Tutorial Social Network

Informasi Seputar Media Sosial

Tutorial Computer

Informasi Seputar Komputer

Tutorial Youtube

Informasi Seputar Youtube

Tutorial Blogger

Informasi Seputar Blogger

Tutorial Wordpress

Informasi Seputar Wordpress

Tutorial Website

Informasi Seputar Pemrograman Website

Tutorial Windows

Informasi Seputar Sistem Operasi Windows

Tutorial Linux

Informasi Seputar Sistem Operasi Linux

Tutorial Android

Informasi Seputar Android

Sunday, 11 October 2020

Cara Menjadi Web Developer

Web developer menjadi salah satu pekerjaan yang banyak dicari. Menariknya sektor web development (di mana web developer bekerja) merupakan salah satu bidang yang mempunyai lapangan kerja dengan penawaran tinggi. Tidak mengherankan jika sektor ini dilirik dan diminati oleh banyak orang.

Nah! Bagi Anda yang ingin belajar mengenai web development dan ingin mengetahui cara menjadi web developer, caranya cukup mudah. Namun sebelum mempelajari lebih lanjut, sebaiknya Anda mengetahui apa sih berbagai macam hal yang perlu dipelajari untuk menjadi web developer.

Apa Itu Web Developer?
Web developer merupakan pekerjaan programmer yang bertugas untuk membuat berbagai aplikasi dan website untuk klien dan perusahaan. Banyak perusahaan berlomba-lomba membuat website.
Ini menjadi peluang bagi orang yang ingin terjun di dunia web development. Semakin banyak perusahaan yang ingin membuat website semakin banyak pula kebutuhan seorang web developer.

Bagi Anda yang ingin menjadi web developer tentunya harus mempunyai tujuan yang jelas. Apakah Anda ingin menyelami karir sebagai senior developer, membuat jasa pembuatan website, atau hanya sekedar membuat toko online.
Langkah pertama cara menjadi web developer adalah menentukan tujuannya sehingga lebih jelas membuat keputusan tentang apa saja yang perlu dipelajari.

Apa Tugas Utama Web Developer?
Web development adalah proses pengembangan website secara umum. Mulai dari perancangan, pengembangan, pengetesan, sampai dengan rilis.
Tugas seorang web developer (seorang programmer di web development) masuk di antara proses ini. Jadi lingkup tugas seorang web developer sangatlah luas.

Web development bukan hanya berhubungan dengan coding saja melainkan juga berhubungan dengan pengembangan konten, penyusunan desain, pemilihan dan pengelolaan server hosting (web server), client/server side scripting, dan tentu saja konfigurasi keamanan jaringan.

Perbedaan Front End dan Back End Developer
Sekarang di dunia kerja ada tiga pilihan karir di web developer, yaitu Front-end Developer, Back-end Developer, dan Full-stack Developer.

Front End Developer
Front-end Developer merupakan orang yang mengurusi tampilan dari website. Jadi front-end memuat apa pun yang dilihat oleh user atau pengunjung website. Sebagai contoh, coba lihat tampilan blog Niagahoster berikut ini.
Seorang front-end developer mengurusi desain website secara keseluruhan. Mulai dari menu (development, design, marketing, company), tombol interaksi (menampilkan banner ebook gratis), dan gambar untuk meningkatkan pengalaman user saat membuka website.

Nama front-end sendiri dianggap sama dengan halaman muka sebuah toko yang menampilkan gambaran umum atau informasi sebelum orang mau masuk ke dalamnya.

Itulah mengapa seorang front-end dituntut untuk kreatif dan memiliki skill desain yang cukup –paling tidak tahu tentang desain. Seorang front-end juga memikirkan bagaimana alur sebuah website, bagaimana seorang pengunjung harus berinteraksi, proses navigasi, dan juga kenyamanan pengunjung selama berselancar di dalam website.

Nah untuk mengakomodasi kebutuhan tersebut, selain mengetahui mengenai desain, seorang front-end setidaknya harus menguasai beberapa bahasa pemrograman, seperti HTML, CSS, dan JavaScript.

1. Hypertext Markup Language (HTML)
Seorang pengembang website menggunakan HTML untuk menyusun dan membuat bagian paragraf, heading, link atau tautan, dan juga blockquote untuk halaman website.
HTML merupakan bahasa pemrograman yang sudah cukup lama digunakan untuk mengembangkan website. Bahasa ini merupakan poin utama yang harus diketahui oleh orang yang ingin terjun di dunia pemrograman.

Anda tidak perlu khawatir karena bahasa pemrograman ini terkenal mudah untuk dipelajari. Saat menggunakan HTML, Anda akan berhubungan dengan struktur kode sederhana seperti tag dan atribut untuk mark up halaman website. Contohnya ketika Anda membuat sebuah paragraf, cukup memasukkan sebuah teks di antara tag pembuka <p> dan penutup </p>.

2. Cascading Style Sheets (CSS)
CSS membantu Anda untuk membuat tampilan website yang modern dan menarik.
Fungsi utama dari CSS ini untuk memisah antara konten dengan tampilan visual di website. Anda bisa mengatur tampilan elemen website yang tertulis dalam bahasa mark up, seperti HTML. Nah, melalui CSS Anda bisa mengubah warna, posisi, dan ukuran elemen di dalam website dengan sangat mudah.
CSS pun juga dapat membuat fungsi-fungsi yang cukup kompleks seperti membuat dropdown menu. 

3. JavaScript
Anda tentunya ingin membuat website yang sempurna navigasi dan tampilannya, semua itu bisa Anda wujudkan menggunakan JavaScript. Memanfaatkan JavaScript, Anda bisa membuat berbagai fitur dari yang sederhana sampai dengan yang paling kompleks. Misalnya saja layout, galeri, tombol, carousel, dan lain sebagainya.

