi Meta Data dengan gaya SEO
  • Teliti video impression
  • Lakukan kerjasama atau endorse dan paid-to-promote
Sumber:
resellerindo.com

Tips Monetisasi YouTube

YouTube adalah bisnis yang paling menjanjikan. Tapi, semua itu nggak ada artinya kalau kamu nggak tau cara monetisasi YouTube!
Tips monetisasi YouTube itu cuman ada 4 kok:
  • Teliti persyaratan Partner Program
  • Ikuti peraturan Monetisasi YouTube
  • Jangan melanggar peraturan Copyright dan Monetisasi
  • Connect akun Google Adsense dan YouTube
  • Appy ke YouTube Partner Program
  • Step kalau ditolak
Simple kan ya?

Selain itu, kamu juga harus memenuhi syarat minimal dapat uang dari YouTube:
  • Minimal 1,000 subscriber dalam waktu 1 tahun atau 12 bulan
  • Minimal Watch Time harus 4,000 jam selama 12 bulan pertama
  • Nggak ada pelanggaran YouTube
  • Punya Akun AdSense
So, yuk kita beda satu-satu biar nggak salah step!
Syarat YouTube Partner Program

Cara Monetisasi YouTube Update 2020 ~ Syarat YPP
YouTube Partner Program atau YPP itu punya 4 syarat yang harus kamu penuhi biar channel kamu diterima.

Pertama, minimal 1,000 subsciber. Entah berapa lama buat dapatkan subscriber sebanyak itu dalam waktu 1 tahun, syarat ini bakal langsung gugur kalau kamu berhasil mencapainya.
Terus, minimal Watch Time itu harus 4000 jam.
Bentar dulu deh. Banyak yang nggak paham tentang persyaratan satu ini.
Jadi, 4,000 jam itu adalah waktu yang dihabiskan viewers buat nonton video kamu.

Bukan durasi semua konten, terus digabungkan jadi satu.
Selain itu, semua bentuk video yang nggak ter-record juga masuk dalam total itu. Termasuk Live Streaming.
Konsekuensinya, jumlah views kamu bakal hilang kalau ada video yang kamu hapus.

Oh iya satu lagi. Kalau kamu udah masuk di YPP tapi jumlah view turun dan nggak sampai 4000, kamu nggak bakal langsung di-kicked.
Nah, nggak mungkin banget kan kita catat sendiri semua progress itu?
So, YouTube udah bikin report nya lengkap buat kamu. Cara aksesnya gampang kok:
  • Masuk YouTube
  • Klik icon 3 garis horizontal di pojok kiri atas > Klik YouTube Studio Beta
  • Pilih Other Features > klik Status and Features
  • Pilih menu Learn More > lihat analytics nya

Simple kan?
Ikutin Syarat Monetisasi YouTube
Selanjutnya, kamu harus penuhi aturan main yang dibikin YouTube.

Jadi, kalau mau konten itu bisa di-monetisasi, kamu harus lakukan apa yang dibilang YouTube
When you apply for YouTube Partner Program, you’ll get through a standard review process to see whether your channel meets YouTube’s policies and guideline. Only channels that meet them will be accepted into the program.

[Waktu ikutan YouTube Partner Program (YPP), kamu bakal masuk ke proses review standard buat melihat apakah channel kamu memenuhi persyaratan atau nggak. Cuman channel yang memenuhi syarat aja yang bakal diterima di program itu]

Nggak cuman sekali aja loh! Tapi, YouTube bakal terus memonitor channel kamu dalam program itu buat meihat gimana kelanjutannya.
Syarat atau policy and guideline ini bener-bener comprehensif. Jadi, semua keluhan kreator, viewer, sampai pengiklan masuk dalam inti sari ini.

