Tutorial Social Network

Informasi Seputar Media Sosial

Tutorial Computer

Informasi Seputar Komputer

Tutorial Youtube

Informasi Seputar Youtube

Tutorial Blogger

Informasi Seputar Blogger

Tutorial Wordpress

Informasi Seputar Wordpress

Tutorial Website

Informasi Seputar Pemrograman Website

Tutorial Windows

Informasi Seputar Sistem Operasi Windows

Tutorial Linux

Informasi Seputar Sistem Operasi Linux

Tutorial Android

Informasi Seputar Android

Monday 2 November 2020

Cara Membuat Link Zoom Meeting Untuk Dibagikan Ke Peserta Lain

Tampilan antarmuka yang sederhana, fitur yang cukup lengkap, dan hemat dalam mengonsumsi bandwidth data menjadi beberapa faktor Zoom digunakan oleh banyak orang. Biasanya untuk bisa membuat sebuah link Zoom, kamu harus menjadi host dari meeting yang akan diselenggarakan.

Cara Membuat Link Zoom Meeting
Download dan instal aplikasinya dari situs resmi Zoom
Jalankan aplikasi Zoom setelah terpasang
Nantinya kamu dihadapkan langsung pada menu pop-up login sebelum bisa masuk ke dalam layanan
Untuk mempercepat pendaftaran dan masuk Zoom, sebagai contoh saya menggunakan akun Google untuk login


Setelah berhasil login, kamu akan dihadapkan pada halaman utama Zoom
Pilih menu New Meeting untuk membuat pertemuan 


Selanjutnya, kamu akan masuk pada halaman utama meeting dengan Video Call
Akan ada banya menu yang muncul mulai dari Mute, Video, Participants, Chat, Share Screen, Record, Reaction, dan End


Kamu dapat memilih Participants
Setelah menu Participants muncul di bagian kanan, pilih tombol Invite


Nantinya akan ada kotak dialog pop-up yang muncul untuk mengundang anggota
Kamu dapat mengirimkan undangan langsung melalui email maupun menyalin tautan dengan menekan tombol Copy Invite Link atau Copy Invitation
Apabila kamu memilih email (Default Email, Gmail, dan Yahoo Mail), maka tautan akan langsung dikirimkan ke alamat email yang dituju
Sementara tombol Copy Invite Link atau Copy Invitation digunakan menyalin tautan


Nantinya tautan dapat dikirim ke media sosial, aplikasi chat, SMS, dan lainnya dengan mudah
Setelah tautan dikirimkan, maka penerima dapat langsung membuka tautan tersebut untuk bergabung
Selanjutnya, tautan akan mengarahkan penerima kepada aplikasi Zoom dan ruang meeting yang telah dibua

Sebagai catatan, Copy Invite Link hanya akan memberikan tautan ruang meeting saja. Sementara Copy Invitation akan memberikan tautan beserta Meeting ID dan Passcode sehingga kamu bisa memilih masuk menggunakan link atau Meeting ID.

Bagi kamu yang menggunakan akun Zoom Basic atau gratis, maka hanya maksimal 100 peserta saja yang bisa diizinkan ikut meeting dengan durasi waktu maksimal 40 menit. Setelah waktu habis, maka Zoom akan otomatis mematikan ruang meeting yang telah dibuat tersebut.

Sementara itu, kamu dapat kembali membuat ruang meeting setelah waktu habis apabila percakapan meeting belum selesai. Jika kamu menggunakan akun Zoom berbayar, maka peserta meeting dapat ditingkatkan lagi dan tidak memiliki batas waktu.

Sumber:
gadgetren.com

6 Strategi Konten dan SEO untuk Mengembangkan Website

Sebagai content marketer, mungkin kamu sudah familiar dengan istilah SEO. Search engine optimization (SEO) memang berperan penting dalam content marketing. SEO merupakan proses peningkatan visibilitas sebuah website atau halamannya dalam pencarian organik.

Sementara itu, content marketing adalah teknik pemasaran dalam menciptakan dan mendistribusikan konten yang bernilai, relevan, serta konsisten bagi pembaca. Jadi, apabila dijalankan dengan tepat, strategi content marketing dan SEO bisa membuat website yang kamu kelola menjadi sukses.

1. Gunakan keyword spesifik untuk SEO
Dalam hal strategi konten dengan SEO, kamu harus memperhatikan keyword spesifik yang digunakan. Kamu bisa mempelajari preferensi pengguna ketika mencari bisnis, produk, atau layananmu. Banyak UKM memilih kata kunci berdasarkan bidang keahlian mereka dan jargon industri mereka. 

Selain itu, keyword spesifik dan panjang (long tail keyword) akan jauh lebih efektif digunakan. Bukan hanya karena mereka lebih mudah mendapat peringkat di search engine, tetapi juga dapat membawa orang-orang yang benar-benar tertarik dengan produk atau layanan ke situs web kamu.

