Tutorial Social Network

Informasi Seputar Media Sosial

Tutorial Computer

Informasi Seputar Komputer

Tutorial Youtube

Informasi Seputar Youtube

Tutorial Blogger

Informasi Seputar Blogger

Tutorial Wordpress

Informasi Seputar Wordpress

Tutorial Website

Informasi Seputar Pemrograman Website

Tutorial Windows

Informasi Seputar Sistem Operasi Windows

Tutorial Linux

Informasi Seputar Sistem Operasi Linux

Tutorial Android

Informasi Seputar Android

Friday, 6 November 2020

Yang Harus Diperhatikan Untuk Membuat Blog

#1. Tulislah Yang Memang Kamu Suka
Tujuan ngeblog tiap orang beda-beda, saya yakin banget itu. Ada yang ingin curhat saja ada juga yang ingin mendapatkan uang dari blog dan masih banyak juga tujuan lainnya. Tapi apapun tujuan ngeblog kalian, ada satu hal yang perlu diperhatikan saat membuat blog. 

Yaitu menulis sesuatu yang memang menjadi passion kamu. Tulis hal yang memang kamu suka. Kalau dalam tulisannya, Mariel menyebutkan: 
Apa sih isi blog kamu? Crafting? Cooking? Parenting? Apapun itu, harus tetap mengacu pada siapa DIRIMU. 
Nah ini kalau dikaitkan dalam tips menaikkan traffic blog kemarin, saya sebut dengan branding. 

Be known for who you are and what you love
Kenapa juga harus menuliskan apa yang kita sukai? Karena kalau memang kita suka, ide tulisan itu akan datang terus, tanpa henti. Tapi kalau kita gak cinta, yang ada “terpaksa” menulisnya. 

#2. Branding Dirimu Dengan Keunikan
Yang berikutnya dalam tips blogging membuat blog di blogher.com dituliskan bahwa “Be Different“. Coba saja lihat, berapa banyak blog yang ada saat ini di Indonesia, atau mungkin di kota kamu sendiri. 

Berapa banyak blog travel yang kamu ikuti? Kalau kamu tidak memiliki satu keunikan, hal ini tentunya akan sulit menjadikan dirimu dikenal. Termasuk saat saya membuat tulisan blogger Indonesia ini. 

Coba saja lihat berapa banyak tips blogging yang dimuat oleh blog lainnya? Buanyakkk banget. Terus yang jadi pembedanya apa? Well, so far sih saya belum melakukannya. Masih memikirkannya sih. Mungkin nanti bisa dengan powerpoint tips blogging.  

#3. Tulislah Konten Yang Berkualitas
Bosan ya mendengarnya. Konten berkualitas lagi, konten berkualitas lagi. Tapi ini memang satu hal yang benar-benar harus dipegang oleh setiap blogger – terutama blogger Indonesia. 

Kenapa? Karena orang mencari blog kita itu untuk mendapatkan “sesuatu” dari blog itu. Kualitas dalam hal tulisan, gambar yang digunakan, infografis, video dan lainnya, sangat dibutuhkan oleh pembaca. 

Berikan sesuatu yang baru. Sesuatu yang memberi manfaat kepada yang baca. Jangan menipu melalui judul yang super wow tapi isinya membuat orang:

Misalnya, ketika menulis blog traveling Indonesia, saya selalu mengingatkan teman saya untuk menuliskan berapa harga tiketnya? Bagaimana ke sananya (transportasi), fasilitas penginapan di sekitarnya? Dan gak lama dia pun bilang:

“Gw mau nulis soal apa yang harus lo pake pas ke tempat ini – jangan hiking pake high heels.” 
Sayanya sih ngakak, tapi ya memang bener juga. Mungkin orang yang suka traveling sudah tahu, tapi tidak jarang yang ingin kekinian melupakan hal kecil ini. 

#4. Menulislah Dengan Bercerita
Ini yang selalu diingatkan teman yang memang pekerjaannya tukang tagih. Dia bilang, keunikan blog itu adalah personality dari yang nulis. Kalau lo ngeblog dari hati, dan dengan gaya cerita yang pas, blog lo bakalan diingat orang – tanpa lo harus paksa. 

Makanya ketika banyak yang bertanya soal SEO ke saya, sebenarnya saya agak sungkan. Kenapa? Satu karena saya bukan ahli SEO. Kedua, bagi saya SEO itu merusak. 

Merusak dalam artian, kalau kita fokus pada SEO dan keywords dan lainnya, blogger yang menulis jadi lupa. Lupa bahwa yang baca itu bukan mesin. Tapi manusia yang ingin membaca sesuatu yang dari dalam hati. Membaca tulisan yang bermanfaat sekaligus menggugah dirinya. 