JavaScript juga mampu membuat berbagai animasi dua dimensi maupun tiga dimensi, bahkan aplikasi yang berhubungan dengan database jika Anda mau mengembangkannya.
Nah! Kelebihan JavaScript dibandingkan dengan bahasa pemrograman sejenisnya adalah banyaknya framework yang tersedia.

Back End Developer
Jika front-end berurusan dengan tampilan depan, back-end developer berurusan dengan penulisan kode yang tidak terlihat oleh pengunjung. Umumnya back-end developer berurusan dengan berbagai peningkatan dan perbaikan fungsi sistem, API, library, dan lain sebagainya.
Jadi seorang back-end bertugas untuk menghubungkan antara bagian depan dengan server atau fungsi-fungsi yang tidak dapat dilihat oleh pengunjung secara langsung.

Ada beberapa poin yang setidaknya dipelajari jika Anda ingin menjadi seorang back-end developer.
1. Structured Query Language (SQL)
Anda tahu database? Nah SQL ini berguna saat Anda ingin mengumpulkan berbagai informasi pengunjung. Saat pengunjung mendaftar atau mengisi form dan melakukan submit, SQL bertugas untuk mengeksekusi sebuah perintah untuk mengambil data tersebut disimpan ke dalam database.
Jadi Anda dapat menyimpan informasi seperti username, password, nama, dokumen, dan lain sebagainya menggunakan SQL.

SQL juga bisa Anda manfaatkan untuk menampilkan informasi yang sebelumnya tersimpan di dalam database. Selain menyimpan dan menampilkan informasi di dalam database, SQL juga dapat menghapus dan menyunting informasi di dalam database.

Tentunya sangat banyak fungsi SQL di dalam berjalannya sebuah website. Ketika Anda membuat form sign up, login, form pendaftaran, pemesanan, dan lain sebagainya, itu semua tidak pernah lepas dari yang namanya SQL.

2. Hypertext Preprocessor (PHP)
Pasti pernah melihat form login atau sign-up kan ya? Nah! Berbagai form tersebut biasanya dibuat menggunakan bahasa pemrograman PHP. Tidak hanya sampai di situ, PHP juga dapat membuat tampilan website Anda menjadi lebih menarik, dinamis (menyesuaikan perangkat pengunjung), dan mempunyai fungsionalitas yang maksimal.

Apa bedanya dengan HTML? Website yang tersebut menggunakan HTML saja hasilnya masih statis (tidak responsif) sehingga tampilannya terkesan biasa saja dan monoton. Sedangkan ketika dikombinasikan dengan PHP, website dapat berjalan lebih maksimal dan tampilannya maupun navigasinya lebih menarik.

Selain itu, proses input dan output dengan database akan lebih mudah dilakukan jika menggunakan PHP daripada HTML. Bagaimana caranya? Anda bisa mengikuti artikel kami ‘Cara Membuat CRUD Dengan PHP Dan MySQL’ untuk mempelajari dasar-dasar dari penggunaan PHP dengan database.
Selengkapnya mengenai PHP dapat Anda baca di artikel ‘Pengertian PHP dan Fungsinya’.

Full Stack Developer
Seorang full stack developer adalah gabungan dari keduanya, harus mengurusi front-end sampai dengan back-end. Jadi Full Stack Developer dituntut tidak hanya mempunyai keahlian dalam mengembangkan bagian depan website saja melainkan juga di dalamnya.

Selain itu, seorang full stack developer setidaknya mempunyai pengetahuan tentang manajemen server, API, websocket, database, pemrograman, dan struktur website. Penting juga untuk memahami disiplin ilmu lain yang berhubungan dengan tampilan depan seperti user experience (UX) dan user interface (UI). Ingin coba?

Tools yang Wajib Dipelajari Para Web Developer
Nah berbicara mengenai tools, ada beberapa tools yang wajib Anda pelajari. Berbagai macam tools ini nantinya dapat Anda manfaatkan untuk mempermudah dan mempercepat proses pengembangan website.
1. Revision Control
Revision Control membantu Anda untuk mencatat perubahan yang terjadi selama proses pengembangan aplikasi web. Aplikasi ini akan mencatat segala perubahan pada source code. Jika ada anggota yang melakukan perubahan pengguna dalam satu tim akan menerima notifikasi. Ini akan sangat membantu apalagi jika proses pengembangan melibatkan sebuah tim.

Website Anda tentunya akan terus dikembangkan dan mengalami berbagai macam perubahan. Anda bisa saja mencatat perubahan ini secara manual, tapi itu tidak efisien.

Anda pun bisa menggunakan aplikasi semacam ini untuk pribadi karena Revision Control biasanya menyediakan backup. Jadi jika sewaktu-waktu terjadi masalah Anda bisa langsung kembali ke versi sebelumnya.
Untuk mempelajarinya, Anda dapat membaca artikel kami mengenai Git –salah satu Revision Control yang populer– di artikel Git Tutorial Dasar.

2. Linux
Anda bisa tetap menggunakan Windows jika sudah nyaman, tapi kami menyarankan sistem operasi Linux sebagai alat untuk belajar menjadi web developer.
Linux membuat Anda lebih peduli dengan penulisan dan terbiasa dengan script pemrograman. Selain itu proses instalasi aplikasi yang dilakukan menggunakan Terminal akan membuat Anda lebih perhatian dengan huruf besar dan kecil (case sensitive).

Tidak hanya itu, Linux juga dapat menjadi media pembelajaran permission pada folder maupun file. Permission akan sangat berguna apalagi jika berhubungan dengan folder yang ada di web server. Kesalahan mengatur permission dapat menyebabkan seluruh folder website Anda bisa diakses melalui internet. Tidak mau kan folder penting Anda bisa diakses sembarang orang di internet?.