2. Buat struktur internal link berdasarkan topik
Tautan internal (internal link) membuat navigasi menjadi mudah dan intuitif saat menentukan struktur dan hierarki situs. Hal itu juga membantu mendistribusikan otoritas tautan ke seluruh halaman. Namun, jika tidak terorganisasi dengan baik, kamu tidak akan mendapatkan manfaat ooptimal.
Tujuan membuat struktur internal link berdasarkan topik adalah untuk menunjukkan bahwa situs milikmu secara komprehensif dapat menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan website tersebut.

3. Optimalkan navigasi
Waktu yang dihabiskan untuk mengaudit dan meningkatkan navigasi situs web dan tautan internal (internal link) dapat menjadi upaya yang sepadan, karena banyak situs disiapkan sehingga laman yang tidak penting, seperti laman kontak, diberi peringkat lebih tinggi di mesin telusur daripada laman yang lebih penting karena menghubungkan internal situs struktur.

Mengubah struktur navigasi dan penautan internal kemudian dapat menguntungkan peringkat situs kamu di Google, sambil membantu pengguna menemukan halaman yang mereka inginkan.

Online tools dapat membantumu mengidentifikasi laman situs web dengan banyak tautan masuk. Jadi, kamu dapat membuat perubahan pada kode dan tautan ke laman ini untuk menghentikan Google memberikan indeks maupun peringkat. Namun, kamu juga perlu mempelajari landing page untuk mengidentifikasi lokasi untuk menempatkan tautan halaman.

4. Optimalkan loading speed
Kecepatan loading website tidak hanya mempengaruhi peringkat di search engine, tapi jumlah visitor yang bisa dikonversi menjadi pelanggan. Google menyebutkan, pengguna rata-rata meninggalkan website jika halaman yang diinginkan tidak muncul dalam tiga detik.
Google's PageSpeed melakukan pemeriksaan CSS, HTML, script, dan gambar untuk melihat lamanya waktu pemuatan halaman website pada desktop maupun perangkat mobile.

5. Beli tautan
Kuantitas dan kualitas tautan masuk ke situs web memiliki pengaruh yang signifikan pada peringkat mesin telusurnya. Tak jarang, demi mengoptimalkan kinerja tautan masuk ke situs mereka, banyak pelaku bisnis dan praktisi SEO membeli tautan di situs lain.
Ada strategi yang jauh lebih baik untuk meningkatkan tautan masuk ke situs, yaitu dengan menulis konten asli yang ditautkan oleh perusahaan yang kredibel.

6. Bangun backlink
Secara sederhana, backlink dapat didefinisikan sebagai link yang diberikan oleh pihak lain ke situs kita. Jika link tersebut diklik, maka pengunjung akan diantarkan ke situs pada tautan. Backlink menjadi bukti bahwa website kita dianggap penting bagi pihak lain. Ada banyak cara membangun backlink. Namun kamu harus ingat, yang penting adalah kualitas di atas kuantitas backlink.

Semuanya tidak sulit jika kamu mempelajarinya. Semoga staregi konten dan strategi di atas bisa meningkatkan jumlah visitor dan konversi pada website yang kamu kelola.

Sumber:
ekrut.com

Cara Melihat Foto yang Diarsipkan di Instagram

Dalam aplikasi Instagram yang hadir di dalam smartphone Android terdapat fitur untuk mengarsipkan foto maupun video yang disebut Archive. Dengan hadirnya fitur ini memungkinkan penggunanya dapat menyimpan foto atau video dalam Instagram, namun tidak dapat dilihat pengguna lain.

Selain foto atau video yang berada di dalam post, stories juga dapat ditambahkan ke dalam arsip sehingga penggunanya dapat menyimpan video stories dengan jangka waktu yang lama. 

Pertama, Gadgeter dapat membuka aplikasi Instagram di smartphone.
Selanjutnya, Gadgeter dapat mengunjungi halaman profile dengan lambang foto profil yang terdapat di bagian kanan bawah Instagram.
Kemudian, Gadgeter dapat memilih tombol berlogo jam dan panah di bagian atas halaman profil.
Setelah dipilih maka Gadgeter akan dihadapkan pada halaman arsip atau Archive yang telah memuat foto, video, maupun stories yang sudah diarsipkan.


Bisa dibilang cari ini cukup mudah untuk membuat Gadgeter dapat melihat foto, video, maupun stories yang sudah diarsipkan. Namun apabila Gadgeter ingin mengarsipkan foto maupun video dalam akun Instagram miliknya maka dapat melihat informasinya sebagai berikut ini:

Mengarsipkan Foto di Instagram
Pertama, Gadgeter dapat membuka aplikasi Instagram di smartphone.
Kemudian, Gadgeter mengunjungi halaman profile dengan memiliki foto profil yang berada di bagian kanan bawah aplikasi Instagram.
Selanjutnya, Gadgeter da[pat memilih salah satu foto dari post.
Setelah dipilih, Gadgeter dapat menekan tombol berlambang titik tiga.
Selanjutnya, Gadgeter dapat memilih menu Archive atau Arsip.
Hasilnya, Foto secara otomatis akan diarsipkan dan tersimpan di menu Archive atau Arsip.