#5. Foto Itu Harus
Beneran… tadinya saya mau post tulisan tips blogging kali ini tanpa foto. Terus mau lihat reaksi yang baca. Yang mana saya yakin pasti akan bosan setengah mati bacanya. 
Ini kenapa harus ada foto dalam blog – sumber tertera dalam gambar

Foto itu memberi distraksi untuk menghilangkan kejenuhan. Ini sih pendapat saya. Dan peluang orang share tulisan dengan foto yang bagus itu lebih banyak. Apalagi kalau dishare ke pinterest. 

Walaupun menggunakan kamera handphone, jangan pernah berhenti belajar untuk mengedit fotonya agar ciamik. Tapi jangan juga mengambil foto orang tanpa ijin ya. Hargai jerih payah mereka. 

#6. Perhatikan Format Tulisan
Saya pribadi selalu bilang bahwa subheading saya gunakan bukan hanya untuk tujuan SEO tapi biar orang yang baca gak bosan dan merasa lebih terarah. Dengan membaca subheading yang ada, dia mengetahui apa yang akan dibahas berikutnya. 

Coba kalau isi tulisan itu adalah satu paragraf yang terdiri dari 1000 kata tanpa henti. Tanpa dipecah. Benar-benar 1 paragraf. Saya akan skip. Beneran deh. Ini sering saya lakukan. Kalau kepanjangan, langsung saya skip tanpa baca isinya lagi. 

Tips blogging dari saya adalah selalu gunakan paragraf pendek (kisaran 3-5 kalimat dengan jumlah kata terbatas). Dan juga gunakan subheading agar pembaca tahu kerangka besar tulisan kita. 

#7. Cari Info Dong
Salah satu yang saya lakukan dalam menulis tips blogging ataupun tips SEO di sini, saya akan habiskan waktu untuk baca blog luar seperti moz.com. Termasuk tulisan yang kali ini. 

Bisa satu blog luar saja yang dijadikan referensi atau beberapa blog dijadikan satu bahan tulisan baru. Salah satu yang pernah saya baca adalah dengan mengambil satu topik tentang makanan ringan (snack). 

Saya lupa nama website-nya. Dia membuat satu tulisan berisi 250 snack untuk pekerja kantoran. Yang isinya itu dari beberapa blog lainnya. Semua blog itu dijadikan satu dan kemudian dikembangkan menjadi satu tulisan sendiri. 

Jangan pernah berhenti untuk belajar dan melakukan penelitian kecil. Saya sendiri melakukannya dengan bertanya ke grup WA yang saya ikuti: tulisan apa lagi yang mau dibahas ya? Gak lama ide bermunculan dan mulai mencari deh di internet. 

#8. Ingin Blog Yang Sukses? Buatlah Blog Yang Sukses
Saya menerjemahkan fake it until you make it di blogher.com dengan kalimat di atas. Sekarang ini, siapa sih blogger yang tidak ingin dilirik oleh brand ternama untuk pasang iklan di blog mereka? 

Pasti banyak… Dan salah satu cara menarik mereka adalah dengan membuat review gratisan dulu. Review dengan sukarela hal yang menjadi topik blog kamu. Seperti yang dilakukan oleh mas Ef. Dia sukarela menulis review produk-produk UKM for free. 

Saat membuat blog – perhatikan ini
Hasilnya? Gak jarang brand besar meliriknya dengan nilai yang tidak sedikit. Sama halnya dengan jumlah uang yang diberikan sebagai imbalan. Yes, money is not everything. 

Tapi kalau kamu, blogger, ingin dibayar mahal, ya naikkan kualitas kamu sebagai blogger. Tunjukkan kualitas kamu. Harga pun akan mengikuti kok. Jual mahal? Gak kok. Kan kamu memiliki standard kualitas, jadi wajar kalau memang kamu menjual dengan standard lebih. 

Ya untuk mencapainya sudah barang tentu bukan dalam waktu singkat. Butuh waktu – butuh proses panjang. Jangan berharap bikin blog sehari dan kemudian dapat job review dengan harga yang jutaan. 

#9. Tulis Yang Baik
Salah satu cara cepat menaikkan traffic blog adalah dengan menulis hal yang kontroversi habis. Pasti akan banyak yang baca dan share. Saya yakin. Atau mungkin menulis propaganda yang agak memprovokasi. 

