Tutorial Social Network

Informasi Seputar Media Sosial

Tutorial Computer

Informasi Seputar Komputer

Tutorial Youtube

Informasi Seputar Youtube

Tutorial Blogger

Informasi Seputar Blogger

Tutorial Wordpress

Informasi Seputar Wordpress

Tutorial Website

Informasi Seputar Pemrograman Website

Tutorial Windows

Informasi Seputar Sistem Operasi Windows

Tutorial Linux

Informasi Seputar Sistem Operasi Linux

Tutorial Android

Informasi Seputar Android

Monday, 2 November 2020

Mengenal Link Wheeling untuk Strategi SEO

Menciptakan backlink merupakan cara agar situsmu mendapatkan peringkat tinggi di mesin pencarian Google. Di dalamnya, ada teknik link wheeling yang dapat membantu situs mencapai peringkat tinggi dan mendapatkan traffic lebih banyak.

Teknik ini diketahui merupakan strategi SEO paling efektif yang pernah diinisiasikan. Sama seperti sebutannya, link wheeling merupakan kelompok dari link yang saling berkesinambungan dan membentuk alur seperti sebuah roda.

Alasan link wheeling berguna dalam membangun strategi backlink
Link Wheeling mampu memberikan peningkatan awareness dan rekognisi dalam mesin pencari - EKRUT
Alasan mengapa cara ini berguna dalam membangun backlink yang diperlukan SEO adalah karena link wheeling mampu memberikan peningkatan awareness dan menciptakan rekognisi otomatis oleh mesin pencari. 

Beberapa situs yang bagus untuk diterapkan cara ini adalah Wordpress, Squidoo, TypePad, Blogspot, dan lain-lain. 
Namun, tidak hanya beberapa situs 2.0 saja yang mampu menciptakan link wheeling. Cara lain seperti posting blog, link share media sosial, dan unggahan artikel juga dapat turut berpengaruh dalam kesuksesan teknik satu ini.

Lalu, bagaimana cara link wheeling bekerja?
Pastikan artikel yang menjadi backlink memiliki link yang mengarah ke artikel lain - EKRUT
Strategi satu ini bekerja dengan cara saling menyisipi link di masing-masing artikel. Misalnya, kamu telah menulis sebuah artikel dan mempublikasikannya di salah satu situs, maka kamu perlu memasukkan link artikel dari situs utama ke dalam artikel yang baru dibuat tersebut.

Ketika saling menyisipi link, gunakanlah kata kunci yang ingin kamu capai nomor satu pencariannya menggunakan situs utama tersebut. 
Pastikan artikel yang menjadi backlink memiliki link yang dapat mengarahkan ke artikel lain juga. Jangan lupa ketika memasukkan backlink, gunakanlah anchor text yang berhubungan dengan topik utama situs kamu.

Hal yang perlu diperhatikan dalam membuat link wheeling
Gunakan konten yang berkualitas bagus saat kamu membangun link wheeling - EKRUT
Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum kamu membuat dan menjalankan Link wheeling. Agar tidak salah dan bisa bekerja lebih maksimal nantinya, mari perhatikan beberapa hal berikut ini.
Hanya gunakan konten dengan kualitas bagus (tidak plagiat, mudah dibaca, dan memenuhi standar SEO) dalam membangun Link wheelling. 
  • Jangan gunakan otomasi.
  • Gunakan kata kunci yang berbeda-beda dan bervariasi lalu campurkan dengan kata kunci yang mirip atau berhubungan. Hindarilah menggunakan keyword yang sama pada anchor text.
  • Buatlah link berkualitas yang terbatas dan jangan menciptakan terlalu banyak link pada saat yang bersamaan.
  • Bantu gunakan fitur sharing di media sosial dalam menciptakan link yang saling berkesinambungan.
  • Pastikan untuk membuat link secara acak untuk menghindari pola dan jejak yang dapat dideteksi sebagai spam.
Apakah strategi link wheeling legal?
Pada kenyataannya link wheeling tidak ilegal untuk digunakan - EKRUT
Banyak orang yang salah kaprah menganggap penggunaan strategi link wheeling merupakan cara yang ilegal, padahal kenyataannya hal ini sah-sah saja dilakukan.
Jika kamu memiliki beragam link dan menggunakan konten dengan kualitas bagus pada blog, hal ini 100 persen berguna dan tentu saja legal.