Sumber:
gadgetren.com

5 Langkah Untuk Menjadi Seorang Ahli WordPress

WordPress untuk pekerjaan umum sehari-hari seperti menulis blog dan merasa kurang puas, Anda bisa meningkatkan kemampuan Anda untuk mempelajari WordPress jauh lebih dalam. Anda bisa menemukan begitu banyak tutorial blog, ebook maupun kursus untuk mempelajari WordPress.

Langkah 1 : Mempelajari WordPress Dasar
Untuk lebih mendalami tentang WordPress, tentu Anda harus memulai dengan pengetahuan dasar tentang WordPress.


Disini Anda bisa menelusuri semua artikel yang membahas tentang WordPress secara lengkap untuk kategori pemula dan juga terdapat begitu banyak tips dan trik bagaimana bekerja dengan WordPress, plugin, tema, hosting dan domain.

Untuk kelas selanjutnya dalam meningkatkan pengetahuan dan pendalaman tentang WordPress, Anda harus terbiasa dengan bahasa inggris, karena sumber terbesar dalam mempelajari WordPress untuk tingkat yang lebih tinggi semua bisa Anda pelajari di situs-situs atau komunitas web dari luar.

Langkah 2: Pahami cara kerja WordPress
Anda dapat mempelajari pengkodean dan mendesain semua yang Anda suka, tetapi itu tidak akan membantu Anda tanpa memahami bagaimana semua bagian dari teka-teki tersebut cocok dan berjalan bersama.

Singkatnya, WordPress bekerja dengan membangun halaman web “dinamis” yang diisi dengan informasi dari database. Setiap halaman dibangun setiap saat setiap kali dikunjungi (kecuali jika Anda memiliki plugin caching – tapi itu di luar cakupan posting ini!).

Misalnya, setiap kali Anda melihat satu posting blog di halaman Anda, apa pun postingan yang Anda lihat, Anda selalu melihat file yang sama persis yaitu: single.php. Tetapi konten halaman – konten posting blog, tanggal, konten, dll bisa terlihat berbeda satu sama yang lain.

Hal ini dimungkinkan karena WordPress tidak hanya menggunakan HTML, bahasa web, untuk membangun halaman. Ini juga menggunakan bahasa pemrograman yang disebut PHP, yang digunakan untuk mengambil informasi dari database MySQL. PHP terletak di antara bit kode HTML, yang memberikan struktur pada halaman.

Cuplikan kode PHP yang menanyakan judul posting blog Anda dari database terlihat seperti ini:

<?php the_title(); ?>


Kemudian, informasi itu dimasukkan di antara kode HTML yang menyusun halaman, yang akan terlihat seperti ini:

<h1 class="entry-title"><?php the_title(); ?></h1>


Kemudian, dalam file CSS terpisah, gaya ditambahkan untuk melengkapi tampilan halaman. Itu mungkin terlihat seperti ini:

h1.entry-title {text-transform: uppercase; font-weight: bold;}


Hasilnya adalah setiap posting blog yang Anda lihat (atau, dalam contoh ini adalah pada hanya bagian judulnya).

Sumber daya yang direkomendasikan
Lihatlah WP101 untuk kursus singkat dan video tutorial tentang cara kerja WordPress.
Temukan banyak kursus video di uDemy, ada yang dibayar tetapi Anda akan menemukan 50+ kursus gratis.

Langkah 3: Pelajari bahasa Pemorgraman
Anda tidak perlu menjadi programmer ahli untuk mendapatkan yang terbaik dari WordPress, tetapi beberapa pengetahuan dasar tentang bahasa yang digunakan oleh WordPress akan membantu Anda.

Dengan pengetahuan dasar tentang bahasa pemrograman web HTML, CSS, dan PHP, Anda akan dapat dengan mudah mengubah situs Anda untuk membuat perubahan apa pun yang Anda inginkan, dan lebih mudah memecahkan masalah yang muncul.
Ini perintah yang disarankan untuk Anda pelajari:
HTML adalah bahasa Internet. Ini memberi setiap halaman web strukturnya, bukan hanya situs WordPress.
CSS (Cascading Style Sheets) adalah yang membuat halaman HTML biasa terlihat bagus. Ini mempengaruhi font, warna, dan ukuran teks Anda, ukuran margin dan white space, posisi gambar dan elemen lainnya pada halaman, dan dapat membuat efek hover dan animasi yang keren juga.
PHP adalah bahasa pemrograman yang digunakan oleh WordPress. Anda tidak perlu menjadi pemrogram ahli, tetapi mempelajari dasar-dasar cara kerjanya dapat membantu Anda jauh lebih memahami WordPress.

