Tutorial Social Network

Informasi Seputar Media Sosial

Tutorial Computer

Informasi Seputar Komputer

Tutorial Youtube

Informasi Seputar Youtube

Tutorial Blogger

Informasi Seputar Blogger

Tutorial Wordpress

Informasi Seputar Wordpress

Tutorial Website

Informasi Seputar Pemrograman Website

Tutorial Windows

Informasi Seputar Sistem Operasi Windows

Tutorial Linux

Informasi Seputar Sistem Operasi Linux

Tutorial Android

Informasi Seputar Android

Friday 6 November 2020

Perbedaan Link Nofollow dan Dofollow

Google baru-baru ini mengeluarkan imbauan kepada seluruh blogger di dunia agar mengurangi pemberian link dofollow kepada situs-situs yang sedang direview.
Imbauan Google ini memang bersifat umum kepada blog-blog yang sering kali mendapat pesanan review. Jika memang harus terpaksa memberi link ke situs produk yang sedang di review, Google meminta agar memberikan link nofollow saja. Kecuali ada pembicaraan diawal bahwa link yang dimaksud harus dofollow.

Saran Google ini terasa penting, bukan hanya kepada blog yang sering mendapat tawaran review, tapi juga kepada blog yang sering membuat ulasan tentang produk atau aplikasi tertentu tanpa dibayar.

Link nofollow dan dofollow memang sangat penting dipahami, karena menyangkut pada SEO dan PageRank suatu blog. Blogooblok memcoba mengulas tema ini dengan runut agar mudah dimengerti dan semakin banyak blogger yang paham pentingnya link nofollow.

Pengertian Dofollow dan Nofollow
Kata dofollow berasal dari bahasa Inggris yang terdiri dari kata "do" dan "follow" yang artinya "mengikuti". Jika ada link yang tertaut di dalam postingan ke situs lain secara dofollow, artinya blog tersebut mengikuti link yang ditautkan.

Google Bot saat melakukan crawl (perayapan) kepada situs yang ditautkan tersebut. Google Bot akan mengindexnya sampai ke akar-akarnya.

Sedangkan kata nofollow terdiri dari dua suku kata yakni "no" dan "follow" yang artinya "tidak mengikuti". Jika link di dalam postingan dipasang secara nofollow, maka saat Google melakukan crawl, tidak akan di index sama sekali.

Perbedaan Link Dofollow dan Nofollow
Dari pengertiannya, sebenarnya sudah dijelaskan secara gamblang perbedaan kedua link ini. Namun, dalam struktur penulisan, keduanya sangat berbeda.
Link dofollow sebenarnya bersifat default. Yang artinya, setiap link dalam postingan akan otomatis dofollow jadi tidak perlu melakukan apa-apa kalau berniat membuat link dofollow.

Jika ingin memberikan link dofollow kepada orang lain, baiknya link tersebut ditautkan dalam teks yang mengandung kata kunci tertarget agar saat Google melakukan perayapan, kata kunci dan linknya langsung di index.

Contoh link dofollow:
<a href=”http://www.blogooblok.com/”>Blogooblok</a>

Kalau ingin memberi link kepada orang persorangan, baiknya menggunakan link dofollow karena akan saling menguntungkan. Jadi, kalau mau membuat backlink ke Blogooblok, buatlah dalam bentuk dofollow.

Sedangkan untuk membuat link nofollow sedikit berbeda dengan dofollow.

Contoh link nofollow:
<a href=”http://www.blogooblok.com/” rel=”nofollow”>Blogooblok</a>

Link ini menegaskan agar Google Bot tidak melakukan crawl kepada link yang bersangkutan. Tapi pengunjung yang melakukan klik link akan tetap diarahkan ke situs tujuan.

Untuk membuatnya di blogspot sangat mudah. Cukup seperti cara memasukkan link pada umumnya. Yang harus diperhatikan adalah mencentang tulisan add 'rel=nofollow' attribute yang ada di bagian akhir.

Link nofollow cocok diberikan kepada situs affiliate yang kita tautkan dalam postingan. Karena terlalu banyak membuat link keluar apalagi ke situs affiliate akan terbaca spam oleh Google, sehingga mengurangi posisi blog di mesin pencarian.