3. Framework
Dengan bantuan Framework, Anda tidak perlu membuat aplikasi web dari awal (scratch) dengan menulis satu per satu baris kodenya.
Framework memiliki kumpulan library file yang mengandung beberapa fungsi dasar. Fungsi-fungsi ini dapat Anda manfaatkan untuk membuat pondasi website dengan mudah.

Contohnya saja ketika ingin membuat sebuah halaman web (page). Anda tidak perlu menuliskan ribuan baris kode untuk membuat halaman web. Anda cukup memanggil beberapa fungsi yang ada di framework. Hanya dengan beberapa baris saja Anda sudah bisa membuat halaman web secara utuh.

Ibarat ingin membangun sebuah rumah, framework merupakan segala peralatan pertukangan yang berguna untuk memudahkan proses pembangunan, seperti sekop, bor, cangkul, ember, dan lain sebagainya.

Bayangkan jika segala peralatan ini tidak ada. Anda harus membangun rumah hanya menggunakan tangan. Mengaduk semen menggunakan tangan, melubangi tembok hanya dengan tangan, dan mengangkat adukan semen hanya dengan tangan. Tentu saja akan membutuhkan tenaga ekstra dan membutuhkan waktu yang cukup lama.
Dari sekian banyak framework yang populer, ada beberapa framework yang sudah pernah kami bahas, di antaranya Laravel dan CodeIgniter.

4. CSS Framework
Tidak semua pengunjung menggunakan perangkat desktop untuk mengakses website. Ada juga pengunjung yang menggunakan perangkat mobile. Responsive layout merupakan teknologi yang bisa membuat tampilan di perangkat mobile tetap nyaman.

Responsive layout memungkinkan aplikasi web dapat menyesuaikan ukuran layar. Tampilan website Anda pun bisa lebih maksimal. Sebelum munculnya Responsive Layout mungkin di antara Anda sudah pernah melihat website yang jika ingin melihat teksnya harus zoom in, zoom out, atau drag. Nah! Responsive Layout hadir untuk menyelesaikan masalah itu dan membuat pengunjung lebih mudah dan nyaman menjelajah website.

Maka dari itu saat ini sangat penting untuk bisa membuat halaman web yang responsive. Salah satu tools yang dapat Anda pelajari untuk membuat responsive web adalah Bootstrap.
Nah! Bootstrap ini merupakan versi Advance dari CSS. Di dalam bootstrap sudah terdapat berbagai macam fungsi yang berisi kumpulan berbagai macam menu, tombol, icon, dan widget website modern. Anda bisa melihat artikel cara menggunakan Bootstrap untuk mempelajarinya.

5. Adobe Color dan Aplikasi Sejenisnya
Adobe Color membantu untuk menentukan kode warna yang dicari. Melalui aplikasi ini, Anda bisa membuat pengelolaan proses desain yang lebih baik. Ini tentu perlu Anda perhatikan juga saat belajar menjadi web developer,

Di dalam aplikasi ini terdapat fitur tool color wheel yang langsung memberikan HEX code pada warna tertentu. Nah kode-kode inilah yang Anda butuhkan dalam proses mendesain website, apalagi jika Anda ingin fokus ke bagian front-end. Inilah tools yang cukup membantu dan lengkap untuk membantu membuat website yang menarik dan enak dilihat.

Selain itu, ada berbagai macam tools lain yang Anda mungkin tertarik untuk melihatnya, seperti Unit Testing, Content Management System (CMS), dan Advance Javascript.

Penutup
Tidak ada yang mustahil untuk menjadi web developer. Bermodalkan pengetahuan yang cukup dan tujuan yang benar, Anda pun bisa menjadi seorang web developer yang sukses.
Apa pun jenis developer yang Anda pilih, semua ada pasarnya masing-masing. Jadi tidak perlu khawatir karena Anda bisa memilih menjadi front end developer, back end developer, atau full stack developer.

Sumber:
niagahoster.co.id

Cara Membuat Link Dofollow/No Follow di WordPress Anda

Pembahasan mengenai link nofollow dan dofollow memang sederhana, tapi tidak dapat dianggap remeh. Bahkan jika penempatan dan pengguna opsi link ini dapat dilakukan dengan benar, Anda bisa menaikan konten langsung ke dalam peringkat atas hasil pencarian Google.

Perbedaan Link Nofollow Link dan Dofollow Link
Nofollow merupakan sebuah atribut HTML yang bertugas untuk memberikan kode kepada Google dan mesin pencari lain untuk mengabaikan ‘nilai SEO’ ke tautan tertentu. Singkatnya, atribut HTML nofollow membuat Google tidak mengikuti link atau URL yang disematkan.

Link nofollow biasanya digunakan untuk link yang bersifat ‘jelek’. Misalnya domain yang mempunyai rate yang buruk atau link yang bisa menyebabkan spam seperti link yang berada di kolom komentar.

Sebaliknya, dofollow justru memberikan sinyal ke Google untuk mengikuti link tersebut. Tipe link dofollow sebenarnya sudah bersifat default alias sudah tidak perlu melakukan konfigurasi lagi. Secara otomatis Google akan mengikuti setiap link yang disematkan di sebuah artikel atau halaman web.

Biasanya link dofollow disematkan di dalam kata kunci yang ditargetkan. Hal ini untuk menguatkan nilai SEO dari suatu konten.
Secara manual Anda dapat melakukan pengecekan apakah link tersebut dofollow atau nofollow. Caranya dengan melihat pada baris kodenya.

Berikut ini contoh penulisan link dofollow:

<a href=”https://www.karsanusantara.com/”>Karsa Nusantara</a>

Link dofollow seperti ini biasanya juga untuk memberikan dukungan kepada domain lain sehingga bisa memberikan ‘power SEO’ yang lebih kuat. Hal ini tidak hanya menguntungkan pemberi link saja, tetapi juga pemilik domain yang mencantumkan link domain lain.