Mempelajari bahasa-bahasa ini bisa menjadi tugas yang menakutkan. Ingat, WordPress memiliki komunitas yang besar dan aktif, jadi ada banyak bantuan yang tersedia jika Anda memiliki pertanyaan atau ketika sedang buntu!

Langkah 4: Ikuti langkah pemecahan masalah
Mempelajari langkah-langkah dasar untuk memecahkan masalah WordPress dapat membantu Anda merasa seperti seorang ahli karena Anda akan dapat mengidentifikasi dan memecahkan sebagian besar masalah mendasar sendiri, tanpa meminta bantuan.

Dan untuk masalah-masalah sulit yang tidak bisa Anda selesaikan, Anda setidaknya akan dapat mempersempit di mana letak masalahnya, dan memberikan informasi yang berguna ketika Anda mencari bantuan – dan Anda akan tahu ke mana harus mencari bantuan.

Apakah Anda menghadapi halaman white screen, kesalahan PHP, atau file yang hilang atau fungsi situs web yang salah, Anda dapat mengikuti langkah-langkah ini untuk melihat apa masalahnya dna memecahkannya.

Catatan: Beberapa langkah ini mungkin mengacaukan tampilan dan fungsi situs Anda, jadi Anda mungkin ingin menggunakan plugin seperti SeedProd Coming Soon untuk mengatur halaman “Under Maintenance” sementara untuk membuat pengunjung mendapat informasi. Mengumumkan di akun media sosial Anda bahwa Anda sedang melakukan pemeliharaan juga merupakan ide yang bagus untuk menjaga audiensi Anda dari kebingungan. Atau, sebagian besar plugin halaman arahan akan datang dengan template ‘Coming Soon’ yang dapat Anda gunakan tetapi tidak memiliki kemampuan yang sama untuk memblokir akses ke situs Anda saat Anda sedang membangunnya.

1. Tinjau perubahan terbaru
Pikirkan tentang setiap perubahan yang Anda buat akhir-akhir ini. Apakah Anda?
Memperbarui tema, plugin, atau file inti apa saja?
Memasang tema atau plugin baru?
Mengubah kode apa pun?

Jika demikian, coba ingat kembali setiap perubahan terbaru yang Anda lakukan (baik dengan membatalkannya, atau mengembalikan backup yang sebelumnya Anda buat), dan lihat apakah itu menyelesaikan masalah. Kemudian perhatikan dengan cermat perubahan yang telah Anda buat untuk melihat di mana letak masalahnya.

2. Nyalakan debugging WordPress
WordPress memiliki mode debugging bawaan yang dapat membantu mengidentifikasi kesalahan.
Saat mode ini diaktifkan, alih-alih mencoba mengatasi atau mengabaikan kesalahan, ini akan menghasilkan dan menampilkan pesan kesalahan di situs Anda untuk memberi tahu Anda apa yang salah.

Anda dapat mengaktifkan mode debugging secara manual dari file wp-config.php Anda, yang menyimpan pengaturan untuk situs Anda. File wp-config.php Anda terletak di direktori utama tempat WordPress diinstal.

Untuk mengaktifkan mode debugging, cukup tambahkan baris ini ke bagian bawah file dan baca panduan lebih lengkapnya di artikel ini → Cara Memperbaiki White Screen of Death pada WordPress:

1
2
define( 'WP_DEBUG', true );

define( 'SCRIPT_DEBUG', true );


Sekarang muat ulang situs web Anda dan cari kesalahan, peringatan, atau pemberitahuan. Pesan kesalahan tertentu dapat membantu Anda menentukan tema atau plugin yang menyebabkan masalah, setelah itu Anda dapat mencari solusi di web atau blog, atau memposting pesan di forum untuk bantuan.

3. Nonaktifkan plugin Anda
Plugin adalah penyebab umum kesalahan. Jika Anda menonaktifkan semua plugin Anda dan situs Anda tiba-tiba berfungsi kembali, Anda tahu salah satu masalahnya adalah pada plugin. Anda dapat mengaktifkannya satu per satu plugin hingga menemukan mana plugin yang menyebabkan masalah pada situs Anda.

Jika Anda menemukan bahwa plugin menyebabkan kesalahan, Anda dapat menghubungi dukungan dan beralih ke alternatif lain untuk sementara waktu.

Untuk menonaktifkan dengan cepat semua plugin Anda, Anda dapat mengganti nama folder plugin (/ wp-content / plugins) di file manager atau FTP client sehingga WordPress akan menonaktifkan semua plugin secara otomatis.

4. Kembalikan tema default
Jika plugin Anda tidak menyebabkan masalah, itu bisa menjadi tema Anda. Coba beralih ke tema WordPress default untuk melihat apakah itu menyelesaikan kesalahan. Jika tema yang menyebabkan masalah, Anda dapat menghubungi pengembang tema untuk mendapatkan bantuan, dan beralih ke tema lain sementara waktu.

