Tutorial Social Network

Informasi Seputar Media Sosial

Tutorial Computer

Informasi Seputar Komputer

Tutorial Youtube

Informasi Seputar Youtube

Tutorial Blogger

Informasi Seputar Blogger

Tutorial Wordpress

Informasi Seputar Wordpress

Tutorial Website

Informasi Seputar Pemrograman Website

Tutorial Windows

Informasi Seputar Sistem Operasi Windows

Tutorial Linux

Informasi Seputar Sistem Operasi Linux

Tutorial Android

Informasi Seputar Android

Monday, 12 October 2020

7 Faktor Penting agar Artikel Page One

Saat ini, perkembangan SEO sangatlah begitu cepat. Google selaku perusahaan search engine paling banyak digunakan saat ini, selalu melakukan pembaharuan dan update algoritma terbaru.
Tak khayal, update ini berpengaruh pada ranking website-website di Dunia. Agar website atau blog anda bertahan di pencarian google paling atas, tentu seorang webmaster harus mampu mengikuti perkembangan SEO Modern yang begitu cepat.

Namun, bagi anda pembaca blog, maka kali ini admin akan membagikan rangkuman penting mengenai Rank Factor SEO agar artikel yang anda publish tampil di google paling atas.

SEO Signal yang Wajib Diketahui dan Diterapkan
Seperti yang kita tahu, Rank Faktor SEO sangatlah banyak, lebih dari 200 faktor yang digunakan oleh google. Semua faktor ini akan terus berubah dan bertambah seiring dengan waktu.

Namun, yang paling penting dan wajib diterapkan yaitu sebagai berikut :
Baca Semua Artikel secara Lengkap dan Detail, Pahami dengan Baik agar Web anda Berhasil masuk Page One!

1. Konten yang Relevan dan Berkualitas
Di setiap artikel tentang SEO yang saya tulis, saya selalu bilang bahwa “CONTENT IS KING”. Ya ini berlaku dari SEO zaman dulu hingga saat ini. Konten masih menjadi faktor utama yang menyebabkan artikel masuk dan bertahan lama di page one.
Seperti apa artikel yang berkualitas itu?

Artikel yang berkualitas itu kini faktornya telah berubah. Dulu kita menganggap bahwa artikel yang panjang dan lengkap merupakan artikel yang berkualitas.

Namun kini hal itu salah. Kita tidak perlu membuat artikel lebih dari 400 Kata atau 1000 kata. Nyatanya kita hanya perlu artikel yang Relevan dan sesuai.
Misal kita membahas topik mengenai pengertian SEO. Maka kita bahas saja secara to the point, mungkin hanya perlu artikel dibawah 400 kata.

Namun, jika kita membahas artikel dengan penjelasan lengkap, baru kita perlu membuat artikel yang lengkap dan relevan, misalnya artikel yang anda baca ini.
Faktor lainya yaitu :
  • Original dan Tidak Sama dengan Website lain
  • Unik dan Berguna bagi pembaca
  • Menjawab pertanyaan Pembaca
  • Efisiensi Kata, Bahasa dan Struktur Artikel
Intinya, buatlah konten yang berguna dan beda dari yang lain.

2. Kecepatan Situs dan Responsive
Kecepatan dan responsifitas website merupakan faktor lain yang menentukan ranking google. Jika situs anda cepat dimuat dan tampil baik di semua perangkat, entah itu mobile phone, tablet atau desktop maka experience pengguna akan baik.

UX (User Experience) merupakan salah satu indikator SEO saat ini. Google akan menilai dan menentukan kualitas dari feedback pengguna. Jika baik, maka artikel akan terus ditampilkan, dan jika tidak maka artikel akan hilang dari pencarian seiring dengan waktu.
Dari mana google tahu Experience pengguna?

Google sangatlah canggih dan pintar, google dapat mengetahui titik panas dari seluruh website di dunia. Selain itu google dapat mengetahui element mana yang paling sering pengguna klik, berapa lama user bertahan di artikel, dan kapan user kabur dari sebuah website.
Singkatnya, jika anda ingin mengetahui semua kecanggihan itu, anda dapat membuka google analytic sebagai gambaran.

3. Keamanan Situs
Google mengatakan bahwa keamanan situs merupakan salah satu faktor yang menentukan ranking sebuah website.
Jika anda perhatikan, situs yang masih menggunakan http akan menampilkan keterangan “Situs tidak aman” jika dibuka di browser Chrome.

Namun, jika situs sudah menggunakan SSL/TLS dengan ciri menggunakan protocol https, maka gembok di address bar akan menjadi berwarna hijau dan menampilkan keterangan Koneksi Aman.
Jadi, anda dapat meningkatkan keamanan situs anda dengan menggunakan protocol https dan memasang security pada website anda agar keamanan user terjamin.
Hal ini akan berpengaruh pada ranking website anda di pencarian.

4. Riset Keyword
Sebelum membuat konten, riset lah keyword terlebih dahulu. Anda harus mengetahui kata kunci apa yang banyak dicari dan jangan lupa anda juga harus riset kompetitor.