Saran kita sih, terus aja update tentang policy and guidelines ini biar kamu makin familiar.
Soalnya, jelas kalau elemen ini penting banget buat monetisasi akun YouTube kamu nantinya.
Kebijakan Monetisasi dan Copyright

Perlu kamu tau, mayoritas yang dibicarakan di policy and guidelines itu nggak lain adalah copyright.
Intinya sih, kamu nggak boleh pakai konten orang lain tanpa persetujuan.
Kalau sampai syarat ini dilanggar, akun YouTube kamu bakal kena demonetisasi dan nggak boleh ikut 

YouTube Partner Program lagi.
Jadi, kamu harus pastikan beberapa hal penting buat masalah ini:
Sharing value ke semua pihak ketiga dalam video kamu itu
Konten harus benar-benar original dan bersifat edukasi, punya nilai, dan ada editorial statement

Cara Monetisasi YouTube Update 2020 ~ Copyright Policy
YouTube sendiri ngomong kalau konten kamu kebanyakan nggak original, maka akun kamu itu nggak bakal pantas buat di YouTube.

Jadi intinya, YouTube itu cuman mau kasih monetisasi konten yang beneran unik dan original. Selain itu, YouTube juga melindungi kreator yang udah kerja keras buat konten.
Anehnya konten duplikasi atau nggak original ini masih abu-abu gitu loh posisinya.

Buktinya di Indonesia ada banyak banget akun channel meme yang kontennya mirip tuh ya. Tapi, mereka masih dapat iklan.
Jangan ditiru deh. Soalnya kamu kan nggak tau apa mereka udah dapat lisensi dan ijin dari kreatornya atau kayak gimana. Atau bahkan mereka kena penalty di masa depan kan kita nggak tau.

Jadi, cari cara yang beneran bisa bikin kamu sukses dengan YouTube. Ya karena YouTube itu tegas banget.
Kalau sampai kamu ketahuan, udah nggak ada negosiasi atau toleransi lagi.

Bener kan apa yang kita bilang!
Monetisasi YouTube itu butuh subscriber yang banyak!
Itulah salah satu aspek branding yang paling penting!
Untungnya, Resellerindo punya trik spesial buat nambah subscriber YouTube, views, dan likes cuman dengan sekali tekan aja!

Connect Akun AdSense
Tau nggak darimana kamu dapat uang dari YouTube?
Dari iklan kan ya. Cuman, YouTube itu nggak mungkin kasih kamu opsi buat rekening BRI, BNI, dan lain sebagainya.

Yang kamu butuhkan pertama sebagai alat pembayaran ini adalah akun Google AdSense.
Jadi kalau udah punya akun AdSense, langsung aja sambungkan atau connect ke channel YouTube kamu ya.

Bahkan, kamu bisa kok connect beberapa akun dengan AdSense ini.
Kalau emang nggak punya akun Google AdSense, kamu bisa setting waktu di tengah-tengah proses apply YouTube Partner Program tadi kok.

So simple kan?
Apply ke YouTube Partner Program
Masih inget kan apa syaratnya buat bisa apply YouTube Partner Program ini?
Kita ulangin lagi ya. Syaratnya ada 4, yaitu:
  • Minimal 1,000 subscriber
  • Minimal 4,000 jam Watch Time dari audience
  • Jangan melanggar policy and guideline YouTube
  • Akun AdSense connect ke channel YouTube



Perlu kamu tau, YouTube nggak bakal bisa langsung menyetujui permintaan kamu.
Paling tidak, kamu harus menunggu beberapa bulan buat menerima keputusan ini.
Tapi ada juga channel yang proses review nya itu cuman beberapa hari.

Jadi kalau udah lebih dari 1 bulan channel kamu nggak diterima, udah bisa dipastikan kalau YouTube masih melakukan review lebih jauh tentang channel kamu itu.
Kalau sampai ini terjadi, kamu harus sabar menunggu 3, 6, atau bahkan 12 bulan.

Ada juga channel yang di-php sama YouTube. Jadi, nggak ada kepastian gitu. Parahnya, YouTube nggak bakal kasih kebijakan buat speed up proses ini.

Ditolak Monetisasi YouTube
Denger istilah dan kata-kata ‘ditolak’ itu kok jadi merinding ya. Sakit nya tuh di ….
Nggak cuman terjadi waktu nembak cewek, melamar kerjaan, tapi ikutan program monetisasi YouTube juga bisa ditolak!