Jika Anda tidak dapat menyelesaikan masalah menggunakan langkah-langkah ini, coba minta bantuan di forum dukungan WordPress resmi, atau posting ke WordPress Development Stack Exchange.

Langkah 5: Buat tema atau plugin sederhana Anda sendiri
Saat pada langkah ini, Anda bisa dibilang sedang dalam perjalanan untuk menjadi ahli WordPress, tetapi bagaimana Anda akan tahu kapan Anda mencapai status itu?
Salah satu ujian hebat untuk melihat keterampilan Anda adalah dengan menciptakan sesuatu yang baru:

Jika Anda tertarik dengan desain, Anda dapat mencoba menerapkan keterampilan CSS baru Anda dengan merancang tema anak (child theme) Anda sendiri. Pertimbangkan untuk menggunakan kerangka kerja (framework) seperti Genesis.
Jika Anda siap menghadapi tantangan yang lebih besar, Anda bahkan bisa mencoba membuat tema sendiri dari awal. Coba gunakan kerangka dasar untuk memulai, seperti underscores atau Bones framework.
Jika PHP adalah kemampuan Anda, Anda bisa mencoba untuk membuat plugin Anda sendiri.

Apa itu pakar WordPress?
Setiap orang mendefinisikan “pakar” secara berbeda. Anda mungkin merasa tidak nyaman menyebut diri Anda seorang “ahli WordPress” atau “Pakar WordPress” bahkan jika Anda telah mengikuti semua langkah di sini, tetapi setidaknya Anda akan jauh lebih percaya diri dalam menggunakan WordPress dan memiliki keterampilan WordPress yang lebih baik daripada sebelumnya!

Tetapi, jika Anda tidak memiliki waktu yang untuk mempelajari tentang WordPress secara lebih mendalam, jangan khawatir. Ada banyak pengembang yang bisa Anda pekerjakan baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Anda bisa menemukan mereka di situs-situs tempat berkumpulnya para programmer freelance.

Sumber:
centerklik.com

Tips Trik Meningkatkan SEO Website WordPress

SEO sangatlah penting untuk meningkatkan pengunjung bagi website maupun blog, karena dengan SEO yang optimal dan tentunya maksimal maka akan sangat berpengaruh dengan bisnis yang kita jalankan melalui dunia online, Orang tidak akan pernah tau bisnis kita, produk kita jika website kita tidak pernah dikunjungi. Untuk memperkenalkan blog atau website kita selain blog walking dan promosi di media social jalan utama untuk masuk ke blog atau website kita adalah melalui Search engine, jadi kita harus mengoptimalkan website kita biar terpampang di search engine sehingga orang akan dengan sendirinya mengunjungi blog atau website kita.

Dengan mengoptimasi SEO maka Anda akan mendapatkan trafik kunjungan dari mesin pencari secara gratis dan ini tentu akan menjadi cara yang akan menghasilkan pengunjung dalam jangka panjang berbeda dengan saat Anda melakukan kampanye pemasaran dengan beriklan yang dimana Anda akan mengalami penurunan pengunjung saat program iklan yang Anda jalankan berakhir. Dan mari kita simak tips dan trik sederhana dibawah ini untuk meningkatkan SEO blog atau website WordPress Anda.

Bagaimana Mengoptimalkan SEO pada website WordPress?
1. Ingat Konten adalah Raja, jadi buatlah konten yang menarik, jelas dan mudah dipahami, orang datang ke website kita adalah untuk mencari jawaban dari pertanyaannya di mesin pencari, jadi jika konten kita menarik dan sesuai yang diharapkan si pengunjung maka pengunjung itu akan merasa senang dan website kita bisa menjadi referensi bagi si pengunjung. Buatlah konten yang detail dan artikel yang memenuhi standart SEO seperti menulis konten yang setidaknya minimal 600 kata. dan jangan lupa selalu update konten yang menarik dan memberi solusi bagi pengunjung.

2. Optimalkan Konten dengan Keyword, percuma juga jika kita membuat konten yang bagus tapi tidak terbaca oleh mesin pencari, maka dari itu optimalkan konten anda sehingga mudah ter indek di mesin pencari dan mendapatkan peringkat di halaman pertama. Masukkan kata kunci di artikel Anda dan jangan lupa jika Anda menggunakan tag h2 atau h3 selalu sertakan juga kata kunci di dalamnya.

3. Desain website, buatlah website anda yang menarik dan juga responsif, sehingga pengunjung tidak bosan dan senang membaca artikel anda, tata layout website anda dengan menarik, dengan font yang enak dibaca. untuk responsif itu sangat penting, karena zaman sekarang ini banyak sekali pengunjung yang browsing menggunakan smartphone, jadi buatlah website anda otomatis menyesuainkan dengan device dari setiap pengunjung sehingga pengunjung merasa nyaman mengakses website anda. jika anda membutuhkan template WordPress yang responsif dan SEO friendly tidak usah bingung karena di centerklik sudah banyak sekali template website yang responsif dan tentunya dengan desain yang sangat bagus dan gratis, silahkan lihat Kumpulan Template Gratis WordPress Responsive Best Desain.