Sebaiknya anda cari keyword yang banyak dicari namun memiliki persaingan yang rendah.
Sulit memang, namun hal ini sangat penting agar artikel anda dapat tampil di google paling atas.
Berikut adalah indikator yang biasa digunakan dalam riset keyword :
Volume Search (Banyak Pencarian)
CPC (Cost Per Click) ini biasanya penting bagi para publisher Adsense agar mendapat hasil yang maksimal Competitor (Saingan anda)
Saran saya, hindari keyword yang sudah dikuasai oleh situs-situs besar, misal seperti situs berita.

5. Judul dan Meta data yang Menarik
Sebenarnya ini lebih kearah user. Jika judul anda menarik perhatian user dan sangat clickable, maka ketika bersaing di pencarian, mereka akan membuka situs anda bukan?
Selain judul, anda dapat memasukan meta deskripsi agar menambah ketertarikan pengguna untuk mengunjungi situs anda.

Bagaimana judul dan meta deskripsi yang menarik?
Judul yang menarik biasanya mengandung beberapa hal berikut:
  • Mengandung angka atau Data, misal 7 Faktor SEO paling berpengaruh
  • Menggunakan Kosa Kata Populer, misal Cara, Tips, Trik, Alasan, Fakta, Rahasia, Strategi dan sebagainya
  • Judul dapat dibaca kurang dari 3 Detik, maksimal 60 karakter
Apa itu Meta deskripsi?
Perhatikan tulisan abu-abu pada gambar diatas. Itu merupakan meta deskripsi. Meta deskripsi yang menarik dapat menarik perhatian pengguna untuk mengunjungi website anda.

6. Kesehatan Situs yang Baik
Hal ini akan berhubungan langsung dengan google bot. Mesin yang akan mengcrawl situs anda dan menampilkanya di pencarian.
Jika kesehatan situs anda buruk, maka anda akan mendapat cap buruk dari google. Jika sudah begini maka anda akan kesulitan membuat situs anda muncul di pageone walaupun membuat konten sebanyak apapun.
Apa yang harus diperhatikan?
  • Internal dan Eksternal Link
  • Optimasi Gambar beserta ALT IMG nya
  • Optimasi Template (Kecepatan, Keterbacaan, Keindahan, Responsifitas, Struktur)
  • Moderasi Komentar SPAM
  • Pindai Virus atau Malware
  • SPAM Score dan Plagiarism Score
Untuk membantu anda memantau kesehatan situs, anda dapat menggunakan tools yang disediakan google yaitu Search Console.

7. Struktur artikel dan Link Referensi yang Terpercaya
Artikel yang baik terdiri dari struktur yang rapi.
Pada umumnya, artikel akan terdiri dari :
  • Judul
  • Pembukaan / Perkenalan
  • Pengertian atau Arti kata kunci yang sedang dibahas
  • Isi
  • Penutup
Semua itu akan terbagi jadi beberapa format heading, mulai dari H1, H2, H3, H4, H5 dan seterusnya.
  • Misal H1 untuk judul website
  • H2 untuk Judul Artikel
  • H3 untuk sub judul
  • dan seterusnya
Terus Apa itu Link Referensi?
Link referensi merupakan link sumber yang dapat menambah kepercayaan artikel yang anda tulis. Misal anda mengutip pengertian dari wikipedia, maka anda dapat menambahkan link sumber menuju wikipedia sebagai bukti.
Ini dapat menambah site authority di mata pengguna maupun google.

Apa Backlink masih Berpengaruh?
Jawabanya YA, namun bukan backlink hasil SPAM atau BELI!
Backlink yang dimaksud yaitu backlink alami yang barikan oleh situs lain, misal anda menulis tentang SEO modern, kemudian situs lain mengutip artikel anda dan menambahkan backlink ke situs anda.

Inilah backlink yang berpengaruh karena relevan dan alami.
Jika anda SPAM backlink, maka anda akan masuk ke jaringan link yang tidak relevan yang menyebabkan situs anda malah buruk dimata mesin pencari.

Kesimpulan
Sebenarnya, inti dari SEO Modern yaitu bagaimana kita menyajikan konten yang berguna dan mampu menjawab pertanyaan pengguna di mesin pencari.

Kita harus mampu memberikan experience terbaik bagi pengunjung atau visitor web atau blog yang kita miliki. Ini akan menjadi rank faktor tersendiri karena google sudah menerapkan algoritma kecerdasan buatan yang mampu mengenali feedback pengguna.
Semakin baik pengalaman pengguna maka akan semakin besar artikel anda tampil dan bertahan di google paling atas.

Sumber:

Faktor yang Menentukan Kecepatan Blog

Page Speed merupakan salah satu faktor yang sangat penting dalam sebuah Website atau Blog. Jika blog memiliki loading yang lambat, maka user kemungkinan akan kabur dan berpindah ke blog lain yang lebih cepat.
Maka dari itu, semua webmaster dituntut untuk mampu meningkatkan kecepatan website agar membuat user nyaman dan memaksimalkan Search Engine Optimization (SEO).