Nah bagaimana jika domain yang link-nya harus ada di halaman blog tetapi reputasinya jelek? Tentu saja Anda bisa menggunakan opsi nofollow. Berikut ini cara penulisan link nofollow:

<a href=”https://www.karsanusantara.com/” rel=”nofollow”>Karsa Nusantara</a>

Anda bisa melihat perbedaan antara kedua tipe link di atas. Secara default semua link merupakan dofollow. Untuk mengubah link dofollow menjadi link nofollow, Anda cukup menambahkan variabel ref=”nofollow”.

Variabel ref=”nofollow” berguna untuk menegaskan kepada Google Bot untuk tidak melakukan crawl atau pencatatan link yang dicantumkan. Namun jika pengunjung melakukan klik pada link tersebut tetap diarahkan ke situs yang menjadi tujuan.

Manfaat Dofollow dan Nofollow Link
Secara singkat ada beberapa manfaat mengkonfigurasikan antara dofollow dengan nofollow.

Link Dofollow
Ada beberapa kelebihan dofollow link jika diterapkan di website.
Link yang ada di dalam website bisa menjadi backlink.
Pagerank website akan naik karena pengunjung yang terus meningkat melalui peringkat search engine yang baik.

Sedangkan kekurangan dofollow link seperti.

Banyaknya komentar spam yang masuk ke dalam komentar atau komentar yang tidak sesuai dengan topik pembahasan.
Terlalu banyak link dapat menyebabkan Google menjatuhkan sanksi pada website Anda.

Link Nofollow
Meskipun jarang digunakan, nofollow dimanfaatkan untuk berbagai hal, seperti:

Menjaga kualitas SEO di dalam search engine.
Meminimalisir komentar spam.
Link menjadi lebih stabil dan Google akan dengan mudah mengikutinya.

Namun tentu saja ada kekurangan dari penggunaan opsi link ini, yaitu tidak memberikan pengaruh (nilai SEO) bagi link tujuan.

Secara umum, baik dofollow maupun nofollow mempunyai tempat masing-masing. Kebanyakan pengguna atau pengelola website biasanya menggunakan nofollow maupun do follow di dalam konten website mereka. Tujuannya tak lain untuk meningkatkan nilai SEO dan mempermudah navigasi pengunjung yang mengunjunginya maupun Google Bot yang melakukan crawling.

Cara Membuat Link Dofollow & Nofollow
Anda mungkin berpikir cara membuat link dofollow atau rel nofollow di WordPress rumit, tapi ternyata tidak.
Anda mungkin berpikir cara membuat link dofollow atau rel nofollow di WordPress rumit, tapi ternyata tidak.

Kami/saya akan menjelaskan cara membuat link dofollow dan nofollow dengan mudah, baik melalui editor WordPress maupun menggunakan plugin.

Menambahkan Dofollow
Ketika menambahkan link di konten, secara otomatis link tersebut adalah dofollow. Untuk membuat link dofollow ikuti panduan di bawah ini:

Pertama highlight words/teks yang ingin Anda beri link nofollow maupun link dofollow. Kemudian arahkan kursor ke atas Gutenberg block editor dan klik icon seperti gambar di bawah atau tekan CTRL+k.
Salin URL dan paste ke dalam box yang muncul.

Kemudian klik di dalam pengaturan link ( ⋮ ) dan kemudian klik ‘Open New Tab’ supaya ketika diklik akan membuka jendela baru.

Membuat Nofollow Menggunakan Editor WordPress
Menambahkan link nofollow mirip dengan dofollow, hanya saja ada beberapa langkah tambahan lain. Jadi ikuti terlebih dahulu tiga langkah membuat link dofollow kemudian ikuti langkah di bawah ini untuk mengganti nofollow menjadi dofollow.

Klik icon ( ⋮ ) di bagian atas block kemudian pilih ‘Edit as HTML’.

Anda kemudian dapat melihat di dalam kode HTML. Add variabel rel=’nofollow’ ke dalam baris link untuk membuatnya nofollow seperti baris kode di bawah ini.
<a href=”https://www.karsanusantara.com/” rel=”nofollow”>Karsa Nusantara</a>

Membuat Nofollow Menggunakan Plugin
Jika Anda sering memerlukan link nofollow, atau jika Anda membutuhkan secara otomatis atribut nofollow ke dalam beberapa tipe link (seperti komentar di blog), plugin Ultimate Nofollow merupakan plugin yang cocok untuk Anda coba. Plugin ini menyediakan kemudahan solusi untuk mengelola berbagai macam link nofollow di WordPress. Selain itu ada beberapa kelebihan dari plugin ini:
Menambahkan nofollow checkbox ke dalam tampilan reguler WordPress ‘insert link’.
Otomatis menerapkan nofollow seluruh link.
Memberikan Anda berbagai macam pilihan nofollow shortcodes.

Plugin sudah tersedia di dalam repositori WordPress sehingga Anda bisa langsung menginstalnya melalui “Dashboard » Plugin » Add New”.


Setelah Anda menginstallnya, Anda hanya tinggal menambahkan link seperti biasanya. Namun ketika Anda masuk ke bagian setting, Anda tidak perlu menambahkan manual menggunakan shortcode karena akan ada tampilan seperti di bawah ini.


Anda hanya tinggal klik ‘Add rel=”nofollow” ke dalam link. Perbedaan dengan cara sebelumnya adalah kemudahan di dalam menambahkan baris script rel nofollow tanpa harus mencari baris kodenya satu persatu.

Membuat Nofollow Link di Seluruh Komentar
Banyaknya komentar spam yang masuk ke dalam komentar atau komentar yang tidak sesuai dengan topik pembahasan tentu saja mengganggu. Jadi sebainya Anda mengatur link di kolom komentar menjadi nofollow. Jika Anda ingin mengatur secara otomatis nofollow ke seluruh link yang ada di blog komentar, akses “Setting » Nofollow” di dalam WordPress dashboard.