Tapi apa efeknya? Hanya traffic sesaat sajakah yang diinginkan? Bisa jadi berikut-berikutnya, orang enggan datang dan membaca blog kita karena merasa isi blog kita adalah hal gak guna. 
Misalnya saja kita berniat curhat di blog. Terus meluapkan semua keluh kesah kita soal kerjaan, soal teman, soal pacar. Pokoknya semua yang jelek-jelek ditulis aja. 

Apakah akan bertahan lama para pembaca blognya? Mungkin sekali dua kali masih bertahan. Tapi kalau selalu keluhan yang dilontarkan, yang ada ditinggalkan. Seperti kalau menulis status di Facebook yang isinya ngeluh mulu, yang ada gak lama diunfriend. 

#10. Bertemanlah…. Jangan Cari Musuh
Nyinyirin seseorang? Boleh aja. Hak kalian kok. Tapi apakah akan baik untuk masa depan? Gak juga kan? Daripada nyinyirin orang lain atas sesuatu yang gak baik, kenapa gak coba deketin orang itu dan jadikan teman? 

Di dunia maya, blog terutama, berteman dengan banyak orang adalah hal yang sangat baik dan mendukung banget perkembangan blog kita. Blogwalking. Balas komen, Kunjungi balik blog mereka. 
Semua itu cara berteman yang bisa membuat blog kita baik juga kok. Jangan memikirkan untung rugi dalam berteman. Jangan mikirin rugi kasih link ke blog mereka kalau memang tulisan blog mereka bagus.

Sumber:

Membuat Tulisan Agar Nomor Satu Di Google

Menggunakan Keyword Yang Tepat (agar tulisan muncul di page one Google)
Membuat tulisan yang memang diinginkan oleh orang lain adalah kunci awal agar tulisan dibaca orang lain. Misalnya saja kamu. Kamu ingin mencari tahu tentang blogging, coba pikirkan apa saja yang akan kamu mau cari? Nah tulislah tentang hal itu. Dan pakai kata-kata (keyword) yang kira-kira kamu gunakan kalau mencarinya di Google atau search engine lainnya. 

Menggunakan keyword yang tepat, entah itu long-tailed keyword ataupun keyword pendek, itu pilihan kalian. Tapi sangat disarankan untuk menggunakan keyword yang panjang agar lebih mudah ditemukan. 

Memanfaatkan Google agar tulisan menjadi nomor satu
Ya, kita kan ingin Google menampilkan tulisan kita di halaman pertama Google saat orang lain mencari artikel. Jadi kenapa kita tidak memanfaatkan apa yang sudah disediakan oleh Google untuk kita, secara gratis. Bener-bener gratis kok. 

Salah satu syarat untuk membuat blog kita di halaman pertama Google itu adalah jika blog kita terindex dengan baik oleh Google. Kita sebenarnya tidak perlu memaksakan Google untuk mengindex blog kita. Tapi tahu dong kalau klien Google itu banyak banget jadi gak tahu kapan blog kita akan diindex oleh dia. 

Salah satu cara untuk mempercepat blog kita terindex oleh Google adalah dengan submit url kita. Kita masukkan url tulisan yang sudah kita buat ke Google. Nah untuk itu diperlukan gmail tentunya. Gak susah dong, kan kalian sudah punya blog di blogspot kan? Kalau belum baca deh cara membuat blog di blogspot. 

Submit URL yang disediakan Google untuk membuat tulisan menjadi nomor satu

Selain cara submit url di atas, ada cara lain yaitu dengan menggunakan fasilitas Webmaster Tools dari Google. Kita Fetch As Google, jadi seakan-akan kita ini sebagai Google yang mengirimkan link kita ke Google. 

Setidaknya dua cara di atas sih bisa membantu tulisan di blog kita menjadi nomor satu di Google Page. Eh tapi gak akan instant ya, apalagi kalau dirimu masih baru dalam dunia blogging. Perlahan tapi jangan menyerah. Teruslah menulis dan terapkan semua SEO Tools yang kalian ketahui.

Cara Mendapatkan Uang Dari Blog

Kalau blog sudah lama dan memiliki DA (Domain Authority) dan juga traffic yang tinggi mungkin akan lebih mudah mendapatkan uang dari blog tanpa cara ini.

Namun sebagai pemula dalam dunia blogging, tak ada salahnya kan jika kita juga ikut dalam monetizing blog kita sendiri? Hal ini juga tidak dilarang oleh blogspot. Kalau dalam wordpress.com kita harus perhatikan baik-baik. Pemasangan banner iklan di wordpress.com diperkenankan tapi tidak diperkenankan jika sebagai widget blog.