Ternyata, banyak sekali keuntungan yang di dapat jika website kita fast loading dan ringan. Antara lain
  • Kelebihan memiliki Website Cepat
  • Membuat user nyaman dan betah
  • SEO lebih maksimal karena page speed merupakan salah satu rank indicator yang digunakan google
  • Pageview berpotensi meningkat
  • Selangkah lebih unggul dari kompetitor yang memiliki website lambat
  • CTR berpotensi meningkat karena iklan dimuat lebih cepat
  • Penghasilan Adsense berpotensi meningkat
  • Mengurangi bandwidth data sehingga lebih hemat kuota
Dari manfaat diatas, dapat disimpulkan bahwa memiliki blog atau website yang cepat sangatlah menguntungkan. Maka dari itu, kita harus mengetahui apa saja sih faktor yang menentukan kecepatan website.

Faktor Penentu Kecepatan Blog
1. Hosting
Hosting merupakan tempat dimana kita menyimpan data website atau blog secara online pada sebuah server. Biasanya jika kita membuat website, maka kita harus memiliki hosting terlebih dahulu.
Berbeda dengan blog berbasis flatform blogger atau wordpress.com, kita tidak memerlukan hosting karena sudah disediakan oleh masing-masing flatform. Namun, berbeda dengan wordpress.org (self hosted), kita harus membeli hosting sendiri agar website bisa online.

Nah, faktor yang paling mempengaruhi kecepatan sebuah blog yaitu hosting yang digunakan. Semakin baik teknologi maka semakin cepat data dapat di akses.

Maka dari itu, carilah penyedia hosting yang cepat dan handal. Perhatikan teknologi yang digunakan, untuk standar saat ini hosting yang cepat harus memiliki teknologi cloud, penyimpanan SSD, bandwidth unlimited serta fitur akselerator yang lengkap.

2. Lokasi Server
Selain kecepatan hosting, lokasi server juga menentukan kecepatan sebuah blog.
Analogi sederhananya,
Jika kita menyimpan data blog di hosting yang memiliki server di singapura, maka blog akan lebih cepat di akses via negara terdekat, misal indonesia.

Berbeda jika kita menyimpan blog di server US atau UK, jika kita mengaksesnya di indonesia maka akan memiliki speed yang lebih lambat jika dibandingkan server yang terletak di singapura.
Jadi, sebelum memilih hosting, maka tentukan dahulu target visitor yang ingin anda tuju. Jika anda memiliki blog indonesia, maka saya sarankan membeli hosting dengan server Indonesia atau paling jauh di singapura.

Namun, jika anda ingin menarget user seluruh dunia, anda dapat memanfaatkan fitur CDN (Content Delivery Network). Teknologi ini memungkinkan data kita di sebar ke seluruh server di dunia.
Biasanya penyedia hosting saat ini menyediakan fitur CDN dengan biaya tambahan yang murah bahkan ada yang gratis.

3. Template atau Theme Website
Faktor ke tiga yang menentukan loading blog yaitu template. Jika anda menggunakan template yang ringan maka loading akan sangat cepat.
Berbeda jika kita menggunakan tema yang menggunakan banyak element yang tidak dibutuhkan misalnya script jquery berlebih, javascript, dan file lainya yang dapat memperlambat loading blog.

Maka dari itu, carilah template blog yang benar-benar cepat, dibangun dengan teknologi pemrograman terbaru, sedikit menggunakan framework serta ukuranya kecil.
Biasanya, penjual template blog yang terpercaya akan mencantumkan hasil test loading di halaman penjualanya. Anda jangan mudah terkecoh sebelum mencoba dan mengetest nya sendiri secara langsung.

4. Konten
Mungkin hal ini sudah anda ketahui, bahwa semakin banyak konten yang dimuat maka semakin lambat loading sebuah website.
Selain itu, jenis konten juga mempengaruhi loading, konten berbentuk gambar atau video akan sangat memperberat loading dan bandwidth. Apalagi jika konten berbentuk animasi flash.

Maka dari itu, blog portofolio yang berisi banyak gambar akan lebih lambat dimuat dibanding blog yang berisi artikel text saja.
Maka dari itu, buatlah konten se efisien mungkin, jika ada gambar yang tidak telalu dibutuhkan sebaiknya di hindari.

5. Optimasi
Dalam dunia blog, dikenal istilah Optimasi. Optimasi tersebut meliputi Optimasi Website, optimasi SEO (Onpage & Offpage), serta Optimasi Konten.
Nah, di dalam optimasi tersebut ada banyak sekali hal yang dapat mempercepat loading blog, misalnya seperti Compress Image (memperkecil ukuran gambar), Compress Html, Javascript dan Database, Caching, dan sebagainya.

Semakin maksimal optimasi yang dilakukan maka semakin cepat loading sebuah website atau blog. Maka dari itu, ketika anda membangun sebuah blog maka jangan lupa untuk melakukan optimasi semaksimal mungkin.

6. Iklan, Widget dan Tracking Code
Sebelum blog ini dipasang iklan, widget dan traching code, loading nya sangat cepat. dibawah 1 detik. Namun, dengan memasang iklan maka speed akan berkurang, berbanding lurus dengan jumlah iklan yang dipasang.

Selain itu, tracking code seperti Google Analystic, Histat, Facebook Pixel juga dapat memperberat loading blog.
Maka dari itu, pertimbangkanlah semua itu, jika ingin user experience maksimal, maka kurangilah hal-hal diatas, namun jika ingin penghasilan maksimal maka maksimalkan potensi slot iklan yang ada.
Itu tergantung keputusan anda.