4. Optimalkan SEO pada gambar, Jika di website anda menggunakan gambar untuk mempercantik konten, maka jangan lupa mengoptimalkan SEO pada gambar tersebut, untuk mengoptimalkan SEO pada gambar gunakan plugins WordPress SEO Friendly Image. Gambar juga merupakan salah satu sumber datangnya trafik selain konten. Karena juga banyak orang menggunakan pencarian gambar melalui mesin pencari. Jika Anda tidak ingin menggunakan plugin tersebut, Anda bisa selalu mengisi manual pada tag “alt” dan “description” setiap mengupload dan menggunakan gambar untuk disertakan dalam artikel Anda.

5. Buat Sitemaps xml pada website anda dan submit sitemap.xml website anda ke Google webmastertool dan Bing webmastertool, sehingga url website anda akan terdaftar di mesin pencarian Google dan Bing. Dengan cara ini mesin pencari akan lebih mudah dalam merayapi situs Anda dan akan mendapatkan index yang lebih cepat.

6. Buat permalink website WordPress anda yang SEO Friendly, untuk melihat cara merubah permalink lihat di artikel Cara Mengatur Settings pada WordPress. Permalink atau URL yang cantik terbukti ampuh dalam persaingan di peringkat hasil pencarian, dan pada bagian ini jangan lupa untuk juga selalu masukkan kata kunci pada URL karena URL selalu dibaca oleh mesin pencari dalam menemukan artikel.

7. Buat nama domain website anda dari non-www ke www atau sebaliknya, pilih salah satu. karena untuk menghidari duplicate konten dengan cara memasukkan script dibawah ini ke .htaccess. Atau juga bisa Anda membeli nama domain yang mengandung kata kunci yang Anda bidik.

RewriteEngine On
RewriteCond %{HTTP_HOST} ^centerklik.com [NC]
RewriteRule ^(.*)$ https://www.centerklik.com/$1 [L,R=301]

8. Optimalkan konten dengan Judul H1 dan untuk subjudul H2-H3, karena mesin pencari google sangat senang dengan konten seperti ini. Dengan cara ini menjadikan google lebih memahami konten yang terstruktur dan lebih jelas. Konten dengan tag yang jelas akan diutamakan oleh google untuk ditampilkan di halaman pertama.

9. Gunakan Share Social Networking di website dan konten anda, sehingga dengan mudah website anda dapat di share di berbagai macam media sosial untuk mempromosikan maupun membagikan artikel yang anda buat. untuk pilihan plugin Share sosial lihat di artikel Plugins Keren Floating Social Bar WordPress disitu dijelaskan juga cara penggunaanya.

10. Gunakan Plugin All in one SEO atau WordPress SEO Yoast di WordPress anda, plugin ini terbukti ampuh dalam meningkatkan SEO pada WordPress.

20 TIP SEO AMPUH UNTUK MENINGKATKAN SITUS BISNIS ANDA
SEO merupakan unsur yang rumit dan selalu berubah, tapi SEO penting untuk setiap bisnis online, atau entitas perusahaan dalam hal ini. Tanpa SEO, website Anda hanya akan terkubur di bawah tumpukan hasil mesin pencari dan Anda akan mendapatkan hampir nol konversi. Dengan bantuan beberapa tip SEO Ampuh untuk situs bisnis ini, semoga situs bisnis Anda secara perlahan Akan menghasilkan peningkatan.

1. Buat Blog
Blog tentunya penting untuk situs bisnis Anda. Anda membuat blog tidak semata-mata untuk permainan SEO, atau memproduksi konten untuk menjejalkan kata kunci, itu tentunya tidak akan bekerja dalam jangka panjang.

Sebaliknya, menulis untuk audiens atau pengunjung Anda dan menghasilkan blog yang membawa orang mengunjungi situs Anda lagi dan lagi. Ini merupakan pemasaran konten untuk bisnis Anda yang sangat Ampuh

Efek samping dari kegiatan blogging ini tentunya adalah bahwa dari waktu ke waktu, Anda akan memiliki konten yang relevan dan sering diperbarui untuk mesin pencari untuk melakukan pengindekan, sehingga situs Anda tidak dianggap mati oleh mesin pencari.

2. Konten
Konten merupakan cara terbaik untuk membuat situs Anda menjadi tempat orang mencari dan memberi orang alasan untuk mengunjungi situs Anda. Berikan ulasan yang lengkap dan detail untuk setiap produk atau layanan yang ingin Anda jual, dengan ulasan yang lengkap akan membuat pengunjung puas dan tidak meninggalkan situs Anda ketika mereka membaca mengenai produk tersebut. Jika ulasan Anda sangat minim, maka pengunjung akan mencari situs lain untuk mengetahui informasi yang lebih dari produk yang berkaitan. Jadi luangkan waktu Anda untuk membuat informasi ulasan yang benar-benar lengkap yang dibutuhkan oleh pengunjung.