Kemudian centang di dalam box untuk menerapkan nofollow ke seluruh link yang ada di komentar. Kemudian klik “Save Changes” untuk menyimpannya.


Penutup
Membuat link dofollow dan rel nofollow memang sangat perlu. Apalagi jika Anda ingin memerangi spam yang sering kali merugikan website. Bahkan penggunaan dan penempatan link dofollow dan nofollow dengan tepat dapat meningkatkan kualitas SEO dari website tersebut.

Bagi Anda yang tidak ingin ribet untuk mengatur dofollow dan nofollow link, ada beberapa plugin di WordPress yang menyediakannya. Jadi Anda tinggal menginstallnya saja untuk menggunakannya.

Sumber:
niagahoster.co.id

Cara Mengubah Nama Akun/Channel Youtube

Kadang untuk satu dan lain hal, kita merasa perlu untuk mengubah nama akun atau channel Youtube yang kita miliki. Namun, mengubah nama akun (atau istilah pada Youtube adalah brand) tidak semudah mengubah nama akun di sosial media lain, semisal Facebook atau Twitter.
Setelah Youtube melakukan update, untuk mengubah nama akun ini makin sulit lagi. Jika dulunya sisa mengklik gambar gear (setting) yang ada di channel kita, saat ini letaknya makin tersembunyi. Entah karena ingin efesiensi atau karena aturan mengubah nama brand ini tidak seleluasa sosial media lain.

Youtube memang memberi aturan yang cukup ketat, untuk mengubah nama akun hanya bisa dilakukan tiga bulan setelah perubahan pertama terjadi. Berikut langkah-langkah yang harus ditempuh untuk mengubah nama akun Youtube.

Pertama-tama, masuk ke channel Youtube yang ingin Anda ubah. Lalu klik icon akun Anda di pojok kanan atas. Akan muncul gambar seperti berikut. Klik gir agar bisa masuk ke pengaturan.
 

Pada halaman setting, selanjutnya lihat dibagian Account Settings. Klik tulisan View or change your account settings.


Setelah jendela baru terbuka. Klik kembali gambar icon di sudut kanan atas. Lalu klik Manage Account.


Anda akan dibawa ke laman overview. Selanjutnya klik Edit Account Info


Pada bagian ini, Anda sisa mengklik icon pensil yang ada di bagian kanan.
 
Selanjutnya akan terbuka form untuk mengisi nama akun baru yang ingin Anda ganti. Setelah melakukan perubahan selanjutnya, klik OK. 
Hal terakhir yang harus dilakukan adalah mengklik Change Name dari popup yang muncul.

Dengan demikian, nama akun Youtube Anda sudah berubah. 
Setiap Youtubers punya alasan masing-masing mengubah brand Youtubenya. Dan setiap akun Youtube bisa memiliki kurang lebih 100 brand yang berisi video-video dengan segmen yang beda-beda.

Sumber:
blogooblok.com

Perbedaan Link Nofollow dan Dofollow

Google baru-baru ini mengeluarkan imbauan kepada seluruh blogger di dunia agar mengurangi pemberian link dofollow kepada situs-situs yang sedang direview.
Imbauan Google ini memang bersifat umum kepada blog-blog yang sering kali mendapat pesanan review. Jika memang harus terpaksa memberi link ke situs produk yang sedang di review, Google meminta agar memberikan link nofollow saja. Kecuali ada pembicaraan diawal bahwa link yang dimaksud harus dofollow.

Saran Google ini terasa penting, bukan hanya kepada blog yang sering mendapat tawaran review, tapi juga kepada blog yang sering membuat ulasan tentang produk atau aplikasi tertentu tanpa dibayar.

Link nofollow dan dofollow memang sangat penting dipahami, karena menyangkut pada SEO dan PageRank suatu blog. Blogooblok memcoba mengulas tema ini dengan runut agar mudah dimengerti dan semakin banyak blogger yang paham pentingnya link nofollow.

Pengertian Dofollow dan Nofollow
Kata dofollow berasal dari bahasa Inggris yang terdiri dari kata "do" dan "follow" yang artinya "mengikuti". Jika ada link yang tertaut di dalam postingan ke situs lain secara dofollow, artinya blog tersebut mengikuti link yang ditautkan.

Google Bot saat melakukan crawl (perayapan) kepada situs yang ditautkan tersebut. Google Bot akan mengindexnya sampai ke akar-akarnya.

Sedangkan kata nofollow terdiri dari dua suku kata yakni "no" dan "follow" yang artinya "tidak mengikuti". Jika link di dalam postingan dipasang secara nofollow, maka saat Google melakukan crawl, tidak akan di index sama sekali.

Perbedaan Link Dofollow dan Nofollow
Dari pengertiannya, sebenarnya sudah dijelaskan secara gamblang perbedaan kedua link ini. Namun, dalam struktur penulisan, keduanya sangat berbeda.

Link dofollow sebenarnya bersifat default. Yang artinya, setiap link dalam postingan akan otomatis dofollow jadi tidak perlu melakukan apa-apa kalau berniat membuat link dofollow.

Jika ingin memberikan link dofollow kepada orang lain, baiknya link tersebut ditautkan dalam teks yang mengandung kata kunci tertarget agar saat Google melakukan perayapan, kata kunci dan linknya langsung di index.

Contoh link dofollow:
<a href=”http://www.blogooblok.com/”>Blogooblok</a>

Kalau ingin memberi link kepada orang persorangan, baiknya menggunakan link dofollow karena akan saling menguntungkan. Jadi, kalau mau membuat backlink ke Blogooblok, buatlah dalam bentuk dofollow.