7. Akses Internet Pengguna
Secepat apapun loading blog anda, jika akses internet pengguna nya lambat maka loading blog akan sangat lama. Maka dari itu, pastikan anda tepat dalam menyasar target pembaca.
Rata-rata pengguna internet indonesia masih menggunakan koneksi yang lambat, maka dari itu, maksimalkan lah website untuk kecepatan.

Usahakan agar blog anda dapat di akses menggunakan koneksi 2G sekalipun. Biasanya, para blogger mengetest menggunakan mode 2G /3G pada smartphone untuk mengetahui apakah website mereka cepat atau tidak.
Jangan mentang-mentang anda menggukan koneksi yang cepat, jadi anda membuat website tanpa melakukan riset di perangkat yang lambat.

Cara Cek Kecepatan Website
Untuk test kecepatan website atau blog, ada beberapa tools online yang bisa digunakan. Berikut adalah beberapa website yang biasa digunakan oleh para webmaster untuk mengetahui kecepatan sebuah website :
  • Google Page Speed Insight
  • Google Mobile Site Speed
  • GTMetrix
  • Pingdom Speed Test
Kesimpulan
Kecepatan blog tidak dapat ditentukan dari satu faktor saja. Kita harus mampu mengoptimasi semua faktor agar blog kita memiliki page speed yang maksimal. Untuk mencapai titik itu, kita harus banyak melakukan eksperiment, trial and error, serta menguji mana yang terbaik.

Sumber:

Cara Agar Artikel Blog Muncul Di Google Paling Atas

Ketika seorang Blogger selesai menulis Artikel Postingan, Pasti salah satu hal yang utama mereka lakukan adalah Mengupayakan bagaimana Artikel tersebut dibaca, dikenali, diindex dan tampil di halaman Pertama Pencarian Google atau Search Engine lain seperti Bing, Yahoo atau Yandex.

Kegiatan diatas dinamakan dengan SEO. Pengertian SEO sendiri yaitu singkatan dari Search Engine Optimization yang berarti Suatu rangkaian upaya yang dilakukan oleh seorang blogger atau webmaster yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas sebuah halaman web atau blog agar memiliki Visibilitas atau Keterlihatan yang baik dan berdaya saing tinggi di mata mesin pencari.

Sebenarnya, Artikel atau Konten sebuah website akan terindex atau muncul di search engine secara otomatis seiring dengan waktu. Tentunya anda harus mensubmit terlebih dahulu sitemap ke semua search engine yang ingin anda targetkan.

Dengan mensubmit sitemap, Judul Postingan akan muncul di hasil pencarian dengan cepat karena Search Engine akan mengcrawl seluruh isi dari artikel postingan yang baru kita terbitkan secara otomatis.

Nah, untuk lebih lengkapnya pada artikel ini penulis akan menguraikan semua rahasia jitu berdasarkan pengalaman penulis dalam bidang SEO yang bertujuan agar Judul Postingan Blog anda muncul di urutan pertama dan paling atas di halaman pencarian search engine ternama yaitu Google, Bing, Yahoo dan Yandex.

“Jangan malas Membaca, Baca dan Pahami seluruh artikel ini agar trik ini berhasil”
1. Riset dan Tentukan Judul, Tema dan Topik yang Pas dan Tepat
Hal utama yang harus diperhatikan adalah pemilihan judul artikel. Untuk blogger pemula yang memiliki blog atau website yang umurnya baru atau masih muda, Sebaiknya anda memilih Keyword atau Kata kunci yang berdaya saing rendah namun banyak dicari dan berbobot.

Caranya cukup mudah, anda tinggal ketikan Judul Artikel yang anda inginkan di google dan Lihat hasilnya, Jika hasil penelusuran tidak menampilkan apa yang anda ketik, Maka judul tersebut berpotensi untuk menjadi No.1 di Google.

Contohnya saya ketik di Google “Logo Sekolah SMA 1 Baleendah” atau “Cara Membuat Mouse Terbang”, Jika hasil penulusan yang anda inginkan tidak muncul, maka Judul Tersebut Cocok untuk dijadikan Judul Artikel agar blog anda muncul di halaman pertama google.

Jika artikel anda berhasil menjadi yang pertama di google, itu sangat berguna untuk kedepanya agar rating blog anda meningkat di mata search engine. Dan Setelah rating meningkat maka PV (Page Views) pun akan meningkat. Dengan meningkatnya Tampilan Halaman maka Rank Blog agan di Alexa pun akan terus meningkat, Semakin kecil angka rank alexa maka semakin bagus kualitas sebuah website atau blog.

Jika ranking blog anda sudah tinggi maka Apapun yang anda tulis akan mudah untuk tampil di page pertama google karena google telah mempercayai situs anda. Itulah alasanya mengapa blog atau web besar selalu berada di paling atas hasil pencarian. Untuk mempermudah anda dalam mencari keyword yang lagi hangat, trend dan banyak dicari orang, anda dapat menggunakan tool gratis dari Google Adwords yaitu Google Keyword Planner.