Mendapatkan Uang Dari Blog Dengan Access Trade
Salah satu cara memperoleh uang dari blog adalah dengan mengikuti program afiliasi marketing. Program afiliasi marketing ini adalah program yang dimana kita sebagai blogger memasang iklan dari perusahaan lain yang sebagai gantinya kita akan mendapatkan komisi atas iklan tersebut.

Komisi di sini bisa bermacam-macam bentuknya. Ada yang CPA, CPC ada juga yang fixed amount. Dari tulisan di Maxmonroe, salah satu yang harus diperhatikan oleh blogger seperti kita dalam mengikuti program afiliasi marketing ini adalah bahwa iklan yang dipasang sesuai dengan blog kita sendiri.

Jika misalnya niche blog kita adalah tentang kesehatan wanita, akan lebih sulit mendapatkan komisi dari afiliasi marketing yang menjual alat olahraga untuk pria. Kalau dalam istilahnya mungkin: “The right place for the right people” berlaku di dalam afiliasi marketing ini.

Access Trade sendiri adalah perusahaan yang menyediakan jasa afiliasi marketing. AccessTrade ini menjadi jembatan antara blogger atau website owner dengan para perusahaan yang ingin memasang iklan di internet. Blogger atau website owner disebut dengan Publisher. Sedangkan para pemasang iklannya disebut dengan Advertiser.

Jenis Iklan di Access Trade
Untuk bergabung dengan Access Trade tidak susah, syaratnya kamu memiliki blog atau website. Tinggal klik ACCESS TRADE REGISTER NOW! (affiliate link ya…). Isi data kamu – jangan salah pilih ya.

Daftar sebagai Publisher. Jangan Advertiser. Nanti setelah data kamu diisi dengan lengkap, datamu akan dicek oleh pihak AccessTrade. Biasanya sekitar 1-2 minggu sudah ada jawaban tentang pengajuan kamu.

Jenis iklan di Access Trade yang bisa kamu pasang macam-macam. Kalau dulu mungkin memang Access Trade memiliki klien yang tidak banyak sehingga pilihannya sangat terbatas. Namun sekarang ini banyak sekali. Salah satunya ya Access Trade itu sendiri. Seperti banner di bawah ini.

Jangan ragu buat coba. Saya udah coba kok. 
Nah selain itu, iklan untuk kecantikan wanita ada, fashion? Ada juga. Travel ada. Makanan juga ada. Tinggal kamu pilih mana iklan yang cocok untuk blog kamu sendiri. Dan kemudian kamu tinggal pasang di blog atau website dan kamu pun sudah menemukan salah satu cara mendapatkan uang dari blog.

Berikut ini contoh lainnya iklan yang ada di Access Trade mana yang cocok untuk blog kalian, kalian sendiri yang memutuskan.

Mekanisme Mendaftar Iklan Access Trade
Sebagai publisher, jika kamu sudah memiliki akun Access Trade dan kemudian ingin mendapatkan komisi dari blog kamu, tinggal masuk ke akun Access Trade kamu.

Dashboard Access Trade

Login Access Trade kamu
Di tampilan Dashboard Access Trade, klik pada menu Campaign atau Kampanye. 
Sebelah kanan akan muncul daftar iklan yang bisa kamu pilih untuk dipasang di blog atau website kamu. 
Klik pada kotak di kolom daftar sebelah iklan yang kamu mau
Geser kursor hingga ke paling bawah dan klik daftar
Status iklan yang kamu daftar akan menjadi MENDAFTAR
Kalau sudah begitu, kamu tunggu pihak Advertiser untuk mereview permintaanmu dan kalau disetujui akan seperti pada tampilan di atas, menjadi TERDAFTAR
Kalau sudah mendapatkan status TERDAFTAR untuk iklan di Access Trade ini, artinya kamu sudah bisa memasang iklan di blog kamu. Caranya? Bisa seperti ini, membuat tulisan dan masukkan link dan banner. Bisa juga dengan memasang banner langsung di blog atau website kamu.

Sumber:

Perbedaan Link Nofollow dan Dofollow

Google baru-baru ini mengeluarkan imbauan kepada seluruh blogger di dunia agar mengurangi pemberian link dofollow kepada situs-situs yang sedang direview.
Imbauan Google ini memang bersifat umum kepada blog-blog yang sering kali mendapat pesanan review. Jika memang harus terpaksa memberi link ke situs produk yang sedang di review, Google meminta agar memberikan link nofollow saja. Kecuali ada pembicaraan diawal bahwa link yang dimaksud harus dofollow.

Saran Google ini terasa penting, bukan hanya kepada blog yang sering mendapat tawaran review, tapi juga kepada blog yang sering membuat ulasan tentang produk atau aplikasi tertentu tanpa dibayar.