3. Utamakan Pembaca
Jangan terobsesi dengan menjejalkan atau memaksakan setiap kata kunci yang Anda bisa ke dalam posting blog atau deskripsi produk yang bertujuan untuk menghasilkan halaman yang relevan dan berharap mendapatkan hasil pencarian yang lebih baik di situs Anda. Melainkan tulislah secara rapi dan benar-benar informatif. Jangan menulis untuk mesin pencari, tapi menulislah untuk pembaca Anda.

4. Gambar
Tip SEO untuk bisnis selanjutnya adalah optimasi Gambar. Dalam menjalankan bisnis online, tentunya Anda tidak hanya menyuguhkan tulisan untuk pengunjung Anda, tetapi juga Anda harus memasang gambar disitus Anda, Pilih gambar terbaik sehingga menarik mata pengunjung pertama kali melihat. Lakukan optimasi gambar tersebut dengan mengisi Title, ALT dan Deskripsi yang mengandung kata kunci. Karena Pencarian tidak selalu melalui web, tapi melalui pencarian gambar juga akan membantu mendongkrak kunjungan ke situs Anda.

5. Membuat halaman di jejaring sosial
Media sosial adalah cara yang bagus untuk usaha kecil untuk memabantu membangun situs online, dan ini merupakan hal yang tidak harus Anda lewatkan, Buat halaman atau page bisnis Anda di jejaring social untuk menarik pengunjung melalui media social dan memudahkan juga bagi Anda untuk terhubung dengan pelanggan Anda. Sebagai langkah pertama, mengatur profil dengan kontak dan alamat web rincian yang akurat di situs sosial tekenal.

6. Melihat pesaing Anda
Cari tahu apa situs peringkat di halaman satu untuk kata kunci yang Anda target, pelajari apa kelebihan dan kekurangan dari situs tersebut, jika Anda sudah menemukan, maka buatlah yang lebih baik untuk segi yang Anda bisa lakukan.

7. Strategi internal link
Dengan menggunakan strategi internal linking akan membantu Anda untuk meningkatkan peringkat kata kunci target tertentu, serta membantu pengunjung Anda untuk menemukan konten yang bermanfaat atau yang terkait. Anda bisa menambahkan Related Post dibawah post maupun di tengah konten Anda.

8. Hati-hati dengan kata kunci
Isian kata kunci adalah hal yang dapat dilihat oleh Google dengan mudah. Ini juga terlihat buruk bagi pengunjung dan mempengaruhi kualitas halaman.

Pikirkan satu atau dua kata kunci dan frase untuk menargetkan dan menggunakannya secara alami. Gunakan kata-kata dan frase semantik terkait untuk menghindari pengulangan kata kunci. Juga gunakan kata kunci Long Tail untuk bersaing di mesin pencari.

9. Gunakan Google Analityc
Pastikan situs Anda terpasang kode dari Google Anlitycs, Google Analitycs merupakan tools yang mempunyai fitur lengkap untuk menganalisa situs Anda, Anda bisa melihat berapa jumlah pengunjung harian, bulan dan tahun kesitus Anda. Anda juga bisa melihat Apa kata kunci yang membawa pengunjung ke situs Anda.

10. Gunakan Webmaster Tools
Memiliki akun GWMT (Google Webmaster Tools) berarti Google dapat memberitahu Anda tentang masalah tertentu ke situs Anda.
Atau jika situs Anda telah di-hack dan de-index dari hasil pencarian, melihat permintaan link dan sumber lalu lintas (menurut Google), memungkinkan Anda untuk mengirimkan Sitemaps, memberitahu Google bagaimana Anda ingin situs Anda muncul di SERPs dan banyak lagi.

11. Judul Dan Deskripsi
Judul dan deskripsi akan ditampilkan oleh Mesin Pencari di hasil pencarian, Gunakan judul yang baik yang juga mengandung kata kunci Anda, Buat Judul dari Konten Anda tidak lebih dari 60 karakter.
Untuk pembuatan Deskripsi, buat deskripsi yang menarik pengunjung dan tentunya juga mengandung kata kunci Anda. Buat Deskripsi tidak lebih dari 160 karakter, Manfaatkan 160 karakter tersebut untuk membuat deskripsi terbaik.

12. Struktur URL
URL adalah juga merupakan salah satu hal pertama yang mesin pencari gunakan untuk menentukan peringkat halaman, dengan begitu mengapa sangat penting untuk membuat URL Anda mudah untuk mesin pencari. Anda dapat melakukan ini dengan membuat URL pendek, menyelaraskan dengan topik halaman dan kata kunci, dan memastikan bahwa URL membantu Anda untuk mengkategorikan halaman situs Anda. Lihat URL artikel yang sedang Anda baca ini, tentunya lebih pendek dari Judulnya. Saya hanya menggunakan URL yang simple untuk saya gunakan dan tentunya kata kunci juga dijadikan sebagai bagian dari URL.