2. Buat Artikel yang lengkap dan Panjang
Hal yang kedua yaitu mengenai isi content. Buatlah Artikel anda sepanjang dan selengkap mungkin (Minimal 400-500 Kata), Namun jangan berlebihan dalam memasukan keyword dan hindari kata yang berulang ulang.
Beberapa webmaster dan google pun sepakat mengatakan bahwa “Content is King”. Jika artikel anda bermanfaat dan berguna kemungkinan pembaca akan senang berlama-lama membaca di blog yang anda miliki.

Itu berefek langsung pada Durasi Sesi Penayangan Artikel. Semakin lama Durasi Sesi maka semakin berpotensi artikel blog agan untuk muncul di google paling atas. Usahakan juga agar si pengunjung tetap berada di blog anda setelah membaca artikel yang mereka cari. Caranya yaitu buatlah “Artikel terkait” atau “Related Post” di tengah atau setelah Artikel. Hal ini bertujuan agar pengunjung tertarik untuk membaca artikel lain dan Mengurangi Bounce Rate.

Bounce Rate yang baik yaitu diantara 50% Kebawah. Semakin kecil maka semakin baik. “Bounce rate adalah persentase pengunjung yang meninggalkan website atau blog setelah hanya membuka satu konten atau artikel saja.” Agar artikel anda bertahan di google, Usahakan isi konten lengkap. Jadi Semua isi artikel blog lain yang tampil di halaman pertama google harus ada di dalam artikel yang anda buat.

3. Daftar Ke semua tool search console Webmaster
Hal Ketiga yang lumayan penting yaitu daftar Google Webmaster, Bing Webmaster dan Yandex Webmaster, Hal ini bertujuan agar blog atau website anda dibaca dan dikenali secara otomatis. Dengan Webmaster tool, anda dapat mengoptimalkan situs yang anda miliki.

Hal yang wajib anda lakukan yaitu mensubmit sitemap dan melakukan hal yang diperintahkan tool tersebut. Jika Semua saran dan perintah webmaster tool dilakukan dan diperbaiki maka situs website atau blog anda akan semakin optimal di mata mesin pencari. Khusus untuk Google webmaster, anda dapat melakukan fetch as google, caranya yaitu…
  • Buat akun Google Webmaster Tool
  • Daftarkan situs anda dan konfirmasi
  • Masuk ke tab sebelah kiri dan klik Crawl dan Pilih Fetch as Google
  • Biarkan form kosong
  • Kemudian pilih desktop dan klik Fetch dan Fetch and Render
4. Submit Url ke Mesin Pencari setelah selesai mempublish Artikel (Paling Penting!)
Dan hal keempat yang paling penting dan wajib yaitu mensubmit url ke robot mesin pencari. Hal ini bertujuan agar judul dan isi konten terbaca, mudah ditemukan dan tampil secara cepat di halaman pencarian ketika pengguna mengetikan keyword yang relevan dengan judul artikel yang anda buat.

Jika hal ini terlewatkan maka jangan harap postingan blog atau website anda akan dikenali, dindex dan tampil dengan segara. Untuk memasukan blog ke search engine, berikut adalah caranya…

#Untuk memasukan url ke GOOGLE
Untuk Memasukan ke Google, Anda masuk ke alamat URL Search Console https://www.google.com/webmasters/tools/submit-url
Kemudian Login dengan akun gmail anda
Lalu Masukan url artikel anda di form isian url,
Terakhir isi CAPTCHA dan klik Submit Request

Lakukan langkah diatas setiap anda membuat artikel baru.
#UPDATE
Untuk saat ini google sudah update algoritma, submit url ke google sudah tidak diperlukan lagi. Sekarang hanya cukup mendaftarkan blog ke google webmaster (seperti cara ke 3, kemudian tambahkan sitemap (peta situs). Misal https://www.septian.web.id/sitemap.xml
Caranya login ke webmaster > klik tab sitemap (peta situs) > tambahkan peta situs (sitemap).

#Untuk memasukan url ke Bing dan Yahoo
Jika mengirim url ke Bing dan Yahoo, kita hanya perlu mensubmit url artikel kita ke “Submit to Bing”. Kenapa bisa begitu? Karena Microsoft selaku pemilik bing telah bekerjasama dengan Yahoo Search. Jadi ketika mensubmit ke satu situs saja yaitu Bing, maka artikel akan secara otomatis ikut tampil juga di Yahoo Search. Berikut Caranya…

Masuk ke “Submit Your Site to Bing” http://www.bing.com/toolbox/submit-site-url
Kemudian login dan gunakan akun microsoft
Masukan Url artikel anda
Isi CAPTCHA dan klik Submit

#Untuk memasukan url ke Yandex
Buat akun yandex
Masuk ke https://webmaster.yandex.com/site/dashboard/
Tambahkan situs anda dan konfirmasi, ikuti sesuai instruksi
Kemudian tambahkan sitemap anda di Index Setting > Sitemap files
Masukan links sitemap anda dengan format seperti contoh berikut “https://www.septian.web.id/sitemap.xml” ganti “www.septian.web.id” dengan url blog anda
Selesai

5. Share artikel ke Sosial Media (Google+, Facebook, Twitter dan Lainnya)
Hal terakhir yang tidak kalah penting yaitu Sharing. Setelah kita mempublikasikan Artikel baru, Bagikanlah artikel anda ke sosial media untuk mencari visitor pertama. Semakin banyak orang yang terjangkau maka semakin bertambah juga peluang artikel anda muncul di halaman pertama google.
Cara ini sangat efektif dan telah saya buktikan sendiri, Apalagi jika visitor dan page view banyak dan banyak orang yang berkomentar. Hal ini sangat berguna untuk menambah nilai kualitas di mata mesin pencari. Jika artikel sudah masuk Google, Visitor organik pun akan muncul seiring dengan waktu.