Sedangkan untuk membuat link nofollow sedikit berbeda dengan dofollow.

Contoh link nofollow:
<a href=”http://www.blogooblok.com/” rel=”nofollow”>Blogooblok</a>

Link ini menegaskan agar Google Bot tidak melakukan crawl kepada link yang bersangkutan. Tapi pengunjung yang melakukan klik link akan tetap diarahkan ke situs tujuan.

Untuk membuatnya di blogspot sangat mudah. Cukup seperti cara memasukkan link pada umumnya. Yang harus diperhatikan adalah mencentang tulisan add 'rel=nofollow' attribute yang ada di bagian akhir.
Link nofollow cocok diberikan kepada situs affiliate yang kita tautkan dalam postingan. Karena terlalu banyak membuat link keluar apalagi ke situs affiliate akan terbaca spam oleh Google, sehingga mengurangi posisi blog di mesin pencarian.

Penerapan link nofollow dan dofollow sebenarnya adalah ilmu SEO paling dasar, yang banyak tidak diterapkan para blogger. Jadi, jika harus memberi link kepada situs yang belum jelas kedudukannya, lebih baik dalam bentuk nofollow.

Manfaat dan Cara Membuat Rel=”Nofollow” Untuk Tautan Khusus
Mungkin diantara para blogger ada yang belum tau apa itu rel=”nofollow”. Rel=”nofollow” adalah cara kepada webmaster untuk memberi tahu mesin telusur agar “Jangan mengikuti tautan di laman ini” atau “Jangan mengikuti tautan khusus ini.” Tautan khusus itu maksudnya link eksternal atau link yang tidak berkaitan dengan tautan blog itu sendiri, misalkan facebook.com, twitter.com dan lain sebagaimana, karena itu semua berbeda dengan link blog itu sendiri. Dengan kata lain, link eksternal itu tidak berarti buat blog itu sendiri.

Berikut ini penjelasalan tentang rel=”nofollow” menurut Google
Bagaimana Google menangani tautan yang tidak diikuti?
SECARA UMUM, KAMI TIDAK MENGIKUTI TAUTAN TERSEBUT. ARTINYA, GOOGLE TIDAK MEMINDAHKAN PAGERANK ATAU TEKS TAUTAN PADA TAUTAN-TAUTAN INI. PADA DASARNYA, MENGGUNAKAN NOFOLLOW MEMBUAT KAMI MEMBUANG TAUTAN TARGET DARI GRAFIK WEB KAMI SECARA KESELURUHAN. NAMUN, LAMAN TARGET MUNGKIN MASIH MUNCUL DI INDEKS KAMI JIKA SITUS LAIN DITAUTKAN KE TAUTAN TERSEBUT TANPA MENGGUNAKAN NOFOLLOW, ATAU JIKA URL-NYA DIKIRIMKAN KE GOOGLE DI PETA SITUS. PENTING UNTUK DIPERHATIKAN JUGA BAHWA MESIN TELUSUR LAIN MUNGKIN MENANGANI NOFOLLOW DENGAN CARA YANG SEDIKIT BERBEDA.
Apa kebijakan dan contoh khusus Google tentang penggunaan nofollow?

BERIKUT ADALAH BEBERAPA KASUS YANG MUNGKIN MEMBUAT ANDA MEMPERTIMBANGKAN UNTUK MENGGUNAKAN NOFOLLOW:
KONTEN YANG TIDAK DAPAT DIPERCAYA: JIKA ANDA TIDAK DAPAT ATAU TIDAK INGIN MENJAMIN KONTEN LAMAN YANG ANDA TAUTKAN DARI SITUS — MISALNYA, KOMENTAR PENGGUNA ATAU ENTRI BUKU TAMU YANG TIDAK DAPAT DIPERCAYA — ANDA DAPAT MENERAPKAN NOFOLLOW PADA TAUTAN TERSEBUT. HAL INI DAPAT MENGHINDARI PELAKU SPAM SEHINGGA TIDAK MENARGETKAN SITUS ANDA DAN AKAN MEMBANTU MENJAGA SITUS ANDA AGAR TIDAK MELEWATI PAGERANK SECARA TIDAK SENGAJA DAN MASUK KE LINGKUNGAN YANG BURUK DI WEB. SECARA KHUSUS, PELAKU SPAM KOMENTAR MUNGKIN MEMUTUSKAN UNTUK TIDAK MENARGETKAN SISTEM PENGELOLAAN KONTEN ATAU LAYANAN BLOG TERTENTU JIKA MEREKA DAPAT MELIHAT BAHWA TAUTAN YANG TIDAK DAPAT DIPERCAYA DI LAYANAN TERSEBUT TIDAK DIIKUTI. JIKA ANDA INGIN MENGENALI DAN MEMBERI PENGHARGAAN PADA KONTRIBUTOR YANG DAPAT DIPERCAYA, ANDA DAPAT SECARA OTOMATIS ATAU MANUAL MENGHAPUS ATRIBUT NOFOLLOW DI TAUTAN YANG DIPOSKAN OLEH ANGGOTA ATAU PENGGUNA YANG SECARA KONSISTEN MEMBERIKAN KONTRIBUSI BERKUALITAS TINGGI DARI WAKTU KE WAKTU.