13. Memanfaatkan Heading Tags
Tag judul harus jelas memberitahu pembaca dan mesin pencari tentang topik halaman. Sebuah mesin pencari mampu mengidentifikasi pos ketika ditandai oleh bracketing teks dalam HTML dalam halaman. Tag pos membantu memberitahu mesin pencari tingkat pentingnya konten dengan menggunakan tag H1 sebagai judul, H2 dan H3 sebagai sub judul konten Anda. Anda dapat memeriksa tag judul situs Anda saat ini dengan melihat dalam tampilan HTML.

14. Social Network
Pasang tombol share social network di situs bisnis Anda, Social share juga merupakan cara terbaik untuk menyebarkan konten dan produk Anda di jejaring social, sebagian kunjungan ke situs Anda juga bisa di dapat dari jejaring social, Dengan memasang tombol social share, sebagian pengguna Anda yang merasa apa yang Anda sajikan bermanfaat maka mereka akan membagikan ke social media.

15. Forum
Buat Tread di Forum yang terkenal, pajang produk Anda di forum tersebut dan taruh link untuk diarahkan ke situs bisnis Anda, Dengan memanfaatkan Forum Anda akan mendapatkan pengunjung melimpah yang potensial, buatlah tread yang menarik dan bikin tread Anda selalu terlihat hidup.

16. Backlink
Bangun backlink yang berkualitas untuk menunjang situs Anda untuk mendapatkan hasil pencarian yang lebih baik, sampai saat ini backlink memang terbukti masih Ampuh untuk optimasi SEO. Tapi ingat, carilah backlink yang benar-benar berkualitas, karena 1 backlink berkualitas lebih mempunyai efek terhadap SEO daripada 100 backlink sampah.

17. Ulasan pengguna
Berikan kolom bagi pengguna untuk memberikan ulasan mereka mengenai produk Anda, Hal tersebut dapat meningkatkan konversi situs Anda dan produk Anda, dan ulasan juga dapat membantu untuk SEO.

18. Kecepatan Loading Situs
Sejak 2011, Google telah menjelaskan bahwa kecepatan situs merupakan salah satu faktor penting untuk peringkat pencarian, dan hari ini, dengan penekanan lebih besar pada pengalaman pengguna dari sebelumnya, kecepatan situs akan terus menjadi faktor peringkat. Pengguna tidak suka menunggu, yang berarti situs Anda akan ditinggalkan ketika pengguna harus menunggu terlalu lama. Ada beberapa hal penting yang dapat Anda lakukan untuk mempercepat kecepatan situs:
Cek kecepatan situs dengan Google Insights atau GTMetrix, kedua situs tersebut akan memberikan keterangan mengenai apa yang harus Anda ubah untuk meningkatkan kecepatan situs.
Pastikan web server Anda dapat menangani kebutuhan situs Anda.

19. Mobile Friendly
Dengan hampir 40% dari lalu lintas organik berasal dari perangkat mobile pada tahun 2014, dan juga google baru-baru ini menyarankan untuk menjadikan situs menjadi lebih mobile friendly, maka tidak mengejutkan bahwa website yang mobile friendly akan mendapatkan peringkat lebih baik dengan Google. Jika Anda menggunakan CMS WordPress untuk situs bisnis Anda, maka Anda akan dengan mudah menemukan tema yang sudah responsive. Anda bisa melakukan pengecekan situs mobile friendly di Google Mobile Friendly-Test.

20. Bersabarlah
Tip SEO untuk situs bisnis yang terakhir ini saya tidak tahu apakah ini akan melemahkan Anda atau justru malah menguatkan Anda. Karena perlu Anda ketahui SEO tidak dibangun hanya cukup dalam sehari. Jika dan ketika Anda mulai bekerja di atasnya Anda harus berkomitmen untuk jangka panjang. Saya disini bicara tahun, bukan bulan atau minggu. Karena kualitas dan kuantitas lalu lintas dipertaruhkan, SEO sangatlah kompetitif.

Lihatlah Facebook, Amazone, Lazada dan situs-situs besar lainnya, meskipun mereka sudah sangat terkenal, mereka masih terus menerus mengeluarkan uang mereka untuk beriklan untuk mendapatkan pengunjung atau pelanggan yang lebih dan lebih. Mereka tidak pernah berhenti untuk melakukan perubahan untuk menjadi yang lebih baik. Jadi jika Anda berniat secara sungguh-sungguh di dunia bisnis online ini, maka jangan menyerah hanya untuk 1 bulan, 3 bulan atau bahkan setahun. Tapi berusahalah terus seperti mereka.

Sumber:
centerklik.com