Namun, jika kamu memanfaatkan strategi ini dengan menggunakan konten yang tidak berkualitas atau plagiat yang bahkan juga memiliki kualitas SEO yang buruk, maka cara ini bisa dianggap sebagai cara ilegal dan situs milikmu akan dianggap dikerjakan oleh robot sehingga bisa saja diblokir.
Jadi, jika kamu ingin menggunakan cara yang legal, maka ciptakan link wheeling dengan cara yang sehat dengan menggunakan konten original dan berkualitas.

Sebaiknya, terapkan strategi ini dengan perlahan seiring berjalannya waktu. Dengan kata lain, jangan membuat banyak link wheeling untuk banyak target keyword sekaligus, ya!
Satu hal yang perlu diingat, teknik SEO memang membutuhkan waktu, begitu juga dengan link wheeling. Jadi, kerjakanlah dengan tekun dan bersabar.

Sumber:
ekrut.com

11 Skills Graphic Designer ini Wajib Dimiliki Agar Sukses

Profesi Graphic Designer terus dibutuhkan dalam dunia media digital yang semakin berkembang. Pekerjaan ini pun memiliki jenjang karir yang jelas dan sangat menjanjikan hingga kamu bisa menjadi seorang art director.
Agar daya saingmu semakin kompetitif di pasar lapangan kerja, ada beberapa hard skills dan soft skills yang perlu kamu miliki untuk menjadi Graphic Designer yang baik.

Hard skills
Salah satu hard skills yang perlu dikuasi oleh Graphic Designer yakni typography-EKRUT
Berikut ini adalah beberapa hard skills yang perlu kamu tingkatkan sebaga seorang Graphic Designer.
1. Typography
Meski terdengar tradisional, nyatanya keterampilan di bidang tipografi yang satu ini tetaplah penting. Meski saat ini kamu bisa memilih beberapa font secara online dan mengunduhnya, tetap saja akan lebih baik jika kamu juga bisa membuatnya sendiri. Dengan begini, desain yang kamu buat bisa menjadi lebih berkarakter.

2. Menguasai prinsip desain
Seorang graphic designer tentu harus menguasai prinsip-prinsip dalam desain seperti hierarchy, contrast, repetition, alignment, balance, dan lain-lain. Semua prinsip desain ini harus kamu kuasai dan gunakan untuk membuat desain yang menarik secara visual dan terstruktur dengan baik.

3. Aplikasi adobe creative
Dunia visual digital sangat penting bagi seorang Graphic Designer. Maka dari itu, skill untuk menyunting gambar sangat diperlukan. Minimal, kamu harus ahli dalam menggunakan Adobe Photoshop dan Adobe Ligtroom.
Software desain lain seperti Adobe Illustrator dan InDesign juga sebaiknya kamu mengerti. Apalagi bila kamu ingin menggunakan model 3D, software Blender bisa menjadi pilihan. Bila belum bisa, segera ambil kelas, baik offline maupun online.

4. Time management
Mereka juga perlu memili manajemen waktu yang baik agar dapat menyelesaikan project tepat waktu-EKRUT
Seorang Graphic Designer berhubungan erat dengan klien sehingga ketepatan waktu dalam mengerjakan suatu project sangat penting disini.
Maka dari itu, kamu harus dapat mengatur waktu agar pekerjaan selesai sesuai jadwal. Ketepatan waktu pun akan dapat menilai tingkat profesionalitasmu di dunia kerja.

5. Kemampuan presentasi
Sebagai seorang Graphic Designer, pasti akan ada saatnya kamu harus mempresentasikan hasil karyamu kepada klien, atau bahkan perekrut.

6. Menguasai bahasa pemrograman
Sebagai tambahan seorang Graphic Designer juga dapat memiliki nilai tambah jika dapat menguasai bahasa pemrograman. Kamu memang tidak perlu mahir untuk mengerti bahasa pemrograman seperti Java, HTML ataupun C++. Namun, penting bagi kamu untuk mengetahui dasar-dasar ilmu tersebut.

Sebuah survey menunjukkan jika sekitar 36 persen perusahaan lebih tertarik pada Graphic Designer yang mengerti sedikit tentang HTML atau bahasa pemrogram.

Terlebih dengan mengerti bahasa pemrograman, kamu akan mengerti apa yang perlu dilakukan untuk membuat tampilan sebuah situs menjadi menarik. Kamu pun dapat menyesuaikan desain dan pekerjaanmu menjadi lebih cepat selesai.