TAUTAN BERBAYAR: SEBAGIAN PERINGKAT SITUS DI HASIL PENELUSURAN GOOGLE BERDASARKAN ANALISIS TERHADAP SITUS LAIN YANG MENAUTKAN KE SITUS TERSEBUT. UNTUK MENCEGAH TAUTAN BERBAYAR MEMENGARUHI HASIL PENELUSURAN DAN BERPENGARUH NEGATIF PADA PENGGUNA, KAMI MEMINTA WEBMASTER AGAR MENGGUNAKAN NOFOLLOW PADA TAUTAN SEPERTI ITU. PEDOMAN MESIN TELUSUR MEWAJIBKAN PENGUNGKAPAN TAUTAN BERBAYAR YANG TERBACA MESIN DENGAN CARA YANG SAMA SEPERTI SAAT PELANGGAN ONLINE DAN OFFLINE MENGHARGAI PENGUNGKAPAN HUBUNGAN BERBAYAR (MISALNYA, IKLAN SURAT KABAR SATU HALAMAN PENUH DAPAT DIBERI JUDUL DENGAN KATA “IKLAN”). INFORMASI SELENGKAPNYA TENTANG SIKAP GOOGLE TERHADAP TAUTAN BERBAYAR.

PRIORITAS PERAYAPAN: ROBOT MESIN TELUSUR TIDAK DAPAT MASUK ATAU MENDAFTAR SEBAGAI ANGGOTA FORUM ANDA, SEHINGGA TIDAK ADA ALASAN UNTUK MENGUNDANG GOOGLEBOT AGAR MENGIKUTI TAUTAN “DAFTAR DI SINI” ATAU “MASUK”. MENGGUNAKAN NOFOLLOW PADA TAUTAN INI MEMUNGKINKAN GOOGLEBOT MERAYAPI LAMAN LAIN YANG INGIN ANDA LIHAT DI INDEKS GOOGLE. NAMUN, ARSITEKTUR INFORMASI YANG SOLID — NAVIGASI INTUITIF, URL YANG RAMAH PENGGUNA DAN MESIN TELUSUR, DAN SEBAGAINYA— TAMPAKNYA AKAN JAUH LEBIH PRODUKTIF DALAM PENGGUNAAN SUMBER DAYA DIBANDINGKAN DENGAN FOKUS PADA PRIORITAS PERAYAPAN MELALUI TAUTAN YANG TIDAK DIIKUTI.

Cara membuat link nofollow di Blogger
Beri ceklis pada add rel=”nofollow” attribute

rel=”nofollow”
Menggunakan edit html

Link Terbuka di Tab Baru, Biasa
<a href="http://domainblogsaya.blogspot.com/2011/07/backlink.html" target="_blank" rel="noopener">Tukar Link</a>

Link Terbuka di Tab Baru, Nofollow
<a href="http://domainblogsaya.blogspot.com/2011/07/backlink.html" rel="nofollow" target="_blank">Tukar Link</a>
Membuat seluruh link eksternal menjadi nofollow

Cara untuk membuat seluruh link ekseternal menjadi nofollow sebenarnya cukuplah mudah.Letakkan kode dibawah ini, di atas kode </body>.
<!-- External Link No Follow -->
<script src='https://ajax.googleapis.com/ajax/libs/jquery/1.3.2/jquery.min.js' type='text/javascript'/>
<script type='text/javascript'>
//<![CDATA[
jQuery('a').each(function() {
var href = jQuery(this).attr('href');
if (typeof href != 'undefined' && href != "" && (href.indexOf('http://') != -1 ||
href.indexOf('https://') != -1) && href.indexOf(window.location.hostname) == -1) {
jQuery(this).attr("rel", "nofollow");
}
});
//]]>
</script>
<!-- End External Link No Follow -->

Sumber:
blogooblok.com, bekenweb.com

Thursday, 8 October 2020

Beberapa DVR Terbaik untuk Mendukung Berbagai Jenis Kamera CCTV

Digital Video Recorder (DVR) adalah Perangkat elektronik yang digunakan untuk merekam video dalam format digital kedalam media penyimpan seperti HDD, SSD, Flashdisk,SD card atau media penyimpan lokal lain nya atau media penyimpan di jaringan. DVR lah yang memungkinkan untuk bisa memutar/reply kembali rekaman kejadian yang sudah lampau. Nah, bagi Anda yang sedang mencari DVR untuk melengkapi kebutuhan sistem pemantauan rumah, kantor, maupun area lainnya.

1. DAHUA HCVR5832S-S2


Rekomendasi DVR CCTV pertama datang dari merek Dahua. Perusahaan Dahua Technology Co., Ltd yang berbasis di Zhejiang, Tiongkok ini sukses menelurkan produk DVR CCTV yang sangat digandrungi. Ya, melalui produknya series HCVR, Dahua menciptakan inovasi DVR CCTV berteknologi Tribrid. Melalui teknologi ini, DVR Dahua mendukung masukan video yang berasal dari kamera Analog, HDCVI, maupun berbasis IP. DVR ini dapat mendukung 16 channel kamera dengan resolusi 720P rekaman real-time atau 1080P rekaman non-real-time. Didukung oleh media penyimpanan dapat diperluas menggunakan 8 SATA HDD hingga 48TB dan 4 port USB 2.0.

2. HIKVISION DS-7200 SERIES

Dari deretan rekomendasi DVR CCTV terbaik yang ada di pasaran, tak afdol jika tidak memasukkan Hikvision ke dalam daftarnya. Alat ini mampu merekam video kamera 4/8/16 channel dengan resolusi CIF untuk rekaman real-time. Sedangkan, untuk outputnya DVR ini berupa HDMI dan VGA hingga resolusi 1920 x 1080P. DVR besutan Hikvision memiliki kapasitas penyimpanan yang dapat diperluas menggunakan 1 SATA HDD hingga 4 TB. Video yang dihasilkan oleh DVR ini hadir dalam video format berkompresi tinggi H.264 dengan jumlah file yang rendah.

3. INFINITY BNV-3816 

Berbeda dari yang lain, DVR yang ditawarkan oleh Infinity BNV-3816 ini lebih canggih karena mendukung 16 channel kamera berbasis IP. Dengan input H.264 atau format MPEG-4, kecepatan decoding maksimal 80Mbps. Sedangkan, untuk outputnya, DVR ini mendukung format HDMI/VGA dengan kapasitas penyimpanan hingga 4 TB, 2 port USB 2.0 dan 1 SATA. Jadi, apakah Anda tertarik untuk membeli DVR CCTV produk Amerika Serikat ini?