Penerapan link nofollow dan dofollow sebenarnya adalah ilmu SEO paling dasar, yang banyak tidak diterapkan para blogger. Jadi, jika harus memberi link kepada situs yang belum jelas kedudukannya, lebih baik dalam bentuk nofollow.

Saat melakukan link building, Google akan meng-crawling link yang kamu gunakan. Baik pada internal link maupun backlink. Sebenarnya link building bisa membantu menaikkan reputasi website kamu, namun juga bisa menurunkan reputasi website.

Misalnya ketika kamu melakukan backlink terhadap website lain yang memiliki reputasi yang sangat baik, maka link building ini dapat membantu menaikkan reputasi website.
Namun, ketika kamu melakukan backlink terhadap website yang ternyata juga memiliki penilaian yang buruk di mata Google, maka hal ini akan membuat reputasi website kamu menurun.

Sehingga, ketika membuat link building, kamu bisa mengatur penggunaan Do Follow Link dan No Follow Link.

Apa itu Do Follow dan No Follow Link?
Do Follow berasal dari dua suku kata yaitu “do” dan “follow” yang berarti “mengikuti”. Sehingga ketika kamu melakukan link building, maka Google akan mengindeks link tautan yang digunakan.
Sedangkan No Follow link berasal dari kata “no” dan “follow”, dan ketika kamu melakukan link building, maka Google tidak akan mengindeks link tautan yang kamu gunakan.

Kapan digunakan Do Follow dan No Follow Link?
Sebelum menggunakan do follow atau no follow link, kamu juga harus memahami kapan seharusnya menggunakan do follow dan no follow link. Simak penjelasan di bawah ini:

Do Follow Link:
Gunakan do follow link ketika kamu melakukan internal link. Internal link merupakan link yang mengarah dari sebuah halaman ke halaman lain dalam sebuah website yang sama.

Menggunakan do follow link ketika membuat internal link bertujuan agar Google dapat mengindeks beberapa halaman website kamu secara bersamaan melalui link tersebut.

No Follow Link:
No Follow link digunakan ketika kamu melakukan backlink. Backlink merupakan link yang mengarah dari sebuah halaman ke halaman lain pada website yang berbeda.

Tujuan menggunakan no follow link ketika melakukan backlink yaitu untuk menjaga kualitas SEO pada search engine. Misalnya ketika kamu membuat link tautan terhadap website yang memiliki kualitas (rate) yang buruk, maka link tautan tersebut juga bisa menurunkan kualitas website kamu. Begitu juga sebaliknya.

Bagaimana Cara Membuat Do Follow dan No Follow Link?
Untuk membuat do follow dan no follow link dilakukan dengan cara yang berbeda, caranya:
Do Follow Link
Sebenarnya ketika membuat do follow link, sama ketika kamu membuat tautan link menggunakan tag HTML. Ikuti cara dibawah ini:
Buka file yang akan kamu beri link tautan.
Masukkan sintax berikut:<a href= ”https://www.contohlink.com/”>Contoh Do Follow Link</a>

Sintax diatas berarti, ketika kamu mengklik tulisan “Contoh Do Follow”, maka
kamu akan menuju ke halaman “ https://www.contohlink.com”

Dan Untuk website yang menggunakan wordpress, gunakan cara berikut:
Highlight teks yang akan kamu beri link do follow.
Klik icon link atau tekan CTRL+K.
Masukkan link yang ingin kamu tautkan pada button link tersebut.

Kamu bisa melihat pada gambar berikut ini:


No Follow Link
Untuk membuat link no follow, agak sedikit berbeda ketika kamu membuat do follow link, caranya adalah:
Buka file yang akan kamu beri link tautan.
Masukkan sintax berikut:<a href=”https://www.contohlink.com/” rel”nofollow”>Contoh Do Follow Link</a>

Dapat kau lihat, untuk membuat no follow link, kamu harus menambahkan sintax “rel=nofollow”.