Link nofollow dan dofollow memang sangat penting dipahami, karena menyangkut pada SEO dan PageRank suatu blog. Blogooblok memcoba mengulas tema ini dengan runut agar mudah dimengerti dan semakin banyak blogger yang paham pentingnya link nofollow.

Pengertian Dofollow dan Nofollow
Kata dofollow berasal dari bahasa Inggris yang terdiri dari kata "do" dan "follow" yang artinya "mengikuti". Jika ada link yang tertaut di dalam postingan ke situs lain secara dofollow, artinya blog tersebut mengikuti link yang ditautkan.

Google Bot saat melakukan crawl (perayapan) kepada situs yang ditautkan tersebut. Google Bot akan mengindexnya sampai ke akar-akarnya.

Sedangkan kata nofollow terdiri dari dua suku kata yakni "no" dan "follow" yang artinya "tidak mengikuti". Jika link di dalam postingan dipasang secara nofollow, maka saat Google melakukan crawl, tidak akan di index sama sekali.

Perbedaan Link Dofollow dan Nofollow
Dari pengertiannya, sebenarnya sudah dijelaskan secara gamblang perbedaan kedua link ini. Namun, dalam struktur penulisan, keduanya sangat berbeda.
Link dofollow sebenarnya bersifat default. Yang artinya, setiap link dalam postingan akan otomatis dofollow jadi tidak perlu melakukan apa-apa kalau berniat membuat link dofollow.

Jika ingin memberikan link dofollow kepada orang lain, baiknya link tersebut ditautkan dalam teks yang mengandung kata kunci tertarget agar saat Google melakukan perayapan, kata kunci dan linknya langsung di index.

Contoh link dofollow:
<a href=”http://www.blogooblok.com/”>Blogooblok</a>

Kalau ingin memberi link kepada orang persorangan, baiknya menggunakan link dofollow karena akan saling menguntungkan. Jadi, kalau mau membuat backlink ke Blogooblok, buatlah dalam bentuk dofollow.

Sedangkan untuk membuat link nofollow sedikit berbeda dengan dofollow.

Contoh link nofollow:
<a href=”http://www.blogooblok.com/” rel=”nofollow”>Blogooblok</a>

Link ini menegaskan agar Google Bot tidak melakukan crawl kepada link yang bersangkutan. Tapi pengunjung yang melakukan klik link akan tetap diarahkan ke situs tujuan.

Untuk membuatnya di blogspot sangat mudah. Cukup seperti cara memasukkan link pada umumnya. Yang harus diperhatikan adalah mencentang tulisan add 'rel=nofollow' attribute yang ada di bagian akhir.

Link nofollow cocok diberikan kepada situs affiliate yang kita tautkan dalam postingan. Karena terlalu banyak membuat link keluar apalagi ke situs affiliate akan terbaca spam oleh Google, sehingga mengurangi posisi blog di mesin pencarian.

Penerapan link nofollow dan dofollow sebenarnya adalah ilmu SEO paling dasar, yang banyak tidak diterapkan para blogger. Jadi, jika harus memberi link kepada situs yang belum jelas kedudukannya, lebih baik dalam bentuk nofollow.

Saat melakukan link building, Google akan meng-crawling link yang kamu gunakan. Baik pada internal link maupun backlink. Sebenarnya link building bisa membantu menaikkan reputasi website kamu, namun juga bisa menurunkan reputasi website.

Misalnya ketika kamu melakukan backlink terhadap website lain yang memiliki reputasi yang sangat baik, maka link building ini dapat membantu menaikkan reputasi website.
Namun, ketika kamu melakukan backlink terhadap website yang ternyata juga memiliki penilaian yang buruk di mata Google, maka hal ini akan membuat reputasi website kamu menurun.

Sehingga, ketika membuat link building, kamu bisa mengatur penggunaan Do Follow Link dan No Follow Link.

Apa itu Do Follow dan No Follow Link?
Do Follow berasal dari dua suku kata yaitu “do” dan “follow” yang berarti “mengikuti”. Sehingga ketika kamu melakukan link building, maka Google akan mengindeks link tautan yang digunakan.
Sedangkan No Follow link berasal dari kata “no” dan “follow”, dan ketika kamu melakukan link building, maka Google tidak akan mengindeks link tautan yang kamu gunakan.

Kapan digunakan Do Follow dan No Follow Link?
Sebelum menggunakan do follow atau no follow link, kamu juga harus memahami kapan seharusnya menggunakan do follow dan no follow link. Simak penjelasan di bawah ini:

Do Follow Link:
Gunakan do follow link ketika kamu melakukan internal link. Internal link merupakan link yang mengarah dari sebuah halaman ke halaman lain dalam sebuah website yang sama.