4. HONEYWELL HRHQ1080L


Untuk memenuhi kebutuhan sistem pengamanan yang mumpuni, jangan lupa untuk menyertakan produk Honeywell di dalamnya. Salah satunya adalah melalui DVR HRHQ 1080L yang satu ini. Berbekal pengalaman yang panjang di bidang surveilance system, Honeywell menelurkan teknologi DVR terbaik melalui produk ini. Bagaimana tidak, alat perekam video ini dibekali dengan teknologi yang mampu merekam video berkualitas High Definition 1080P. Dengan tampilan interface yang simple, keunggulan alat ini terletak pada kemudahan pemakaiannya. Penyimpanan dapat diperluas hingga 6TB. Oiya, yang menarik dari DVR ini adalah alat sudah dilengkapi dengan teknologi smart search dan deteksi wajah sehingga memberikan kemudahan untuk proses deteksi.

5. SAMSUNG SRD-1694D


Apa yang menjadikan produk Samsung semakin digemari? Hal ini dikarenakan semua produk besutan Samsung selalu terdepan dalam menghadirkan inovasi, termasuk melalui produk DVR CCTV yang satu ini! Samsung SRD-1694D merupakan DVR CCTV yang dapat merekam video hingga 16 Channel kamera dengan resolusi HD 1080p real-time. Alat ini dihubungkan dengan kabel Coaxial Pelco-C atau ACP untuk dapat dibaca melalui ponsel pintar baik yang beroperasi sitem Android, maupun iOS dengan bandwidth hingga 64Mbps. Ruang penyimpanan DVR ini cukup besar, yaitu 8 internal HDD sehingga sangat mumpuni untuk diandalkan.

6. VIVOTEK VS8401


Vivotek adalah perintis sistem pemantauan berbasis IP kamera di dunia. Tak heran jika produk-produknya diminati oleh masyarakat global. Nah, rekomendasi DVR CCTV selanjutnya datang dari produk unggulan Vivotek yaitu seri VS8401. Video yang dikeluarkan oleh DVR ini memiliki format kompresi tinggi yaitu Triple Codec yaitu H.264, MPEG-4 dan MJPEG non-real-time yang dapat menghemat bandwidth maupun ruang penyimpanan. VS8401 mampu meningkatkan kualitas kamera Analog menjadi smart camera berkat fitur tamper detectionnya. Selain itu, perangkat ini juga memliki tingkat keamanan sistem pengawasan IP yang lebih baik dengan protokol keamanan jaringan, HTTPS dan 802.1x.

7. PANASONIC CJ-HDR104


Panasonic kembali menghadirkan produk unggulannya melalui Panasonic CJ-HDR104. Perekam CCTV ini dapat merekam video dari 4 channel kamera. Alat ini sangat direkomendasikan untuk dipasangkan dengan kamera berteknologi HDCVI atau kamera 4in1. Dengan kapasitas penyimpanan 1 SATA HDD hingga 6 TB dan didukung dengan 2 USB, perekam video ini sangat unggul dalam hal zooming. Mengandalkan fitur digital zoom, DVR ini mampu menghasilkan kualitas gambar zoom yang berkualitas dan jelas dan dapat dilihat melalui perangkat sistem operasi iOS maupun Android.

8. AVTECH DG 1016


Rekomendasi lainnya, datang dari Avtech DG-1016 dengan mengusung rekaman video 16 channel kamera jenis analog dan TVI dengan menggunakan kabel BNC. Kualitas gambar yang dihasilkan oleh perekam ini bisa diperhitungkan yaitu dengan resolusi HD. Sedangkan kecepatan perekaman maksimum untuk 1080p yaitu 1920x1080p dengan 240 IPS. Untuk outputnya, Anda bisa manfaatkan kabel HDMI/VGA. Untuk memberikan sinyal pada pengguna jika terjadi sesuatu, DVR ini siap diandalkan untuk mengirimkan notifikasi karena telah dilengkapi dengan fitur alarm.

9. IDIS TR-2204


Produsen perangkat pemantauan asal Korea Selatan ini menghadirkan produk DVR CCTV premium melalui IDIS TR-2204. Alat ini mendukung 4 kamera analog multi standar dengan kualitas rekaman full HD dan kecepatan tampilan hingga 120ips. DVR ini mendukung kontrol kamera OSD HD-TVI yang ditransmisikan melalui kabel Coaxial. Dapat diperluas hingga 12TB menggunakan 2 antarmuka SATA atau hingga kapasitas 6 TB untuk setiap disk. DVR IDIS TR-2204 sudah didukung konfigurasi jaringan satu klik melalui layanan FEN.

10. CP PLUS 2 MP SERIES


Untuk menutup rekomendasi DVR CCTV terbaik kali ini, kami perkenalkan DVR CCTV besutan CP Plus 2MP Series. Dilihat dari tampilannya, DVR ini terkesan lebih elegan dengan bubuhan warna hitam serta polesan estetik warna merah. Tak hanya tampilan yang ia tawarkan, perangkat ini juga menawarkan sederet keunggulan terutama dalam kemampuannya memantau area. Pasalnya, DVR CCTV canggih ini dapat merekam semua format input video AHD, TVI,CVI, CVBS, dan IP sehingga jenis kamera apapun akan kompatibel dipasangkan dengan alat ini. Selain itu, tempat penyimpanan dapat diperluas hingga 8 TB menggunakan 1 antarmuka SATA. Untuk menunjang kinerjanya, DVR ini menggunakan software mobile cMOB-20 dan CMS Software RVMS Pro sehingga semakin menunjang fungsiya.

Sumber:
newsindotrading.com