Nah, untuk membuat link no follow pada wordpress, kamu bisa menggunakan plugin “Title and Nofollow For Links”. Cara menggunakannya:

Pada dashboard wordpress, Pilih “Plugin”, dan klik “Add New”. Kemudian lakukan pencarian plugin dengan mengetikkan “Title and Nofollow For Links” pada kolom pencarian plugin. Setelah menemukan plugin, Klik “Install Now” untuk menginstall plugin.

Lihat pada gambar berikut ini:


Setelah menginstall plugin di atas, kamu dapat menambahkan no follow link secara otomatis ketika membuat no follow link dengan cara menceklis “No Follow Link” pada link option.

Berikut contohnya pada gambar dibawah ini:

Nah itulah beberapa hal yang perlu kamu ketahui mengenai do follow dan no follow link. Gunakan do follow link ketika membuat internal link dan no follow link ketika membuat backlink, terlebih terhadap website lain yang memiliki reputasi atau rate yang rendah.
Saat belajar SEO kita sering mendengar istilah blog dofollow dan nofollow. Lalu apa yang di maksud Dofollow dab Nofollow? Lalu apa manfaat dari masing - masing blog tersebut?.

Blog Dofollow
Blog Dofollow adalah sebuah istilah yang di berikan pada web atau blog yang mengizinkan pengunjung untuk menaruh link pada bagian komentar. Hal ini berarti jika kita menruh link pada situs blog dofollow maka oleh google akan dihitung sebagai backlink.
Blog jenis ini banyak dicari oleh para blogger untuk menaruh link agar mendapatkan backlink dan menaikkan rating mereka pada search engine.

Blog Nofollow
Blog Nofollow adalah kebalikan dari blog dofollow. Jika pengunjung menaruh link maka oleh gooogle link tersebut tidak akan dihitung sebagai backlink.

Kelebihan
Blog Dofollow
Tentunya diantara kedua blog tersebut terdapat kelebihan masing - masing antara lain:
Menaikkan grafik pengunjung karena dapat mendapatkan backlink gratis.
Selalu mendapatkan banyak komentar setiap kali mengupload artikel
Dengan meningkatnya jumlah pengunjung tentu saja akan mengakibatkan naiknya pagerank blog

Blog Nofollow
Baik untuk SEO dan sukai oleh search engine
Meminimalisir komentar SPAM
Trafik blog lebih aman dan stabil
Keluar masuk link lebih stabil

Kekurangan
Blog Dofollow
Dibalik kelebihan yang ditawarkan terdapat juga kekurangan yang mempengaruhi blog tersebut antara lain:
Terlalu banyak komentar spam
Search engine sulit mengindex blog
Banyak komentar tidak sesuai topik
Terlalu banyaknya link keluar bisa menyebabkan blog di banned oleh search engine

Blog Nofollow
Sepi pengunjung karena tidak dapat menaruh link
Komentar akan sepi
Blog akan kurang terkenal jika dibandingkan dengan blog dofollow

Dampak Pada SEO
Jika berbicara mengenai dampak pada seo tentu saja blog dofollow akan memiliki dampak yang sangat buruk karena terlalu banyaknya link yang keluar bisa menyebabkan blog jenis terkena sandbox dari google sedangkan blog nofollow terbebas dari bahaya ini karena para pembaca tidak bisa menambahkan link sehingga jumlah antara link masuk dan keluar relatif stabil.

Cara Setting Nofollow link di Blogspot
Dalam hal SERP – Search Engine Result Page, link dofollow memiliki nilai yang sangat tinggi karena link tersebut mengarahkan robots pencari untuk memasukkannya dalam perhitungan posisi website tercantum dalam halaman pencarian. 

Jadi semakin banyak link DOFOLLOW, artinya akan semakin besar kemungkinan post atau page dari website tersebut masuk dalam halaman 1 mesin pencari.

Tentunya hal ini juga tergantung pada keyword yang digunakan dalam mencari. Misalnya saja dalam contoh di atas, Title yang digunakan adalah long-tailed keyword. 

Kalau SEO on page yang digunakan sudah tepat, setiap orang yang mencari di website (google, yahoo, bing, ask, dan mesin pencari lainnya) dengan kata-kata: “long-tailed keyword”, akan mengarah pada website kita.

Namun karena post kita tentang long-tailed keyword diberikan nofollow attribute, maka mesin pencari akan melupakan post kita tersebut dan tidak meningkatkan peringkat post kita saat pencarian menggunakan keyword itu. 

Dengan kata lain, jika ada penggunaan keyword tersebut, yang sangat berpengaruh ya DA & PA blog kita ditambah dengan setting SEO dalam postingan kita sendiri. 

Menanamkan Linkback di Website dengan DA & PA Tinggi
Cara menanamkan link di website yang domain authority tinggi, apalagi link dofollow dianggap sebagai salah satu cara yang sangat efektif dalam meningkatkan rating kita oleh mesin pencari. Namun cara ini bukanlah cara yang mudah. 

Website yang memiliki DA & PA tinggi biasanya adalah website pemerintahan (.gov dan .org), website pendidikan (.edu) namun mereka biasanya menutup kemungkinan untuk menanamkan link dofollow di website itu.
Karena itu biasanya dilakukan dengan cara hitam menanamkan link – Sangat tidak dianjurkan loh… bisa-bisa website kita sendiri jadi diblacklist. 

Selain itu banyak yang menawarkan jasa backlink dengan harga-harga tertentu – biasanya sih link dofollow (ya iyalah, kalau yang dijual nofollow, siapa yang mau beli). Nah untuk yang ini saya sendiri sih belum pernah mencoba dan gak berminat juga untuk mencobanya. Hal ini pun juga tidak dianjurkan oleh Google Guideline.

Cara Mendapatkan Backlink Dofollow untuk Blog
[Update 2018] Backlink dalam tulisan ini maksud saya adalah backlink dari blog atau situs luar ke blog kita ya. Bukan dari blog kita ke luar.

Cara paling umum dianjurkan oleh blogger luar negeri seperti Shoutmeloud, Problogger adalah dengan:
1. Guest Posting
Membuat tulisan untuk blog lain yang mengijinkan kita untuk memasukkan setidaknya 1 link ke blog kita. Caranya? Well nanti kali ya saya tulis terpisah cara membuat guest posting yang baik gimana. Tapi intinya sih, kita harus pastikan dulu kalau blog itu menerima Guest Posting dan mengijinkan link itu.

2. Menulis di Forum
Menulis di forum pun juga harus perhatikan benar-benar ya. Ada forum yang mengijinkan kita untuk memasukkan link ke blog kita ada juga yang gak. Seperti Kaskus, secara aturan tidak diperkenankan. Medium juga bisa jadi opsi kita untuk mendapatkan backlink dofollow yang akan menaikkan Domain Authority kita.

3. Merepurpose Tulisan Kita
Repurpose? Itu salah satu cara untuk mendapatkan traffic tambahan untuk blog kita. yaitu dengan merubah bentuk tulisan kita dalam beberapa bentuk lainnya, seperti dalam bentuk infografis, powerpoint (slideshare) dan lainnya. Ini juga cara mendapatkan backlink dofollow untuk blog kita.

Sumber:
computer-course-center.com, blogooblok.com

Thursday 5 November 2020

Kunci Sukses Google Webmaster Tools Untuk Meningkatkan SEO

"Banyak Jalan Menuju Roma" seperti itulah ungkapan untuk terus meningkatkan rangking google blogger/website yang telah dibuat. Kali ini kita akan bahas tentang beberapa cara menggunakan Webmaster Tools untuk meningkatkan SEO halaman website / blog kita.

1. HTML Improvements (Perbaikan HTML)
Di bawah Search Appearance, kita akan menemukan HTML Improvements (Perbaikan HTML). Laporan ini memberikan gambaran tentang masalah apapun dengan meta deskripsi situs kita dan tag judul, bersama dengan catatan setiap konten yang tidak diindeks.
Dalam dunia SEO, kita tahu bahwa itu penting untuk memiliki deskripsi meta tag judul yang unik dan dioptimalkan. Laporan ini memungkinkan kita untuk dengan mudah mengidentifikasi tag / meta description masalah judul dan memprioritaskan-nya.

2. Content Keywords (Konten Keywords)
Di bawah Index Google, kita akan menemukan Content Keywords. Alat ini memungkinkan kita untuk menentukan situs kita bukan tentang apa yang kita pikirkan, tapi bagaimana Google melihat situs kita.

Hal ini menunjukkan kata kunci yang digunakan di situs kita, bersama dengan variasi kata kunci dan signifikansi. Data ini membantu kita dengan cepat menentukan apakah kita membutuhkan lebih banyak konten yang dibuat sekitar kata kunci tertentu, tema dan topik. Hal ini juga menunjukkan halaman mana yang kata kunci ingin dimunculkan.

3. Structured Data (Data Terstruktur)
Data terstruktur adalah cara untuk membantu menjelaskan isi dari website Kita ke mesin pencari, dalam beberapa kasus dapat membantu peringkat dan lalu lintas. Jika data situs kita telah terstruktur, GWT memiliki fitur yang menunjukkan jenis data terstruktur bahwa Google mampu mendeteksi pada situs Kita, bersama dengan URL yang mengandung masing-masing jenis. Kita dapat menemukan laporan ini di bawah Search Appearance > Structured Data.
Catatan: Alat ini hanya mencakup tingkat entitas teratas yang ditemukan pada halaman. Misalnya, jika halaman Kita berisi schema.org / Acara pada gilirannya berisi schema.org / Place, hanya item acara saja yang akan dihitung.

4. Data Markup Helper
Dalam Sumber lain, Structured Data Markup Helper (Data Terstruktur Markup Helper) memungkinkan kita untuk menkitai bidang data untuk events, products dan lainnya pada situs kita.

Jika kita tidak yakin darimana untuk memulai markup terstruktur, caranya mudah cukup menggunakan point-and-klik tool. Yang menyenangkan pada bagian ini adalah kita tidak perlu melakukan perubahan HTML. Kita cukup mengarahkan Mouse highlights ke Tag pada setiap bagian kata kunci dari data halaman yang sesuai dengan situs kita.

5. Sitemaps (Peta Situs)
Peta Situs memungkinkan kita untuk melihat semua Sitemaps yang telah kita tambahkan (atau Google ditemukan) bersama dengan statistik seperti tanggal terakhir itu diproses dan jumlah halaman yang disampaikan dan diindeks. Statistik ini dapat dilihat oleh content-type, meaning Web, video, gambar dan berita.
Fitur lain yang baik adalah pilihan sitemap test (tes sitemap), masukan URL ke sitemap, dan Google akan memindai dan dengan cepat mendeteksi kesalahan yang perlu diperbaiki.

6. Removing URLs (Menghapus URL)
Jika kita ingin menghapus URL dari indeks Google, Kita dapat menggunakan fitur URL Remove di Webmaster Tools. Ini bisa menjadi alat yang sangat kuat, tetapi menggunakan dengan hati-hati! Hanya menggunakan alat ini jika kita ingin menghapus secara permanen URL.
Jika kita tidak sengaja menampilkan informasi rahasia seperti nomor kartu kredit, kita dapat meminta penghapusan dipercepat dari URL. Kita akan menemukan alat ini di bawah "Google Index" di navigasi kiri.

Cara Memaksimalkan SEO Off Page

Sebenarnya inti dari seo off page adalah backlink berkualitas yaitu mencari sebanyak-banyak backlink dofollow yang mengarah ke blog atau website anda diantaranya backlink dari situs-situs social, forum, artikel dan banyak lagi, yang intinya situs-situs yang banyak dikunjungi. 

Tapi Sebelum kita melakukan optimasi seo off page, perlu di ingat untuk tidak melakukan optimasi secara berlebihan, karena dampaknya sangat fatal yaitu blog dihapus google karena dianggap sebagai spam. Untuk mendapatkan backlink yang aman lakukanlah secara berkala yaitu dengan 3 sampai 4 backlink per-harinya dan cari daftar forum dan situs social bookmark dofollow untuk berburu backlink. Mari kita bahas satu persatu

1. Social Bookmark
Untuk yang satu ini kita sudah disediakan beberapa social bookmark untuk mempromosikan website kita, sebagai pengetahuan saja sebagian besar blogger dari luar menjadikan social bookmark sebagai kegiatan wajib bagi mereka setelah melakukan pembaruan posting pada blog mereka. Beberapa social bookmark popular antara lain Digg, Pinterest, Delicious, StumbleUpon, Reddit dan masih banyak yang lainya.

2. Forum
Ini salah satu media yang bisa kita gunakan dalam promosi website/blog kita. Forum merupakan tempat yang paling efektif untuk mendapatkan traffic, salah satu caranya adalah kita post komentar pada thread yang orang buat dan kita tinggalkan signature yang diberi link ke website kita, thread harus sesuai dengan bahasan blog kita dan signature yang diberikan merupakan kata kunci yang kita pilih.

3. Artikel Directory
Artikel directory digunakan untuk memperkenalkan website kita keberbagai orang dengan cara menulis artikel dan meninggalkan link website kita itu sangat efektif untuk mendapatkan visitor.

4. Website Directory
Salah satu cara yang sebagian orang jarang lakukan adalah submit ke website directory sebenarnya ini bisa berdampak besar pada pengunjung blog anda (baca: cara meningkatkan pengunjung blog), kadang pada website baru untuk berada di page 1 google sangat sulit dan dengan cara menginputkan website kita pada website directory itu bisa terjadi karena sebagian website directory mempunyai pagerank yang tinggi dan traffic yang bagus.

5. Social Media
Sekarang social media merupakan hal pokok dalam SEO, social media sekarang sangat di perhitungkan dalam mesin pencarian google dan termasuk dalam algoritma SEO mereka, karena google beranggapan social media merupakan tempat berkumpulnya banyak orang dari berbagai penjuru dunia dan jika kita mendapatkan visitor yang masuk melalui social media itu google menganggap visitor kita merupakan manusia yang benar-benar tertarik dengan website kita bukan robot yang sering menyusup ke website.

Pengertian SEO On Page dan SEO Off Page

SEO On Page
Yang dimaksud Optimisasi SEO On Page kurang lebih yaitu optimisasi yang dilakukan dari dalam blog/web anda. Ada beberapa hal yang dapat anda lakukan, misalnya seperti :

Pilih tempalte yang SEO friendly
Design template blog dapat memiliki keunggulan dan kelemahan. Misalnya, ada template yang tampilannya menarik dan indah, namun dari segi SEO bisa saja lemah. Ataupun sebaliknya. Oleh karena itu sebaiknya pilih template blog yang SEO friendly. Saat ini ada banyak template blog gratisan dengan tampilan premium namun telah disisipi hack SEO sehingga menjadi SEO friendly.

Pasang Meta Tags
Ada banyak jenis meta tag yang sering digunakan. Antara lain meta description. Penggunaan meta description yang tepat dapat menambah kekuatan SEO blog di search engine. Meta description berfungsi memuat informasi yang mendeskripsikan halaman blog anda. Meta description muncul pada snippet deskripsi di hasil pencarian google. Selain meta description, ada pula meta keyword, meta author, dll.

Pasang keyword pada title/judul blog
Judul adalah tempat yang sangat tepat untuk memasang keyword. Title/judul blog menggambarkan keseluruhan dari isi blog anda. Nah sebagian kunjungan yang terjadi datang dari pembaca yang tertarik akan judul blog yang anda pasang. Oleh karena itu maksimalkan penggunaan keyword yang ditargetkan pada title/judul blog.

Letakkan judul postingan di depan judul blog
Coba anda lihat tab browser anda di atas. Apakah judul postingan sudah berada didepan, kemudian disusul dengan nama blog anda? Begitu pula tampilan dalam query search engine. Biasanya, pada template yang belum di isi hack, nama blog berada didepan judul postingan. Pada hasil pencarian search engine hal ini dapat berakibat kurang baik, karena dapat memotong judul postingan dibagian belakang. Pengunjung pun jadi tidak bisa membaca judul postingan anda secara keseluruhan, terlebih jika judul postingannya panjang.

Maksimalkan keyword yang padat didalam postingan blog
Bukan berarti anda lalu memasang keyword sebanyak-banyaknya lho, karena hal tersebut malah dapat dianggap sebagai tindakan spam oleh search engine. Yang perlu anda lakukan adalah dengan mengatur letak posisi keyword serta memilih keyword dan frase yang tepat.

Percepat waktu loading blog anda
Jika waktu loading blog anda cepat, bukan hanya pengunjung anda saja yang senang, tapi spider crawl google juga senang. Pengunjung senang karena mereka tidak perlu berlama-lama untuk segera membaca artikel-artikel anda, apalagi bagi yang koneksinya lemot. Sedang google spider juga senang, karena saat crawling waktu yang dibutuhkan untuk mengumpulkan informasi menjadi lebih cepat. Efeknya artikel anda jadi lebih cepat terindex. Hindari penggunaan javascript (biasanya pada widget) dan pemasangan gambar-gambar secara berlebihan agar waktu loading blog anda dapat menjadi lebih cepat.

SEO Off Page
Yang dimaksud Optimisasi SEO Off Page yaitu optimisasi yang dilakukan dari luar situs web anda yang difokuskan pada membangun backlink seperti :

1. Memperbanyak inbound link (link dari situs web lain yang mengarah ke situs web anda). Semakin bermutu link yang mengarah ke web site anda, maka semakin baik pula reputasi web site anda dimata search engine.

2. Melakukan link building dapat dilakukan dengan banyak cara, diantaranya dengan membuat reciprocal link baik dengan derektori/social bookmark ataupun bertukar link dengan blog/website lain, mendaftarkan blog dan artikel ke social bookmark/direktori, dan berkomentar di blog/website lain dengan meninggalkan link di form komentator.

Cara Mengatasi Flashdisk Isinya Hilang

Cara Mengatasi Flashdisk Yang Isinya Hilang karena di Hidden oleh virus shortcut:
Cara Yang Pertama
- Kita bisa menggunakan bantuan beberapa AntiVirus seperti Smadav Antivirus terupdate, PCMAV dan beberapa Antivirus lainnya.
- Download Antivirusnya, Install di PC/Laptop dan lakukan scan.

Cara Yang Kedua
- Saya pernah dengan me-register File INK yang pernah di dapat hasil search Google juga cuma lupa linknya hehehe.....(Thank yang merasa..)

Cara Yang Ketiga
cara ini yang paling sering dipakai dan ampuh yaitu dengan cara manual menggunakan Command Prompt (CMD) berikut caranya :

Colokin flashdisk yang datanya hilang karena terhidden oleh virus.
Masuk ke Command Prompt, dengan menekan shortcut keyboard ( Windows + R ) kemudian ketikkan cmd dan tekan Ok atau klik start, pilih run dan ketik cmd
Setelah masuk jendela Command Prompt, masuk ke drive flashdisk kita, kali ini flashdisk yang saya gunakan berada pada drive ( G: ) maka untuk mengaktifkannya ketikkan “G:” dan tekan Enter.
Setelah masuk ke drive flashdisk kita, maka selanjutnya adalah ketikkan perintah berikut
attrib –s –h –r *.* /s /d


keterangan perintah-perintah diatas sebagai berikut :
Attrib = attribut.
– ( min ) = untuk unhide atau memunculkan data yang terhidden, tanda minus ( – ) bisa juga diganti dengan tanda plus ( + ) yang bertujuan untuk menghidden atau menyembunyikan data, contoh perintahnya sebagai berikut ( attrib +s +h +r *.* /s /d ).
-s = digunakan untuk mengembalikan data dari system atau dengan kata lain data anda dapat dikenali oleh System/windows.
-h = berfungsi untuk menampilkan file ataupun data yang terhidden.
-r = perintah ini digunakan untuk menampilkan read only
*.* = digunakan untuk format atau ekstensi file. *.* berarti untuk menampilkan semua file dengan berbagai macam ekstensi yang ada, opsi tersebut bisa diganti atau disesuaikan. Misalnya saja kita hanya ingin mengembalikan file musik saja brarti brarti formatnya dirubah menjadi *.mp3 , kalau ingin mengembalikan file gambar PNG, maka formatnya menjadi *.png , dan juga seterusnya.