Semakin lama dan semakin banyak artikel dibaca maka peringkat postingan anda pun akan terus naik di Google maupun Search Engine lain. Akan tetapi, Hal ini sangat tidak direkomendasikan bagi blog atau web yang memasang iklan dan bekerja sama dengan Google Adsense, Visitor dari Sosial Media dapat menyebabkan CPC turun dan Invalid Click. Cara kelima ini hanya cocok bagi blog baru yang sedang mencoba mencari ranking dan peringkat.

Nah, Perlu di ingat bahwa meningkatkan ranking blog atau website itu butuh proses, tidak dapat secara instan. Anda harus konsisten, sabar dan pantang menyerah. Seiring dengan waktu, jika anda rajin update blog yang anda miliki maka visitor pun akan mengikuti dan akan terus bertamah. Sebagai tambahan, Berikut adalah faktor dan tips lain untuk meningkatkan peringkat blog di google :
  • Posting Artikel Original buatan sendiri dan Jangan Copy Paste karena dapat memperburuk citra dan ranking Blog di mata Google dan Search Engine Lain. Jika sekali saja anda Copas maka kedepanya Blog/Web anda akan sulit untuk bersaing di halaman pencarian yang akan berakibat blog tidak muncul di google.
  • Rajin Posting minimal 1 minggu sekali dan harus konsisten serta berkepanjangan.
  • Gunakan Template SEO yang ringan, sederhana dan cepat. Jika bisa gunakan Template Premium.
  • Optimalisasi SEO Secara berkepanjangan. Anda dapat menggali informasi dan ilmu lebih lanjut tentang SEO dasar, Banyak sekali Blog khusus tentang SEO. Anda dapat searching di google atau Membeli buku khusus tentang SEO.
  • Gunakan Domain Berbayar sesuai Topik Blog.
  • Rajinlah mengunjungi dan berkomentar di blog orang lain, Siapa tau anda mendapat backlink dan kunjungan balik yang berguna untuk meningkatkan SEO.
  • Jadikan blog berkesan bagi pembaca agar kedepanya mereka menjadi pembaca setia blog anda. Branding Blog sangat penting supaya blog anda semakin dikenal banyak orang.
  • Konsisten di Topik dan Passion yang anda sukai agar blog tertuju ke kategori yang tertarget. Jika membuat blog teknologi, buatlah artikel teknologi selalu, jangan membuat artikel lain seperti kesehatan atau asuransi atau sebaliknya.
Sumber:

7 Cara Mengatasi Visitor Blog Menurun

Visitor merupakan jantung dari sebuah blog. Tanpa adanya visitor, konten yang kita buat akan menjadi sia-sia. Selain itu, jika kita memasang iklan, maka kita tidak akan mendapatkan penghasilan yang maksimal.
Maka dari itu, para pemilik blog biasanya melakukan beberapa usaha agar visitor blog meningkat. Mulai dari SEO, Beriklan, Guest Post, Blogwalking hingga hal lainnya agar visitor blog tidak turun.

Mengatasi Pengunjung Blog Menurun
Mencari pengunjung blog sebenarnya gampang-gampang susah. Kadang kala di waktu tertentu blog kita sangat ramai pengunjung. Namun di sisi lain, kadang blog kita juga mengalami penurunan pengunjung.

Sejak tahun 2012, saya telah mengalami banyak mengalaman saat mengelola beberapa blog. Nah, saat visitor turun, berikut adalah hal-hal yang saya lakukan…

1. Konsisten membuat konten
Salah satu kunci kenapa saya dapat bertahan di dunia blog selama hampir 8 tahun yaitu fokus dalam membuat konten. Walaupun blog visitor blog saya kadang turun atau bahkan menghilang, saya tetap membuat postingan-postingan baru yang relevan dengan niche blog yang dikelola.

Kenapa begitu?
Karena, artikel blog yang berhasil menguasi halaman pertama google, lama kelamaan akan tergeser. Maka dari itu, kita harus berusaha selalu membuat artikel lain agar suatu saat artikel yang tenggelam tersebut bisa terganti oleh artikel baru yang kita buat.

Mindset yang saya tanamkan pada diri saya yaitu “Fokus membuat konten berkualitas, lupakan uang atau page one”.
Karena saya percaya, dari 10 artikel yang kita buat, pasti akan ada 1 atau 2 artikel yang masuk ke halaman pertama. Itu dinamakan dengan hukum paretto.

Jadi, ketika saya menulis, saya tidak memiliki beban harus ini atau itu. Enjoy saja, karena jika sudah jalanya, visitor akan datang dengan sendirinya.