Soft skills
Kemudian untuk soft skills yang diperlukan Graphic Designer yakni komunikasi antar tim-EKRUT
Selain memiliki beberapa hard skills di atas, guna dapat mengerjakan pekerjaamu dengan baik soft skills di bawah ini juga perlu dimiliki oleh seorang Graphic Designer.
1. Komunikasi
Seorang Graphic Designer memerlukan kemampuan komunikasi yang baik agar dapat sukses. Pasalnya, kamu perlu bekerja dengan berbagai klien dan tim dengan berbagai latar belakang pendidikan.

Maka dari itu, untuk dapat menerangkan ide-idemu, tanpa menjelaskannya terlalu teknis, kamu membutuhkan kemampuan komunikasi yang handal. Saat komunikasi tepat, produk yang dibuatpun akan sesuai dan pekerjaanmu menjadi lebih mudah. Memiliki skill ini akan membuat daya saingmu semakin meningkat.

2. Kreatif
Sebagai seorang Graphic Designer, kamu akan banyak berhubungan dengan beragam permintaan klien. Oleh karena itu kamu perlu memiliki pemikiran yang kreatif. Karena dengan begini, kamu akan lebih mampu dalam menemukan serta menyampaikan ide, dan memberikan solusi kepada klien.

3. Kemampuan menyelesaikan masalah
Desainer akan mengerjakan revisi sesuai permintaan klien jadi sebaik mungkin mereka harus memiliki sikap problem solving-EKRUT
Sebagai seorang Graphic Designer artinya kamu akan mengerjakan hal sesuai dengan permintaan klien. Meski begitu, terkadang klien justru tidak tahu ingin membuat desain seperti apa untuk dapat menyampaikan pesan yang ingin ia sampaikan melalui gambar.

Itulah mengapa, akan lebih baik jika seorang Graphic Designer mampu memberikan jalan keluar atas hal ini, dan membantu klien menemukan desain yang tepat.

4. Dapat bekerja cepat dan efisien
Saat mendapatkan permintaan dari klien, kamu pasti akan diberikan tenggat waktu untuk mengerjakannya. Oleh karena itu, sebagai seorang Graphic Designer, kamu perlu mampu bekerja dengan cepat dan efisien.

5. Gigih
Kenapa soft skil ini perlu disampaikan? Sebab menjadi desainer akan selalu dihadapkan pada berbagai revisi atau perbaikan materi yang diberikan oleh klien atau atasanmu. Oleh sebab itu, seorang Graphic Desainer harus gigih menerima dan mengerjakan berbagai macam revisi tersebut. 
Selain itu, mereka juga tentunya harus menjadi sosok yang mau mendengarkan terkait revisi-revisi itu agar project dapat berjalan dengan lancar. 

Menjadi Graphic Designer mungkin bukan suatu hal yang mudah. Agar lebih memudahkan langkahmu, cobalah untuk bergabung dengan komunitas yang terdapat Graphic Designer di dalamnya, seperti komunitas Digital Marketing agar kamu memiliki teman untuk berbagi ilmu, dan pengalaman. Tak hanya itu, tentu kamu dapat memperluas jaringan, bukan?
Namun, berkarir serius di bidang ini cukup menjanjikan dan akan semakin mudah bila kamu juga menyukainya.

Sumber:
ekrut.com

9 Strategi SEO Praktis untuk Para Pemula

SEO atau search engine optimization adalah pengoptimalan mesin penelusuran sehingga halaman situsmu dapat muncul di halaman pertama pencarian Google. Nah, berikut ini adalah informasi mengenai jenis SEO dan beberapa panduan strategi SEO untuk pemula yang perlu kamu ketahui.

Jenis-jenis SEO 
Seperti yang dijelaskan di atas SEO digunakan untuk mengoptimalkan situs kamu agar muncul di halaman pertama pencarian Google. Dengan meningkatkan ranking di mesin pencari maka semakin besar peluang untuk dapat menaikkan traffic, meningkatkan awareness hingga mengubah pengunjung menjadi pelanggan bisnismu. 

Pada dasarnya ada dua jenis SEO yang dapat kamu fokuskan dalam strategi SEO, yaitu:

SEO on-page
Apa yang dimaksud dengan SEO on-page? 
SEO on-page berfokus dalam mengoptimalkan halaman situs untuk menaikkan peringkat lebih tinggi di mesin pencarian sehingga dapat meningkatkan organic traffic ke situs kamu. 