Menggunakan do follow link ketika membuat internal link bertujuan agar Google dapat mengindeks beberapa halaman website kamu secara bersamaan melalui link tersebut.

No Follow Link:
No Follow link digunakan ketika kamu melakukan backlink. Backlink merupakan link yang mengarah dari sebuah halaman ke halaman lain pada website yang berbeda.

Tujuan menggunakan no follow link ketika melakukan backlink yaitu untuk menjaga kualitas SEO pada search engine. Misalnya ketika kamu membuat link tautan terhadap website yang memiliki kualitas (rate) yang buruk, maka link tautan tersebut juga bisa menurunkan kualitas website kamu. Begitu juga sebaliknya.

Bagaimana Cara Membuat Do Follow dan No Follow Link?
Untuk membuat do follow dan no follow link dilakukan dengan cara yang berbeda, caranya:
Do Follow Link
Sebenarnya ketika membuat do follow link, sama ketika kamu membuat tautan link menggunakan tag HTML. Ikuti cara dibawah ini:
Buka file yang akan kamu beri link tautan.
Masukkan sintax berikut:<a href= ”https://www.contohlink.com/”>Contoh Do Follow Link</a>

Sintax diatas berarti, ketika kamu mengklik tulisan “Contoh Do Follow”, maka
kamu akan menuju ke halaman “ https://www.contohlink.com”

Dan Untuk website yang menggunakan wordpress, gunakan cara berikut:
Highlight teks yang akan kamu beri link do follow.
Klik icon link atau tekan CTRL+K.
Masukkan link yang ingin kamu tautkan pada button link tersebut.

Kamu bisa melihat pada gambar berikut ini:


No Follow Link
Untuk membuat link no follow, agak sedikit berbeda ketika kamu membuat do follow link, caranya adalah:
Buka file yang akan kamu beri link tautan.
Masukkan sintax berikut:<a href=”https://www.contohlink.com/” rel”nofollow”>Contoh Do Follow Link</a>

Dapat kau lihat, untuk membuat no follow link, kamu harus menambahkan sintax “rel=nofollow”.

Nah, untuk membuat link no follow pada wordpress, kamu bisa menggunakan plugin “Title and Nofollow For Links”. Cara menggunakannya:

Pada dashboard wordpress, Pilih “Plugin”, dan klik “Add New”. Kemudian lakukan pencarian plugin dengan mengetikkan “Title and Nofollow For Links” pada kolom pencarian plugin. Setelah menemukan plugin, Klik “Install Now” untuk menginstall plugin.

Lihat pada gambar berikut ini:


Setelah menginstall plugin di atas, kamu dapat menambahkan no follow link secara otomatis ketika membuat no follow link dengan cara menceklis “No Follow Link” pada link option.

Berikut contohnya pada gambar dibawah ini:

Nah itulah beberapa hal yang perlu kamu ketahui mengenai do follow dan no follow link. Gunakan do follow link ketika membuat internal link dan no follow link ketika membuat backlink, terlebih terhadap website lain yang memiliki reputasi atau rate yang rendah.
Saat belajar SEO kita sering mendengar istilah blog dofollow dan nofollow. Lalu apa yang di maksud Dofollow dab Nofollow? Lalu apa manfaat dari masing - masing blog tersebut?.

Blog Dofollow
Blog Dofollow adalah sebuah istilah yang di berikan pada web atau blog yang mengizinkan pengunjung untuk menaruh link pada bagian komentar. Hal ini berarti jika kita menruh link pada situs blog dofollow maka oleh google akan dihitung sebagai backlink.
Blog jenis ini banyak dicari oleh para blogger untuk menaruh link agar mendapatkan backlink dan menaikkan rating mereka pada search engine.

Blog Nofollow
Blog Nofollow adalah kebalikan dari blog dofollow. Jika pengunjung menaruh link maka oleh gooogle link tersebut tidak akan dihitung sebagai backlink.