YouTube juga bakal kasih tau kenapa alasan channel kamu ditolak. Tapi, nggak ada keterangan lebih lanjut tentang video mana yang bikin channel kamu ditolak.
Kamu dikasih kesempatan kedua buat apply program ini 30 hari kemudian.

Terus, jelas kalau konten yang melanggar ketentuan copyright pasti kena. Jadi, kamu harus menghapus konten itu.
Ada pertanyaan sih, kalau ada konten yang melanggar copyright gitu, terus apa channel kamu ngga boleh ikutan program ini lagi?

Nggak juga sih. Kamu masih bisa ikut program ini. Cuman, pasti ada efeknya.
Tenang aja, ada page khusus yang berisi tentang apa yang harus kamu lakukan kalau ditolak dan nggak bisa dapat monetisasi YouTube.

Bukan akun kacang-kacang, mereka adalah selebgram, YouTuber, artis, musisi, sampai akun online shop terpopuler di Indonesia!
  • 100% aman, tanpa password Instagram, tanpa nambah following
  • Proses paling cepat dan sistem full-otomatis
  • CS support 8 jam kerja
  • Sistem menerima pesanan 24 jam 7/7 non-stop
  • Lengkap dengan aplikasi Android dan aplikasi web view
  • Bonus sampai 30 juta
  • Gratis ebook marketing dan Instagram marketing senilai 499 ribu!
  • Peluang bisnis reseller dan affiliate / afiliasi dengan komisi ganda
Apa Step Selanjutnya …
Ada banyak banget peluang bisnis di YouTube yang bisa kamu maksimalkan buat jadi uang.
Bahkan, nggak perlu keluar rumah deh kamu udah bisa dapat ratusan juta.
Pokoknya, cari aja yang banyak banget fans dan viewers nya. Biar tambah banyak uang dari YouTube yang kamu dapatkan.
Kalau emang syarat ini terlalu sulit, kamu bisa coba bisnis tanpa modal online lainnya!

Sumber:
resellerindo.com

Cara Menambah Subscriber YouTube

Publish Video Panjang
Rasa-rasanya sih aneh banget kalau harus upload konten video panjang. Yups bener banget.
Dulu banyak YouTuber yang komplain gara-gara mereka menghabiskan waktu beberapa menit dan jam buat syarat di YouTube.

Padahal, YouTube dan Google itu punya metrik yang sama terhadap kualitas konten. Makin lama video yang kamu take, maka algoritma YouTube bakal mencatat video itu sebagai video yang berkualitas.

Lihat data ini sebagai bukti …

Branding Watermark
Cara ini adalah hack YouTube kelas ultimate atau advanced.
Mungkin aja nih kamu tau banget kalau branding watermark bisa kamu taruh di tiap video YouTube.
Faktanya, branding watermark ini bisa berfungsi sebagai tombol subscribe juga kan?
Bahkan, mereka nggak perlu keluar dan klik channel kamu buat subscribe. Langsung aja klik tombol itu!

Sayangnya, menurut penelitian yang kita lakukan dengan instansi luar negeri, branding watermark ini nggak berhasil.
Alasannya, viewer kamu nggak bakal tau kalau itu bisa di-klik. Mereka lebih aware dengan tombol subscribe YouTube.
Jadi saran kita sih pakai aja tombol subscribe di pojok kanan bawah video ya …

Power Playlists
Perlu kamu tau, Power Playlists hampir sama dengan playlist biasa. Tapi, lebih baik dan lebih terorganisir sih.
Semua video dengan topic yang sama bakal dijadikan satu playlists.
Tapi kalau kita pakai power playlist, bukan topic yang jadi sort list nya. Tapi keyword atau hasil pencarian yang jadi sort list nya.

Jadi intinya, usahakan aja kasih short list berdasarkan keyword yang jadi fokus itu. Dengan begini, mereka bakal langsung nonton apa yang mereka cari secara otomatis.