Bagaimana proses kerja SEO on-page?
Penerapan SEO on-page akan berfokus pada penggunaan dan penempatan kata kunci pada judul, meta description dan tags H1, optimalisasi search intent, memaksimalkan kecepatan loading halaman situs, penulisan URL yang singkat, serta penggunaan alt tags deskriptif pada gambar. 

SEO Off-page
Apa yang dimaksud dengan SEO Off-page?
SEO Off-page berfokus pada mengoptimalkan faktor-faktor di luar halaman situs untuk meningkatkan peringkat situs di mesin pencari. 

Lantas, bagaimana cara kerja strategi SEO Off-page? Pada dasarnya strategi SEO Off-page akan berfokus pada link building. 

Panduan strategi SEO untuk pemula 
Pemilihan keyword dan penempatannya di dalam artikel sangat penting dalam penerapan SEO - EKRUT

Jika kamu baru mulai menerapkan teknik SEO untuk mengoptimalkan situs kamu, perhatikan beberapa panduan strategi SEO untuk pemula berikut:

1. Lakukan riset keyword
Dalam perencanaan mengembangkan situs, hal pertama yang kamu lakukan tentunya adalah perencanaan. Kemudian, langkah selanjutnya yang sangat penting adalah apa yang orang cari saat mengetik keyword tersebut di Google. 
Bagaimana caranya? Kamu dapat melakukan riset keyword dengan menggunakan Google Adwords, yaitu Keyword Tools. Layanan ini disediakan oleh Google secara gratis. Setelahnya, coba googling keyword tersebut dan lihat artikel seperti apa yang keluar. 

Umumnya tipe artikel tersebut akan sama dan ini bisa menjadi tanda seperti apa artikel yang biasa dicari oleh pengguna. Tapi tentunya, bukan berarti kamu membuat artikel yang sama, ya.

2. Gunakan domain berisi keyword
Dengan memasukkan keyword ke dalam domain tentunya akan membantu mesin pencari (search engine) untuk mengetahui fokus situs yang dibuat. Trik ini tentu akan sangat membantu dan menjadi rekomendasi untuk kamu coba. 

3. Perhatikan plugins SEO
Ada beberapa plugins pendukung dalam situs yang dapat membantu SEO situsmu. Contoh beberapa plugins WordPress yang sangat membantu SEO situsmu adalah Yoast WP SEO atau All In One SEO Pack, Google XML Sitemaps, dan SEO Friendly Images.

4. Buat konten berkualitas
Siapkan strategi konten berkualitas untuk pembaca situsmu. Buat pembaca Kamu menikmati semua konten situs terus menerus. Sebaiknya kamu tetap melakukan update terhadap situsmu dengan konten yang original dan menarik bagi pembaca. Tentunya konten tersebut juga mesti bermanfaat dan mengandung keyword SEO.
Jangan lupa untuk memanfaatkan media sosial untuk meningkatkan situs dan SEO - EKRUT

5. Manfaatkan media sosial
Media sosial memiliki peran penting di search engine. Salah satu kunci agar sukses di SEO bukan hanya membuat konten yang bagus, tapi juga berkualitas dan menarik untuk dibagikan. 
Jadi, kamu juga harus memperhatikan media sosial untuk meningkatkan situs dan SEO.

6. Bangun backlink
Algoritma Google akan selalu berubah dari waktu ke waktu. Namun, hal penting yang tidak akan pernah berubah dalam SEO adalah backlink. Oleh karena itu, bangunlah backlink yang berkualitas untuk situsmu. Hal ini bisa kamu lakukan secara terus menerus dan bertahap. 
Saat membangun backlink untuk sebuah situs adalah membangun yang berkualitas. Jadi, gunakanlah waktu senggangmu untuk membangun backlink yang berkualitas dan perlu dilakukan secara terus menerus dengan bertahap.

7. Perhatikan penamaan gambar 
Selain beberapa hal di atas, hal penting lainnya adalah dengan melakukan optimasi pada setiap gambar yang kamu upload dengan menyisipkan Title tags, ALT, dan menamai file gambar sesuai keyword SEO.

8. Jangan lupa mencantumkan link
Setelah itu, jangan lupa juga untuk memasukan internal link dan external link. Internal link adalah tautan suatu halaman ke halaman lain di situs yang sama. Sedangkan untuk external link adalah tautan yang kamu cantumkan yang mengarah pada situs lain. 

Nah, baik internal link maupun external link akan sangat membantu untuk situsmu. Internal link akan membantu meningkatkan engagement pengguna, menurunkan bounce rate, dan memudahkan Google untuk membaca halaman-halaman pada situsmu. 