Kelebihan
Blog Dofollow
Tentunya diantara kedua blog tersebut terdapat kelebihan masing - masing antara lain:
Menaikkan grafik pengunjung karena dapat mendapatkan backlink gratis.
Selalu mendapatkan banyak komentar setiap kali mengupload artikel
Dengan meningkatnya jumlah pengunjung tentu saja akan mengakibatkan naiknya pagerank blog

Blog Nofollow
Baik untuk SEO dan sukai oleh search engine
Meminimalisir komentar SPAM
Trafik blog lebih aman dan stabil
Keluar masuk link lebih stabil

Kekurangan
Blog Dofollow
Dibalik kelebihan yang ditawarkan terdapat juga kekurangan yang mempengaruhi blog tersebut antara lain:
Terlalu banyak komentar spam
Search engine sulit mengindex blog
Banyak komentar tidak sesuai topik
Terlalu banyaknya link keluar bisa menyebabkan blog di banned oleh search engine

Blog Nofollow
Sepi pengunjung karena tidak dapat menaruh link
Komentar akan sepi
Blog akan kurang terkenal jika dibandingkan dengan blog dofollow

Dampak Pada SEO
Jika berbicara mengenai dampak pada seo tentu saja blog dofollow akan memiliki dampak yang sangat buruk karena terlalu banyaknya link yang keluar bisa menyebabkan blog jenis terkena sandbox dari google sedangkan blog nofollow terbebas dari bahaya ini karena para pembaca tidak bisa menambahkan link sehingga jumlah antara link masuk dan keluar relatif stabil.

Cara Setting Nofollow link di Blogspot
Dalam hal SERP – Search Engine Result Page, link dofollow memiliki nilai yang sangat tinggi karena link tersebut mengarahkan robots pencari untuk memasukkannya dalam perhitungan posisi website tercantum dalam halaman pencarian. 

Jadi semakin banyak link DOFOLLOW, artinya akan semakin besar kemungkinan post atau page dari website tersebut masuk dalam halaman 1 mesin pencari.

Tentunya hal ini juga tergantung pada keyword yang digunakan dalam mencari. Misalnya saja dalam contoh di atas, Title yang digunakan adalah long-tailed keyword. 

Kalau SEO on page yang digunakan sudah tepat, setiap orang yang mencari di website (google, yahoo, bing, ask, dan mesin pencari lainnya) dengan kata-kata: “long-tailed keyword”, akan mengarah pada website kita.

Namun karena post kita tentang long-tailed keyword diberikan nofollow attribute, maka mesin pencari akan melupakan post kita tersebut dan tidak meningkatkan peringkat post kita saat pencarian menggunakan keyword itu. 

Dengan kata lain, jika ada penggunaan keyword tersebut, yang sangat berpengaruh ya DA & PA blog kita ditambah dengan setting SEO dalam postingan kita sendiri. 

Menanamkan Linkback di Website dengan DA & PA Tinggi
Cara menanamkan link di website yang domain authority tinggi, apalagi link dofollow dianggap sebagai salah satu cara yang sangat efektif dalam meningkatkan rating kita oleh mesin pencari. Namun cara ini bukanlah cara yang mudah. 

Website yang memiliki DA & PA tinggi biasanya adalah website pemerintahan (.gov dan .org), website pendidikan (.edu) namun mereka biasanya menutup kemungkinan untuk menanamkan link dofollow di website itu.
Karena itu biasanya dilakukan dengan cara hitam menanamkan link – Sangat tidak dianjurkan loh… bisa-bisa website kita sendiri jadi diblacklist. 

Selain itu banyak yang menawarkan jasa backlink dengan harga-harga tertentu – biasanya sih link dofollow (ya iyalah, kalau yang dijual nofollow, siapa yang mau beli). Nah untuk yang ini saya sendiri sih belum pernah mencoba dan gak berminat juga untuk mencobanya. Hal ini pun juga tidak dianjurkan oleh Google Guideline.

Cara Mendapatkan Backlink Dofollow untuk Blog
[Update 2018] Backlink dalam tulisan ini maksud saya adalah backlink dari blog atau situs luar ke blog kita ya. Bukan dari blog kita ke luar.

Cara paling umum dianjurkan oleh blogger luar negeri seperti Shoutmeloud, Problogger adalah dengan:
1. Guest Posting
Membuat tulisan untuk blog lain yang mengijinkan kita untuk memasukkan setidaknya 1 link ke blog kita. Caranya? Well nanti kali ya saya tulis terpisah cara membuat guest posting yang baik gimana. Tapi intinya sih, kita harus pastikan dulu kalau blog itu menerima Guest Posting dan mengijinkan link itu.

2. Menulis di Forum
Menulis di forum pun juga harus perhatikan benar-benar ya. Ada forum yang mengijinkan kita untuk memasukkan link ke blog kita ada juga yang gak. Seperti Kaskus, secara aturan tidak diperkenankan. Medium juga bisa jadi opsi kita untuk mendapatkan backlink dofollow yang akan menaikkan Domain Authority kita.