2. Mengikuti dan menerapkan Trend SEO terbaru
Hal kedua yang penting dilakukan yaitu jangan lelah untuk belajar. Walaupun penghasilan blog anda sudah menembus belasan atau puluhan juta, sebaiknya anda jangan merasa cukup akan ilmu yang sudah didapatkan.
Nyatanya, setiap tahun trend SEO akan terus berubah. Ilmu Search Engine Optimization akan selalu mengikuti algoritma terbaru yang diterapkan oleh masing-masing search engine, terutama Google Search.

Buktinya, ilmu SEO tahun 2012 tidak akan berlaku di tahun sekarang. Semua itu sudah mengalami perubahan. Jadi, agar anda bertahan dalam dunia blog, anda jangan pernah lelah mengikuti trend SEO.
Jika anda ketinggalan trend SEO, maka serajin apapun anda, usaha anda selama ini akan sia-sia. Jadi jangan hanya kerja keras, namun kerja cerdas!

3. Memperbaiki kerusakan blog
Kerusakan blog akan selalu ada, mulai dari hosting yang bermasalah, template blog yang rusak, broken link yang bertambah hingga hal-hal lainnya.
Anda harus tetap memonitor kesehatan blog, karena ini juga berpengaruh terhadap SEO.
Jika anda menggunakan wordpress, perhatikan juga virus dan malware, bisa saja setiap saat blog anda terserang oleh malware yang mengakibatkan blog anda di suspend oleh provider.

4. Memperbaharui artikel lama
Jika anda membuat artikel trending yang hanya berlaku untuk waktu tertentu, sebaiknya anda memperbaharui artikel tersebut secara berkala.

Kenapa?
Karena biasanya artikel seperti ini akan mudah tergeser dengan artikel blog lain yang lebih baru. Maka dari itu luangkan waktu anda untuk memperbaharui artikel lama.
Salah satu cara agar artikel anda bertahan lama di google, yaitu membuat konten evergreen yang tak lekang oleh waktu.

5. Membangun backlink berkualitas
Walaupun backlink tidak se powerfull zaman dulu, nyatanya backlink masih menjadi salah satu indikator SEO. Maka dari itu, anda dapat dengan rutin membangun backlink, seperti melakukan guest post, memasang iklan content placement, atau rutin membuat konten berkualitas.
Namun, hindari melakukan spam backlink, seperti meninggalkan link aktif di blog yang tidak relevan, membeli backlink instan atau menggunakan website backlink generator.
Hal itu hanya akan memperburuk reputasi blog bahkan bisa-bisa blog anda terkena penalti google.

6. Membangun Komunitas
Komunitas merupakan salah satu media untuk menjaring visitor blog. Anda dapat membuat fanspage di facebook, membuat grup atau forum hingga beriklan di sosial media.
Jika anda sudah memiliki banyak member, maka jika anda membuat sebuah konten, anda dapat membagikanya kepada mereka.
Caranya bisa dengan membuat postingan share atau broadcast melalui email.

7. Mengganti Template dan Flatform Blog
Jika anda sudah melalukan semua teknik SEO dan membuat konten berkualitas, namun visitor tidak kunjung naik, mungkin ada yang salah dengan template blog anda.
Dulu, blog ini di host di flatform blogger, visitor ada hingga mampu menembus 400K visitor perbulan. Namun, setelah beberapa tahun, visitor turun secara drastis.

Saya pun mencoba migrasi ke wordpress dan mengganti template blog. Ajaibnya, visitor saya naik 2x lipat hingga mampu bertahan hingga sekarang.
Nah, mungkin cara ini dapat anda praktekan sendiri, namun tidak ada jaminan bahwa mengganti template dan flatform blog dapat meningkatkan visitor secara instan.

Sumber:

Cara Agar Artikel Website Terindex Google Dengan Cepat Tanpa Backlink

Proses Sebelum Cara Agar Artikel Website Terindex Google Dengan Cepat Tanpa Backlink
Kami berikan kepada Anda proses-proses ini dalam bentuk ceklist pertanyaan, sehingga Anda bisa mengevaluasi proses yang Anda jalankan sudah sesuai atau belum.

Berikut daftar pertanyaannya:
Apakah Anda sudah mempunyai akun di Google Webmaster dan website Anda sudah terkoneksi dengan akun tersebut di Search Console?
Jika belum silakan daftar dulu di sini => https://www.google.com/webmasters/ .
Namun jika sudah, silakan lanjut ke pertanyaan ke dua.
Apakah Anda sudah mengirimkan sitemap ke Google Search Console?
Jika belum silakan buat sitemap website Anda lalu kirimkan melalui url berikut ini => https://www.google.com/webmasters/tools/sitemap-list lalu klik tombol TAMBAHKAN/ UJI PETA SITUS.
Jika Anda sudah mengirimkan sitemap silakan lanjut ke pertanyaan ke tiga.
Apakah Anda sudah melakukan riset persaingan kata kunci dan kompetitor? 
Untuk melakukan riset ini caranya sangat mudah.
Yang pertama silakan install addon yang bernama SEOquake yang bisa Anda download di https://www.seoquake.com/index.html .
Setelah add on tersebut aktif, berikutnya ketikkan kata kunci yang Anda inginkan di Google lalu perhatikan website yang berada pada ranking 1-10.
Hitung berapa banyak website yang punya Alexa Rank lebih dari 1 juta. 
Setelah Anda dapat angka nya, lalu hitung juga berapa jumlah hasil pencariannya.
Parameternya seperti ini :
Kalau website di peringkat 1-10 yang Alexa Rank nya lebih dari 1 juta jumlahnya minimal 3 dan jumah hasil pencariannya kurang dari 500 ribu maka artikel website Anda bisa dengan cepat terindex Google. Kuncinya ada di sini.