Sedangkan external link dapat membantumu untuk memperkuat isi artikelmu dengan mencantumkan sumber penulisan artikel. External link yang berkualitas akan memengaruhi poin relevansi dan tingkat kepercayaan suatu halaman. Dengan begini, maka SEO pada situs-mu akan mendapatkan nilai positif dari Google.
Nah, nilai yang positif dari Google tentu akan cukup membantumu dalam meningkatkan page rank dan kemudian traffic situsmu. 

9. Gunakan LSI Keywords
Google sekarang tidak hanya melihat kata kunci, namun juga memahami topik. Untuk memastikan bahwa Google semakin memahami topik konten kamu, gunakanlah LSI keywords dalam konten-konten yang kamu buat. LSI keywords adalah kata atau frasa yang berhubungan dengan target keyword kamu.

Itulah beberapa strategi SEO untuk meningkatkan traffic situs. Perlu kamu ingat bahwa hasil dari SEO bukanlah sesuatu yang instan. Meski begitu, SEO dapat membantumu meningkatkan brand awareness dengan biaya yang lebih hemat, dan meningkatkan ranking. 

Selain itu, SEO juga memancing traffic yang berkualitas karena pengguna yang datang adalah pengguna yang memang tertarik dengan apa yang kamu tawarkan dan bukan karena terganggu oleh iklan. SEO dan content yang bagus tentu juga akan meningkatkan kepercayaan pengguna kepada bisnismu.

Sumber:
ekrut.com

Cara Membuat Link Zoom Meeting Untuk Dibagikan Ke Peserta Lain

Tampilan antarmuka yang sederhana, fitur yang cukup lengkap, dan hemat dalam mengonsumsi bandwidth data menjadi beberapa faktor Zoom digunakan oleh banyak orang. Biasanya untuk bisa membuat sebuah link Zoom, kamu harus menjadi host dari meeting yang akan diselenggarakan.

Cara Membuat Link Zoom Meeting
Download dan instal aplikasinya dari situs resmi Zoom
Jalankan aplikasi Zoom setelah terpasang
Nantinya kamu dihadapkan langsung pada menu pop-up login sebelum bisa masuk ke dalam layanan
Untuk mempercepat pendaftaran dan masuk Zoom, sebagai contoh saya menggunakan akun Google untuk login


Setelah berhasil login, kamu akan dihadapkan pada halaman utama Zoom
Pilih menu New Meeting untuk membuat pertemuan 


Selanjutnya, kamu akan masuk pada halaman utama meeting dengan Video Call
Akan ada banya menu yang muncul mulai dari Mute, Video, Participants, Chat, Share Screen, Record, Reaction, dan End


Kamu dapat memilih Participants
Setelah menu Participants muncul di bagian kanan, pilih tombol Invite


Nantinya akan ada kotak dialog pop-up yang muncul untuk mengundang anggota
Kamu dapat mengirimkan undangan langsung melalui email maupun menyalin tautan dengan menekan tombol Copy Invite Link atau Copy Invitation
Apabila kamu memilih email (Default Email, Gmail, dan Yahoo Mail), maka tautan akan langsung dikirimkan ke alamat email yang dituju
Sementara tombol Copy Invite Link atau Copy Invitation digunakan menyalin tautan


Nantinya tautan dapat dikirim ke media sosial, aplikasi chat, SMS, dan lainnya dengan mudah
Setelah tautan dikirimkan, maka penerima dapat langsung membuka tautan tersebut untuk bergabung
Selanjutnya, tautan akan mengarahkan penerima kepada aplikasi Zoom dan ruang meeting yang telah dibua

Sebagai catatan, Copy Invite Link hanya akan memberikan tautan ruang meeting saja. Sementara Copy Invitation akan memberikan tautan beserta Meeting ID dan Passcode sehingga kamu bisa memilih masuk menggunakan link atau Meeting ID.

Bagi kamu yang menggunakan akun Zoom Basic atau gratis, maka hanya maksimal 100 peserta saja yang bisa diizinkan ikut meeting dengan durasi waktu maksimal 40 menit. Setelah waktu habis, maka Zoom akan otomatis mematikan ruang meeting yang telah dibuat tersebut.

Sementara itu, kamu dapat kembali membuat ruang meeting setelah waktu habis apabila percakapan meeting belum selesai. Jika kamu menggunakan akun Zoom berbayar, maka peserta meeting dapat ditingkatkan lagi dan tidak memiliki batas waktu.