Ending Video Promotion
Mungkin kalau ini udah banyak banget kamu lihat di channel Indonesia dan luar negeri. Tapi faktanya, strategi ini penting banget deh.

Makin banyak videi yang dilihat, makin besar peluang mereka buat subscribe ke channel kamu.
Jadi, kalau merasa ada satu video yang ditonton sampai akhir, pastikan di akhir itu kamu kasih juga video promosi lainnya.

Dengan begini, kamu bisa merawat inbound link dan viewers biar nggak pindah-pindah channel lainnya.
Bahkan, kamu juga bisa bikin trailer kayak 10 detik di akhir video sebelum akhirnya menyisipkan video lainnya. Ngga jarang juga ada orang yang kasih video mentahan biar kelihatan makin original.
Kualitas No 1

Ada banyak advice di internet yang ngomong kalau makin banyak video yang diupload, makin besar channel kamu. Artinya, channel kamu bakal makin cepat besar kalau rajin upload video.
Nah, kita mau meluruskan aja sih.

Kita udah coba bikin jadwal konten yang konsisten sesuai dengan instruksi mentor. Tapi yang terjadi, video kita cuman sedikit banget yang lihat.
Artinya, jumlah subscriber nya juga pasti sedikit banget kan?

Jadi, kita coba atur ulang dengan fokus ke kualitas, bukan kuantitas.
Hasilnya, banyak visitor unik yang hinggap dan jadi viewer setia kita.
Tau sendiri kan impact nya ke jumlah subscriber?

Channel Description
Kalau kamu ngerti SEO, channel description ini penting banget. Terutama buat meningkatkan peringkat di YouTube kamu.
Sayangnya, kebanyakan orang nggak sadar dan mengabaikannya.

Bayangkan aja kamu sebagai calon subscribernya. Mau subscribe channel tapi nggak yakin gara-gara description nya nggak ada.
Jadi, intinya kamu haru pakai description buat tiga tujuan aja, yaitu:
Apa yang kamu bahas di channel itu
Kasih info penting buat channel itu, kayak kapan kamu bakal update lagi atau jadwal update
Sisipkan juga CTA yang kuat

Magnet Subscriber
Magnet artinya adalah video yang menyumbang views dan subcriber paling banyak.
Dengan video itu, kamu bisa langsung mengangkat video lain yang serupa dan nggak serupa.
Contoh, kamu mau bahas tentang cara menambah followers Instagram. Dengan begini, bikin beberapa versi dengan keyword yang berbeda.

So, maksimalkan magnet ini dengan 3 jalan aja kok.
Analisa YouTube Analytics metric > YouTube Watch Page
Pilih video yang mau kamu promosikan dengan Magnet tadi
Promosikan video itu di akhir video magnet
Pakai Promoted Video di akhir magnet
Bikin playlist dengan magnet sebagai video awal
Bikin juga kartu atau card

Sayang banget kalau kamu udah melakukan optimasi yang sempurna tapi hasilnya masih nggak bisa dirasakan.
Bahkan viewer nggak bakal langsung subscribe channel YouTube kamu gara-gara kamu masih belum kredibel.

Nah, biar jadi kredibel, tambah dulu subscriber kamu!
Sekarang dengan Resellerindo, 1.000 subscriber bisa kamu dapatkan cuman dalam hitungan hari aja loh!

Tagline Channel
Tagline ini adalah salah satu bagian dari branding. Bahasa mudahnya sih, jargon.
Kebanyakan channel YouTube nggak melakukan apapun buat bertahan.
Itulah kenapa kebanyakan YouTuber pemula nggak pernah peduli sama posisi mereka di ranking channel.
Faktanya setelah kita teliti dengan split test, element yang paling menonjol buat ini adalah tagline.

Buat bikin tagline ini, kamu harus memikirkan 3 hal penting banget:
Fokus ke salah satu niche
Bikin Style tagline
Sebutkan tagline itu di tiap video trailer
Bikin Trailer yang Killer

Apa kamu sadar kalau video trailer itu bisa mengundang subscriber buat masuk ke YouTube kamu?
Jadi, kamu cuman perlu 3 hal aja kok buat bikin trailer yang keren:
Awali dengan tagline
Jangan kepanjangan <Maksimal 60 detik>
Pamerkan part yang terbaik
Embed Video ke Blog

Satu lagi strategi cross-media, yaitu Blog vs YouTube.
Kita udah pernah bilang kan di awal tentang SEO. YouTube dan Blog punya SEO yang sama.
Jadi, salah satu cara buat menaikkan jumlah visitor YouTube adalah menyisipkannya dalam blog.

Percaya deh, kalau banyak banget orang yang baca blog kamu, pasti mereka suka sama ilmu nya.
Nah kalau udah begini, menyisipkan video ke blog adalah cara terbaiknya.
Bisa ditarik kesimpulan juga kalau mereka bakal jadi subscriber kamu.
Kalau emang masih bingung dengan jenis video itu, coba aja pilah berdasarkan blog yang kamu tulis.


Kalau emang butuh penjelasan penuh, ya kasih aja video yang penuh di akhir.
Sementara itu, kasih aja video di setiap part kalau emang diperlukan.
Contoh: blog kamu bahas tentang cara menjadi selebgram. Terus di part tertentu, ada yang perlu kamu jelaskan tentang CTA (Call To Action) dan udah kamu jadikan video. Ya kasih ada video khusus CTA setelah part itu.

Kalau kamu punya video lengkap tentang cara menjadi selebgram, taruh aja di akhir atau di awal ya.
Gimana? Udah ngerti kan ya?

Kasih CTA di Akhir Video
Kebanyakan orang bahkan nggak bakal sadar kalau kamu masih punya video lain yang nggak kalah seru dari video yang mereka tonton saat ini.

Jadi, langsung aja kasih tau mereka dengan CTA yang keren di akhir video.
Setelah itu, bilang juga buat subscribe channel YouTube kamu ya …
Dengan begini, mereka nggak bakal menerka-nerka tentang apa yang ada di pikiran kamu.

Jangan takut atau khawatir tentang apa yang bakal mereka lakukan, entah subcribe atau nggak, itu urusan belakang deh.
Yang penting, ajakan dan CTA itu udah kamu kemukakan.

Optimasi Channel YouTube
Kalau ada orang yang masuk ke channel kamu, ada 2 kemungkinan yang harus siap kamu terima:
Mereka langsung kabur
Mereke nonton video kamu lebih banyak dan jadi subscriber

Berdasarkan penelitian yang kita lakukan, channel yang dioptimasi bakal mengalami kenaikan 2 sampai 5 kali lipat.
Artinya, ubah channel itu sesuai dengan taste yang berkualitas. Inilah yang kita sebut dengan Channel Art.
Selain design yang pas banget, kamu juga harus bisa mengubah posisi yang ada.
Biasanya sih kebanyakan YouTuber pro pasti punya sistem stuktur yang sama, kayak gini sih …

Kesempatan terakhir buat kamu!
Kapan lagi bisa menambah subscriber YouTube cuman dalam 30 hari aja, tanpa ribet, tanpa takut resiko!
Terbuktii, Resellerindo udah membantu lebih dari 141 ribu client dengan berbagai jenis konsentrasi yang berbeda.

YouTuber, Selebgram, artis, public figure, dan bahkan selebritis papan atas Indonesia juga udah mempercayakan branding dan monetisasi mereka ke Resellerindo!

Kesimpulan
Bikin video dan channel YouTube aja nggak cukup buat menjamin kamu bisa dapat subscriber.
Jadi, cara-cara yang kita bahas tadi udah dibuktikan banyak banget YouTuber pro karena emang kita melakukan testing dari YouTuber itu.

Selain itu, pastikan juga pakai tools yang bisa bantu kamu menambah subscriber dengan cepat, instan, dan tanpa ribet.

Sumber:
resellerindo.com