3. Merepurpose Tulisan Kita
Repurpose? Itu salah satu cara untuk mendapatkan traffic tambahan untuk blog kita. yaitu dengan merubah bentuk tulisan kita dalam beberapa bentuk lainnya, seperti dalam bentuk infografis, powerpoint (slideshare) dan lainnya. Ini juga cara mendapatkan backlink dofollow untuk blog kita.

Sumber:
computer-course-center.com, blogooblok.com

Thursday, 5 November 2020

Kunci Sukses Google Webmaster Tools Untuk Meningkatkan SEO

"Banyak Jalan Menuju Roma" seperti itulah ungkapan untuk terus meningkatkan rangking google blogger/website yang telah dibuat. Kali ini kita akan bahas tentang beberapa cara menggunakan Webmaster Tools untuk meningkatkan SEO halaman website / blog kita.

1. HTML Improvements (Perbaikan HTML)
Di bawah Search Appearance, kita akan menemukan HTML Improvements (Perbaikan HTML). Laporan ini memberikan gambaran tentang masalah apapun dengan meta deskripsi situs kita dan tag judul, bersama dengan catatan setiap konten yang tidak diindeks.
Dalam dunia SEO, kita tahu bahwa itu penting untuk memiliki deskripsi meta tag judul yang unik dan dioptimalkan. Laporan ini memungkinkan kita untuk dengan mudah mengidentifikasi tag / meta description masalah judul dan memprioritaskan-nya.

2. Content Keywords (Konten Keywords)
Di bawah Index Google, kita akan menemukan Content Keywords. Alat ini memungkinkan kita untuk menentukan situs kita bukan tentang apa yang kita pikirkan, tapi bagaimana Google melihat situs kita.

Hal ini menunjukkan kata kunci yang digunakan di situs kita, bersama dengan variasi kata kunci dan signifikansi. Data ini membantu kita dengan cepat menentukan apakah kita membutuhkan lebih banyak konten yang dibuat sekitar kata kunci tertentu, tema dan topik. Hal ini juga menunjukkan halaman mana yang kata kunci ingin dimunculkan.

3. Structured Data (Data Terstruktur)
Data terstruktur adalah cara untuk membantu menjelaskan isi dari website Kita ke mesin pencari, dalam beberapa kasus dapat membantu peringkat dan lalu lintas. Jika data situs kita telah terstruktur, GWT memiliki fitur yang menunjukkan jenis data terstruktur bahwa Google mampu mendeteksi pada situs Kita, bersama dengan URL yang mengandung masing-masing jenis. Kita dapat menemukan laporan ini di bawah Search Appearance > Structured Data.
Catatan: Alat ini hanya mencakup tingkat entitas teratas yang ditemukan pada halaman. Misalnya, jika halaman Kita berisi schema.org / Acara pada gilirannya berisi schema.org / Place, hanya item acara saja yang akan dihitung.

4. Data Markup Helper
Dalam Sumber lain, Structured Data Markup Helper (Data Terstruktur Markup Helper) memungkinkan kita untuk menkitai bidang data untuk events, products dan lainnya pada situs kita.

Jika kita tidak yakin darimana untuk memulai markup terstruktur, caranya mudah cukup menggunakan point-and-klik tool. Yang menyenangkan pada bagian ini adalah kita tidak perlu melakukan perubahan HTML. Kita cukup mengarahkan Mouse highlights ke Tag pada setiap bagian kata kunci dari data halaman yang sesuai dengan situs kita.

5. Sitemaps (Peta Situs)
Peta Situs memungkinkan kita untuk melihat semua Sitemaps yang telah kita tambahkan (atau Google ditemukan) bersama dengan statistik seperti tanggal terakhir itu diproses dan jumlah halaman yang disampaikan dan diindeks. Statistik ini dapat dilihat oleh content-type, meaning Web, video, gambar dan berita.
Fitur lain yang baik adalah pilihan sitemap test (tes sitemap), masukan URL ke sitemap, dan Google akan memindai dan dengan cepat mendeteksi kesalahan yang perlu diperbaiki.

6. Removing URLs (Menghapus URL)
Jika kita ingin menghapus URL dari indeks Google, Kita dapat menggunakan fitur URL Remove di Webmaster Tools. Ini bisa menjadi alat yang sangat kuat, tetapi menggunakan dengan hati-hati! Hanya menggunakan alat ini jika kita ingin menghapus secara permanen URL.
Jika kita tidak sengaja menampilkan informasi rahasia seperti nomor kartu kredit, kita dapat meminta penghapusan dipercepat dari URL. Kita akan menemukan alat ini di bawah "Google Index" di navigasi kiri.