Sumber:
gadgetren.com

6 Strategi Konten dan SEO untuk Mengembangkan Website

Sebagai content marketer, mungkin kamu sudah familiar dengan istilah SEO. Search engine optimization (SEO) memang berperan penting dalam content marketing. SEO merupakan proses peningkatan visibilitas sebuah website atau halamannya dalam pencarian organik.

Sementara itu, content marketing adalah teknik pemasaran dalam menciptakan dan mendistribusikan konten yang bernilai, relevan, serta konsisten bagi pembaca. Jadi, apabila dijalankan dengan tepat, strategi content marketing dan SEO bisa membuat website yang kamu kelola menjadi sukses.

1. Gunakan keyword spesifik untuk SEO
Dalam hal strategi konten dengan SEO, kamu harus memperhatikan keyword spesifik yang digunakan. Kamu bisa mempelajari preferensi pengguna ketika mencari bisnis, produk, atau layananmu. Banyak UKM memilih kata kunci berdasarkan bidang keahlian mereka dan jargon industri mereka. 

Selain itu, keyword spesifik dan panjang (long tail keyword) akan jauh lebih efektif digunakan. Bukan hanya karena mereka lebih mudah mendapat peringkat di search engine, tetapi juga dapat membawa orang-orang yang benar-benar tertarik dengan produk atau layanan ke situs web kamu.

2. Buat struktur internal link berdasarkan topik
Tautan internal (internal link) membuat navigasi menjadi mudah dan intuitif saat menentukan struktur dan hierarki situs. Hal itu juga membantu mendistribusikan otoritas tautan ke seluruh halaman. Namun, jika tidak terorganisasi dengan baik, kamu tidak akan mendapatkan manfaat ooptimal.
Tujuan membuat struktur internal link berdasarkan topik adalah untuk menunjukkan bahwa situs milikmu secara komprehensif dapat menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan website tersebut.

3. Optimalkan navigasi
Waktu yang dihabiskan untuk mengaudit dan meningkatkan navigasi situs web dan tautan internal (internal link) dapat menjadi upaya yang sepadan, karena banyak situs disiapkan sehingga laman yang tidak penting, seperti laman kontak, diberi peringkat lebih tinggi di mesin telusur daripada laman yang lebih penting karena menghubungkan internal situs struktur.

Mengubah struktur navigasi dan penautan internal kemudian dapat menguntungkan peringkat situs kamu di Google, sambil membantu pengguna menemukan halaman yang mereka inginkan.

Online tools dapat membantumu mengidentifikasi laman situs web dengan banyak tautan masuk. Jadi, kamu dapat membuat perubahan pada kode dan tautan ke laman ini untuk menghentikan Google memberikan indeks maupun peringkat. Namun, kamu juga perlu mempelajari landing page untuk mengidentifikasi lokasi untuk menempatkan tautan halaman.

4. Optimalkan loading speed
Kecepatan loading website tidak hanya mempengaruhi peringkat di search engine, tapi jumlah visitor yang bisa dikonversi menjadi pelanggan. Google menyebutkan, pengguna rata-rata meninggalkan website jika halaman yang diinginkan tidak muncul dalam tiga detik.
Google's PageSpeed melakukan pemeriksaan CSS, HTML, script, dan gambar untuk melihat lamanya waktu pemuatan halaman website pada desktop maupun perangkat mobile.

5. Beli tautan
Kuantitas dan kualitas tautan masuk ke situs web memiliki pengaruh yang signifikan pada peringkat mesin telusurnya. Tak jarang, demi mengoptimalkan kinerja tautan masuk ke situs mereka, banyak pelaku bisnis dan praktisi SEO membeli tautan di situs lain.
Ada strategi yang jauh lebih baik untuk meningkatkan tautan masuk ke situs, yaitu dengan menulis konten asli yang ditautkan oleh perusahaan yang kredibel.

6. Bangun backlink
Secara sederhana, backlink dapat didefinisikan sebagai link yang diberikan oleh pihak lain ke situs kita. Jika link tersebut diklik, maka pengunjung akan diantarkan ke situs pada tautan. Backlink menjadi bukti bahwa website kita dianggap penting bagi pihak lain. Ada banyak cara membangun backlink. Namun kamu harus ingat, yang penting adalah kualitas di atas kuantitas backlink.

Semuanya tidak sulit jika kamu mempelajarinya. Semoga staregi konten dan strategi di atas bisa meningkatkan jumlah visitor dan konversi pada website yang kamu kelola.

Sumber:
ekrut.com