Untuk lebih jelasnya silakan Anda buat tabel seperti di bawah ini.


Yang berwarna hijau itu adalah judul artikel yang terindex Google dan muncul di halaman pertama Google dengan cepat.
Sedangkan yang berwarna merah terindex Google namun untuk muncul di halaman pertama butuh waktu yang agak lama.
Kalau Anda belum menghitung seperti itu silakan Anda hitung dulu. Kalau sudah silakan lanjut ke pertanyaan ke empat.
Apakah artikel website Anda mempunyai jumlah kata minimal 300 kata? 
JIka belum ada 300 kata silakan edit lagi artkikel website Anda dan tambahkan kata sampai lebih dari 300 kata. Makin banyak jumlah kata makin cepat artikel website Anda terindex.
Jika artikel website Anda lebih dari 300 kata silakan lanjut ke pertanyaan ke lima.
Apakah skor SEO Anda lebih dari 80?
Untuk mengukur skor SEO dari website Anda silakan menuju ke website https://neilpatel.com/seo-analyzer/ .
Jika skor artikel website Anda kurang dari 80 maka benahi dulu artikel Anda sampai minimal 80. Di sana sudah ada saran perbaikan mana saja yang perlu Anda perbaiki.
Jika sudah lebih dari 80 maka tibalah saatnya untuk mempraktekkan cara agar artikel website terindex google ini.

Cara Agar Artikel Website Terindex Google Dengan Cepat Tanpa Backlink
Sekarang tibalah saatnya untuk mengeksekusi cara agar artikel website terindex Google dengan cepat tanpa backlink. Caranya sangatlah mudah.
Anda hanya perlu ikuti beberapa langkah berikut ini :
Buka Google Search Console.
Masukkan URL yang ingin diindex pada bagian “Periksa semua URL di…“.



Tekan enter di keyboard. Lalu tunggu proses Mengambil data dari Indeks Google.


Pada halaman Inspeksi URL, klik link MINTA PENGINDEKSAN.


Tunggu proses Menguji apakah URL langsung dapat diindeks. Proses ini akan butuh waktu 1 atau 2 menit.


Setelah prosesnya selesai akan muncul popup Pengindeksan diminta. Klik OK untuk mengakhirinya.


Hasilnya, pada halaman Inspeksi URL, linknya sudah berubah, yang semula MINTA PENGINDEKSAN jadi MINTA LAGI. Ini berarti url atau halamannya sudah terindex.


Untuk mengeceknya silakan buka Google dan ketikkan “site:url-anda“. Sebagai contoh “site:https://kirim.email/mulai-dari-sini“.

Jika muncul hasil seperti pada gambar di bawah ini, itu artinya halaman atau konten Anda sudah terindex dengan sempurna.


Selesai.
Jika sudah terindex selanjutnya apa?

Banyak yang beranggapan kalau artikel website sudah terindex di Google prosesnya sudah selesai. Namun bagi kami itu belum selesai. Itu hanyalah awal dari proses panjang untuk menghasilkan traffic sendiri.

Jadi setelah terindex dan berada di halaman pertama Google artikel website Anda, konsekuensinya adalah website Anda kebanjiran traffic.
Banyak yang bangga akan hal ini, namun sebenarnya dalam kondisi seperti ini kita sedang dalam kondisi yang rugi.

Mengapa?
Karena traffic yang masuk dan keluar itu hanya lewat saja.
Berdasarkan pengamatan kami, setelah pengunjung tersebut mendapatkan apa yang dia cari, maka dia tidak akan pernah kembali lagi ke website yang sama.

Kecuali memang dia mengalami kendala yang sama di lain waktu dan karena konten-konten Anda memang bagus. 

Maka dari itu tidak mengherankan bila data pada Google Analytics menampilkan persentase jumlah pengunjung terbanyak adalah Unique Visitor.
Tentunya Anda tidak ingikan website Anda hanya untuk lewat saja?

Anda ingin agar orang-orang yang mengunjungi website Anda selalu mengunjungi website Anda berkali-kali kan?
Maka kami punya cara tepat dan efektif untuk Anda.
Caranya adalah dengan memberikan pengunjung website Anda sebuah penawaran yang menarik hanya dengan mengirimkan alamat email saja melalui form.

Penawaran ini namanya adalah lead magnet. Bentuknya bisa bermacam-macam mulai dari informasi update artikel website, ebook, video, tutorial, software gratis dan lain sebagainya.
Untuk menjalankan proses tukar menukar alamat email dengan lead magnet ini supaya otomatis Anda perlu menggunakan layanan email marketing.

Sumber: