Tutorial Social Network

Informasi Seputar Media Sosial

Tutorial Computer

Informasi Seputar Komputer

Tutorial Youtube

Informasi Seputar Youtube

Tutorial Blogger

Informasi Seputar Blogger

Tutorial Wordpress

Informasi Seputar Wordpress

Tutorial Website

Informasi Seputar Pemrograman Website

Tutorial Windows

Informasi Seputar Sistem Operasi Windows

Tutorial Linux

Informasi Seputar Sistem Operasi Linux

Tutorial Android

Informasi Seputar Android

Tuesday, 3 November 2020

Cara Membuat YouTube Video dan Channel

Dalam panduan membuat Youtube Channel dan Video ini, Anda akan belajar semua aspek YouTube. Tentunya, termasuk cara membuat video YouTube hingga optimasi channel YouTube.
Nggak cuman itu aja, Anda juga akan mengungkap kenapa muncul YouTube Premium.

YouTube Premium & YouTube Music
Beberapa bulan yang lalu, YouTube sempat bikin gelisah para YouTuber. Yaps, bener banget! YouTube merilis fitur barunya yaitu YouTube Premium dan YouTube Music.
YouTube Premium adalah layanan dan fitur YouTube untuk menampilkan video tanpa iklan. Jadi, Anda nggak akan terganggu dengan iklan sama sekali selama putar video.

Inilah yang bikin YouTuber gelisah. Betapa nggak, adanya fitur YouTube Premium ini bisa menjadi ancaman buat YouTuber karena mereka kemungkinan besar nggak akan dapat uang dari iklan atau monetisasi.

Current YouTube Red (soon to be YouTube Premium) and Google Play Music members will continue to get the features they already enjoy at the same price they pay now. If this ever changes, we’ll make sure to give you a heads up.

Tapi menurut info dari situs resmi YouTube tentang kebijakan konten, pihak YouTube sendiri mengaku kalau YouTuber bakal dapat penghasilan double. Penghasilan ini didapat dari biaya pendaftaran dan biaya iklan yang udah didapatkan selama ini.
Artinya, nggak ada yang perlu ditakutkan lagi tentang YouTube Premium. Bahkan, Anda bisa bahagia karena adanya YouTube Premium ini karena penghasilan double bisa Anda dapatkan.

Harus ya Bikin YouTube?
Perlu Anda tau satu hal penting tentang YouTube yang lagi rame. Menurut penelitian dari Bloomberg, 96.5% pemilik channel YouTube nggak dapat penghasilan yang cukup.

Bahkan salah satu YouTuber terbaik di dunia juga angkat bicara masalah YouTube monetisasi ini. Philip DeFranco menegaskan bahwa channel YouTube nya mungkin nggak bakal bisa bertahan lagi karena adanya Demonetisasi yang terjadi di negaranya.

Mungkin, Anda jadi ragu karena kebijakan dan percobaan YouTube yang satu ini.
Takut nggak dapat penghasilan dari YouTube …
Faktanya, YouTube masih benar-benar punya perkembangan yang bagus. Saat ini aja, user YouTube di seluruh dunia udah 2 milyar pengguna aktif per bulan.
Indonesia sendiri menempati posisi atas dari pengguna YouTube dengan nilai hingga 88% dari 150 juta pengguna aktif social media.

Apalagi, user aktif yang paling banyak adalah dengan demografi antara 19 – 49 tahun. Artinya, bisa dikatakan kalau reach terbesar yang Anda dapatkan tak lain adalah dari YouTube.
Intinya, YouTube udah jadi salah satu tool marketing yang paling keren. Nggak cuman dalam arti penghasilan dari ads / iklan, tapi penghasilan itu juga bisa Anda dapatkan dari penjualan produk.

Jadi, channel penghasilan yang bisa Anda maksimalkan antara lain:
  • Membership atau subscribers
  • Merchandise
  • Course dan Panduan
  • Pembicara / motivator
  • Jualan buku
Adanya kelengkapan dan tools ini bikin Anda makin mudah dalam melakukan kontrol terhadap penghasilan dan pemasukan Anda. Meski pada kenyataannya, YouTube secara rahasia memberikan limit pada masing-masing jumlah view untuk konten.

Tips YouTube Video dan Channel
Kita udah survey beberapa YouTuber populer dengan pengalaman yang luar biasa. Hasilnya, kita udah punya gambaran pattern atau pola yang mereka pakai untuk sukses dalam pembuatan video dan channel YouTube.

Paling tidak, cuman ada 6 step buat Anda untuk membuat YouTube Channel dan video.
  • Buat Planning YouTube Channel dan Video
  • Siapkan Semua Tools Pendukung
  • Siapkan Stage
  • Siapkan Diri dan Mental
  • Eksekusi Plan
  • Edit Video dengan Software
Buat Planning
Ngapain sih Anda bikin video dan channel YouTube segala? Buang-buang waktu dan uang aja!
Kita tau dan ngerti banget kok kalau tujuan Anda bikin video di YouTube pasti masuk di salah satu kategori ini:
Educational: Anda mau share info tentang skill atau knowledge tertentu
Engagement: Anda mau bagi-bagi konten yang menarik dan bikin baper viewers dengan harapan adanya interaksi / engagement.
Awareness: Anda mau memberikan kesadaran tentang problem dan mendapat perhatian orang-orang

Kalau Anda sadar dengan tujuan atau goal pertama, maka Anda bisa bikin video dan YouTube channel yang bener-bener punya syarat untuk sukses dengan video itu.
Selain itu, tujuan ini juga bikin Anda tau apapun yang Anda butuhkan untuk membantu bikin video. Kebutuhan dan segmentasi itu antara lain adalah demografi atau aspek target hingga script yang bakal Anda ucapkan.

Dengan tau semua element ini, bikin plan kayak gini bisa lebih mudah 10X lipat.
Terus gimana cara melakukan planning yang bagus? Jawab 13 pertanyaan ini untuk bikin plan yang bagus dan nendang!
Pesan yang akan Anda ucapkan?
Siapa target audience Anda?
Berapa budget yang Anda punya?
Berapa banyak orang yang harus Anda jangkau?
Apa kebutuhan target?
Dimana video akan diambil?
Gimana video bakal diambil?
Apa bakal ada yang bicara di video?
Kalau iya, script nya gimana?
kalau nggak ada, sound atau suara apa yang cocok buat ngisi video?
Peratalan atau perlengkapan apa yang Anda butuhkan?
Apakah Anda akan edit video itu sendiri, atau ada team sendiri yang mau edit?
Apakah perlu ada teks atau gambar di video?

Gampang kan?
Dengan semua jawaban yang ada di pertanyaan itu, yakin deh pasti Anda punya gambaran video yang akan Anda buat.
Planning 15 Detik Pertama

Kita dapat bocoran langsung dari YouTube kalau durasi yang paling krusial itu adalah 15 menit pertama. Bahkan, info ini dirilis di blog resmi dari YouTube dengan judul “YouTube Creator Playbook Tips: The First 15 Seconds”.

Kenapa? Jelas banget kalau 15 menit pertama adalah waktu dimana viewers di YouTube itu bakal memutuskan untuk lanjut nonton video di YouTube itu atau meninggalkannya.


Jadi, kunci utama dari sukses membuat YouTube channel dan video adalah di 15 detik pertama. Spesialnya lagi, 15 menit pertama ini juga bisa Anda pakai sebagai “Hook” atau bait yang bikin viewers betah nonton video.

Hook atau bait ini bisa dalam bentuk:
  • Kesimpulan dari semua video yang Anda bikin
  • Visual yang bener-bener menarik
  • Kalimat yang bikin jantungan
  • Teaser buat konten video yang akan datang
Selain 15 detik pertama, aspek yang dilihat oleh viewer pertama kali adalah BRANDING, yaitu seberapa akun Anda dipercaya oleh masyarakat.
Artinya, jumlah Subscriber dan interaksi yang ada di channel YouTube Anda punya peran penting banget!
Faktanya, mengumpulkan subscribers dan juga interaksi / engagement ini benar-benar sulit dan panjang banget prosesnya.

Untungnya, Resellerindo punya shortcut buat bikin BRANDING YouTube Anda sempurna hanya dengan 30 hari aja!
Penasaran gimana caranya YouTuber Indonesia populer melakukan branding dengan cepat dan sempurna?

Bikin Outline
Nggak ada yang lebih ngilu daripada bikin video tapi blank waktu di tengah video. Apalagi kalau itu bikin kamu langsung down dan ngulang dari awal! Jadi, inilah yang harus Anda persiapkan bener-bener matang waktu membuat YouTube Channel dan Video.
Itulah kenapa Anda harus bikin catatan kecil yang bisa Anda bawa selama proses bikin video berlangsung. Salah satu contoh yang paling signifikan dan kelihatan adalah video dari channel Buffer.

Dulu Buffer cuman fokus ke bikin video. Terus, selang beberapa bulan, mereka sadar kalau video itu punya insight yang terus menurun.
Kenapa sampai ini terjadi? Alasan yang paling kuat dan terbukti adalah Buffer ini belum maksimal memanfaatkan persiapan berupa outline yang ringkas dan lengkap.
Akhirnya, fokus point yang disampaikan hilang semua dan nggak tercover dengan baik.

Setelah melakukan revisi dan mulai pakai point-point penting dalam pembuatan video, coba deh tebak hasilnya! Yups, bener banget. Engagement / interaksi video dan channel nya naik drastis sebesar 61%.

Siapkan Semua Tools untuk Membuat YouTube
Kalau plan udah selesai, kini saatnya Anda bikin dan eksekusi plan itu ke konten!
Apa sih tools yang Anda butuhkan untuk bikin video YouTube?
Tools dan peralatan yang Anda butuhkan tergantung banget sama jenis video yang Anda bikin. Kalau Anda pengen bikin konten animasi, tentu tools yang Anda butuhkan juga beda dengan konten rekaman bioskop.

Inilah mungkin pentingnya faktor budget untuk membuat YouTube Channel dan Video. Kita ngerti banget kok kalau kebanyakan YouTuber masih terkendala adanya biaya buat bikin video yang bekualitas. So, umumnya ada 2 jenis hambatan yang mungkin Anda temukan dalam bikin konten.
Bootstrappers: Anda yang nggak punya biaya atau budget banyak dalam bikin video. Tentunya, Anda bakal menekan biaya yang minimal untuk hasil yang maksimal.
Sultan: tipe-tipe Anda yang punya duit dan budget yang banyak banget untuk beli semua peralatan dan tools. Camera dan peralatan lain pasti lengkap sehingga hasil video yang Anda bikin juga makin berkualitas.

Udah tau sendiri kan kalau dua kategori di atas adalah sebuah hambatan. Jadi, kita nggak akan pilih salah satu dari keduanya. Kita nggak akan pilih yang terlalu irit hingga bikin konten dengan kualitas seadanya. Kita juga nggak akan pilih pemain yang terlalu banyak mengeluarkan banyak biaya atau budget.
TAPI, kita bakal kasih tau item dan tools yang paling penting untuk membuat YouTube Channel dan Video.

Tools untuk Content Creator
Umumnya, content creator di YouTube butuh:
Background: Background adalah salah satu element penting untuk mencapai sebuah konsistensi. Anda bisa pilih entah itu background polosan putih, atau bahkan background asli berupa ruangan, taman, atau tempat trerbaik lainnya.
Kamera: Jenis apapun mulai dari DLSR bahkan sampai HP / smartphone
Mikrofon: Jenis yang eksternal ya biar suaranya lebih nendang
Lighting: Pencahayaan harus bagus, entah itu natural / alami atau bahkan buatan / artificial
Media penyimpanan / storage: Memory card atau hard-disk yang muat buat simpan video
Software untuk edit video: berperan untuk meningkatkan kualitas video
Properti: Properti tambahan yang menyusun background dan stage penting banget buat dilengkapi.
Busana: Anda harus bener-bener peka banget sama busana atau baju favorit para viewers. Bisa juga Anda jadikan split testing.
Music: Music juga mendukung kesempurnaan video. Mood tertentu juga punya jenis music yang beda.

Semua yang Anda usahakan buat bikin konten video di YouTube itu nggak akan ada yang sia-sia. Anda bisa menyimpannya sebagai investasi atau terus memakainya untuk mengembangkan YouTube channel dan video.

Siapkan Stage
Darimana pun Anda di YouTube, Anda harus bener-bener cari start buat “set the stage”.
Jadi, Anda musti menata sedemikian rupa sehingga tempat yang ada di camera bisa terlihat keren dan bagus.

Stage atau panggung Anda juga tergantung banget sama jenis konten yang Anda pilih. Artinya, satu jenis penataan aja nggak mungkin cukup untuk dipakai semua jenis konsentrasi.

Kalau Anda niat bikin video dengan konten vlog entertainment, Anda cuman perlu memilih spot dengan lighting yang bagus aja udah cukup.
Stage yang kayak gini emang digunakan banyak oleh YouTuber Indonesia.
Nggak percaya? Coba deh cari video yang diupload sama Picky Picks, Dean Brian, dll.

Mereka mengandalkan stage dengan lighting yang pas dan terang. Sementara itu, background yang mereka gunakan cuma polosan aja.
Itu aja udah menarik banget kan. Apalagi kalau background Anda ditata dengan maksimal dan keren. Dijamin 100% semua viewers akan jatuh cinta ke konten Anda.

Artinya, Anda harus fokus ke titik dan tujuan utama dalam bikin background. Yups bener banget, Anda harus bisa memberi presepsi penataan background yang bagus.
Sehingga, background itu nggak lagi bikin pusing viewers, tapi justru bikin mereka tambah nyaman karena kemenarikan background itu.

Background untuk Konten Serius
Kalau Anda pilih kuliner dan masakan sebagai konten, siap-siap buat dekorasi ruangan yang menampilkan kenyamanan dari ruangan itu. Dan tata sedemikian rupa sehingga background itu bikin viewer makin bergairah buat menikmati masakan Anda.

Kebanyakan video vlogging mengandalkan background yang konsisten dan nggak terkesan menganggu. Jadi, Anda harus bener-bener paham tentang element yang harus Anda masukkan dan apa-apa yang harus Anda tinggalkan.

Kegiatan ini juga sekaligus bikin Anda fokus ke penataan lighting yang bagus.
Mau contoh?
Coba deh lihat konten Channel Buzzfeed’s Tasty. Konten-konten yang disajikan seger-seger banget dengan fokus nggak hanya di background. Tapi, Buzzfeed’s Tasty juga fokus untuk konten zoom in tentang bahan-bahan yang dibutuhkan untuk bikin makanan lezat itu.
Bahkan, chef-nya aja nggak di-shooting. Jadi, emang bener-bener fokus ke object dan background.

Siapkan Diri dan Mental
Siapa bilang sih ngomong di depan kamera itu gampang! Faktanya, hal itu juga bisa bikin Anda demam panggung loh!
Kalau Anda tipe-tipe pemalu sih, pasti bakal jadi merah padam wajahnya. Bahkan, Anda bisa aja salting atau bloopers di depan kamera.

Bisa kebayang sendiri kan gimana malunya kalau sampai itu terjadi. Haha.
Jadi, biar itu semua nggak terjadi sama Anda, bikin enjoy aja. Lakukan seolah-olah Anda sedang ngobrol sama teman-teman.

Atau bayangkan aja kalau kamera itu adalah seorang target yang Anda aja ngobrol bareng. So, Anda nggak akan berlagak kayak presentasi di kelas. Tapi, lebih natural kayak ngomong face-to-face aja.
Artinya, Anda harus melakukannya seakan-akan berhadapan langsung. Bikin aja diri Anda energik, senyum, dan tetap fokus ke topik yang Anda bahas.

Kalau trik ini bisa Anda maksimalkan, dijamin deh konten permulaan Anda bakal keren banget.
Eksekusi Plan!
Udah kelar semua persiapannya? Kalau udah, kini tinggal saatnya shooting di depan kamera ya!
Biasanya, beda konten beda juga strategi yang harus Anda lakukan ya. Tapi, itu semua nggak selalu berlaku.
Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, apapun konten yang mau Anda bikin.

Pertama, pastikan Anda tetap santai dan terus beraksi.
Jangan stress dan ngulang dari awal kalau Anda salah ngomong sesuatu. Coba deh terus aja ngomong tanpa mematikan kamera, coba dan coba lagi.

Cara inilah yang bikin Anda nggak terlalu stress! Yups, semua kesalahan tadi bisa Anda fix kan di proses editing!

Kedua, Anda nggak harus master semua element di YouTube secara detail.
Yaps, Anda nggak usah jadi Steven Allan Spielberg, sosok pembuat film yang berpengalaman, untuk sekedar bikin konten di YouTube.

Artinya, inilah keuntungan Anda kalau nggak tau teknis dengan detail. Anda nggak perlu takut melakukan suatu action karena jelas Anda nggak tau apa yang seharusnya salah.

Sekaligus juga, Anda nggak akan jadi creator yang terlalu perfectionist. Sehingga proses mengerjakan dan finishing juga makin cepat.

Yang terakhir, coba aja buat enjoy waktu bikin video. Jelas deh kalau Anda nggak boleh stress waktu bikin video.

Santai aja dan perhatikan konten mana yang paling berhasil. Kalau sampai Anda stress dan nggak bisa enjoy, gagal dikit aja pasti bakal langsung kapok!



Cara yang paling gampang untuk memperkenalkan YouTube channel dan video yang paling ampuh adalah via social media, terutama Instagram.

Jadi, branding di Instagram juga harus Anda jalankan maksimal.

Dengan Resellerindo, Branding Anda di Instagram bakal boosting dan cepat populer! So, nggak heran deh kalau Resellerindo jadi langganan para artis, YouTuber hingga Selebgram!

Penasaran gimana magic Resellerindo membantu mereka?

Yuk coba sekarang dengan klik tombol berikut ini ya.



Tetap Fokus pada Bagian

Tau nggak kalau generasi milenial yang sering menghabiskan waktu di YouTube itu punya karakter yang nggak sabaran? Bahkan, waktu iklan aja mereka langsung skip.

So, mereka nggak akan bisa mengambil pelajaran dan point dari perjuangan kamu membuat YouTube Channel dan video. Inilah kenapa Anda harus benar-benar to-the-point kalau bikin video.

Faktanya, kalau Anda bikin video dengan spontan dan tanpa planning, tentu jelas banget kalau bakal banyak ‘ehmm’ atau ‘ahh’ yang Anda ucapkan.

Artinya, Anda harus melakukan planning di titik-titk mana Anda bakal berhenti dan lanjut. Biasanya sih, makin pendek durasi video, makin bagus hasilnya.

Contoh aja kalau Anda mau main-main ke Ancol. Jelas banget Anda harus bisa bikin plan dulu apa yang akan di-shoot disana. Sehingga, video Anda nggak bakal terlalu panjang dan terlalu banyak mengandung anekdot.

Kalau boleh kasih saran sih, kita sarankan buat bikin video yang langsung to-the-point dengan fokus yang tepat. Jadi, viewers bisa terus kena engagement / interaksi dari akun kita.
Formula Membuat YouTube Channel dan Video Outline

Outline video YouTube yang keren biasanya pakai formula H.I.C.C.

Makhluk apa itu H.I.C.C?
H = Hook atau bait, yaitu 15 menit pertama yang kita fokuskan.
I = Intro, yaitu perkenalan topik dan tema yang Anda bikin di video, preview aja apa yang bakal Anda sampai.
C = Content, yaitu isi video. Tergantung tujuan, jenis konten bisa bermacam-macam.
C = Call to Action, yaitu ajakan atau perintah Anda kepad viewers.

Perhatikan Framing
Framing ini juga penting banget, terutama buat Anda yang fokus ke vlogger. Apalagi kalau fokus itu ke objek dengan skala ukuran yang kecil, kayak masakan contohnya.
Katakan aja kamu mau share telur goreng. Untuk meyakinkan viewers, Anda pasti butuh element-elemen yang jelas, seperti merica dan lain-lain.
Artinya, untuk bikin framing yang pas dan keren, Anda butuh shot dengan angle dan tipe yang beda.

Ada 3 macam tipe shot yang bisa kamu pilih dan jadikan sebagai karakter.
Close Up: Shot jarak dekat yang menampilkan ekspresi untuk meyakinkan viewer. Jenis ini cocok banget buat video tipe personal.
Medium Shot: Shot dengan jarak medium. Biasanya ditampilkan untuk membangunkan mood dengan bacground yang lebih jelas.
Wide Shot: Tipe shot dengan jarak yang jauh. Tipe ini cocok banget buat video yang di-take dengan beberapa orang dan background sekaligus.


Anda bebas memilih manapun dan bahkan kombinasi apapun tentang media shot. Bahkan, adanya kombinasi ini bikin video kamu makin keren dan dinamis.
Tapi, saya sarankan buat pilih salah satu tipe shot untuk menjadi identitas dan mayoritas. Nah, tipe shot inilah yang nantinya bisa Anda gunakan sebagai ‘homebase’.

Dengan adanya konsistensi satu jenis shot sebagai homebase ini, viewers akan langsung familiar dengan shot yang bikin kamu unik. Sehingga, karakter dan keunikan channel ini bisa Anda dapatkan.
Waktunya Edit!!

Kalau video udah selesai diambil dan di-shoot, tinggal Anda edit aja biar hasilnya makin keren. Kayak yang kita bilang tadi, Anda pasti bikin beberapa kesalahan kan?
Nah, jangan khawatir! Kesalahan itu bisa Anda bener kan di sesi editing ini! Yups, video Anda bakal makin sempurna kalau Anda edit dengan maksimal.

Di proses editing ini, Anda melakukan 4 proses utama, yaitu:
  • Mengatur order dan scene
  • Melakukan synchronisasi sound yang ada di video
  • Hapus beberapa bagian yang nggak perlu
  • Edit dan nambah Intro atau Outro
Bahkan, biar video makin terkesan kreatif, Anda bisa menambahkan beberapa unsur dan element, kayak clips atau image. Tapi tetap aja, 4 list di atas adalah bagian utama dari membuat YouTube channel dan video.

So, software buat edit video adalah element dan investasi yang paling penting. Cuman software itu yang bisa bikin video Anda makin keren dan berkualitas. Tujuannya nggak lain adalah memanjakan mata viewers dan user YouTube.

Kesimpulan
Adanya YouTube Premium nggak bikin YouTuber dan Content Creator makin ciut nyali. Justru, Anda harusnya makin semangat untuk bikin konten dengan keuntungan double.
Selain itu, bikin konten YouTube nggak terlalu sulit kok. Cuman butuh beberapa elemen aja buat bikin yang bener-bener perfect untuk pemula.

Sumber:
resellerindo.com

Monday, 2 November 2020

5 Dasar SEO Blog untuk Meningkatkan Pengunjung

Setidaknya ada lima cara untuk meningkatkan ke-SEO-an blog yang berdampak pada peningkatan trafik atau jumlah pembaca.

1. Setting Blog dengan Baik
Settingan blog terkait SEO antara lain di "Dashboard Blog".
- Meta Description. Berisi gambaran konten atau isi blog, misalnya "Blog tentang kopmunikasi jurnalistik dan media".

Klik Setting > Basic.
- Search Preference. Bisa diisi sama dengan Meta Descriptions. 

Klik Setting > Search Preference (Preferensi Pencarian)





- Setelah diisi, setiap menulis posting baru, nanti di sebelah kanan ada kolom "Search Description" (Deskripsi Pencarian) yang bisa diisi dengan "copas" judul posting ke sana.

2. Gunakan Template SEO Friendly
Ciri template ini a.l. Fast Loading, simple, ringan, dan sudah ada Meta Tag SEO, juga memiliki struktur data yang sesuai dengan standar Google.

3. Tentukan Kata Kunci
Keyword memegang peran penting dalam SEO Blog. Kata kunci yaitu "tema" atau "topik" yang menggambarkan konten posting atau masalah yang dibahas. Saat membuat blog, juga saat akan menulis, tentukan kata kunci yang sekiranya dicari user.

4. Cantumkan Kata Kunci
Cantumkan atau masukkan kata kunci itu di judul, alinea pertama, di tengah naskah tulisan, dan sebelum alinea terakhir naskah tulisan, serta di permalink.
Menurut standar SEO, dalam satu tulisan hendaknya ada sekitar 2-3 persen kata kunci --dikenal dengan "kepadatan kata kunci" (keywords density).

5. Link Building
Link (tautan) adalah kekuatan media online, termasuk blog. Link akan memperkaya konten, melengkapi tulisan, dan memberi nilai tambah sebagai rujukan atau informasi tambahan bagi pembaca.
Pastikan tulisan Anda mengandung minimal satu internal link (tautan ke posting sebelumnya yang satu tema atau satu label) dan minimal satu eksternal link (tautan keluar, misalnya ke Wikipedia atau situs yang menjadi sumber).

Di atas semua dasar SEO Blog di atas, konten berkualitas tetap menjadi SEO utama, yaitu tulisan yang unik, orisinal, lengkap, detail, dan bila perlu panjang (long post).
Jika Anda mengalami kesulitan dalam masalah penerapan SEO, gunakan saja Jasa SEO untuk meningkatkan trafik dan ranking website di Google.

Jangan Lupakan: User Friendly! Menaati kaidah menulis di media online --scannability (mudah dipindai) dan readability (mudah dibaca)-- juga memengaruhi SEO Blog.
Soalnya, mesin pencari "selalu berpihak" kepada user. Jelas dong, tanpa user apalah artinya mesin pencari?

Karenanya, buatlah tulisan yang mudah dipindai, mudah dibaca, dan gunakan gaya menulis di media online: rata kiri, alinea pendek (maksimal 5-6 baris per paragraf), ada jarak antar-alinea (white space), highlited (tebal, miring, warna), dll.

Saran SEO
Anda yang punya blog toko online, juga website instansi/perusahaan, perkaya konten blog/web Anda dengan tulisan-tulisan yang berkualitas, asli, bukan copas, bermanfaat bagi pengunjung, dan sekiranya dibutuhkan atau dicari user.
Toko Online jangan melulu berisi produk atau jasa, tapi juga lengkapi dengan tips, trik, atau ulasan tentang hal yang terkait produl/jasa.

Sumber:

Pengertian Podcast, Cara Podcasting, dan Contohnya

Podcasting disebut-sebut sebagai "blog baru" (the new blogging). Menurut Edison Research, 51% orang Amerika telah mendengarkan podcast, dan pembawa acara telah membuat lebih dari satu juta podcast di iTunes Podcast.

Apa itu Podcast?
Istilah podcast berasal dari kombinasi kata iPod (pemutar audio digital pribadi buatan Apple) dan broadcasting (penyiaran).
POD juga dimaknai sebagai singkatan dari Play on Demand.

Secara bahasa, podcast adalah file audio digital yang tersedia di Internet untuk diunduh ke komputer atau perangkat seluler, biasanya tersedia dalam bentuk seri, angsuran baru yang dapat diterima oleh pelanggan secara otomatis.

Podcasting adalah layanan gratis yang memungkinkan pengguna Internet untuk menarik file audio (biasanya MP3) dari situs Web podcasting untuk didengarkan di komputer atau pemutar audio digital pribadi mereka. 

Menurut Cambridge Dictionary, podcast adalah program rekaman yang dapat diunduh dari internet dan didengarkan pada pemutar MP3.
Menurut The Podcast Host, sederhananya: podcast adalah program audio, seperti Talk Radio, tetapi Anda berlangganan di ponsel cerdas Anda dan mendengarkannya kapan pun Anda mau (play on demand).

Secara detail, podcast adalah rangkaian kata yang diucapkan, episode audio, semuanya berfokus pada topik atau tema tertentu, seperti bersepeda atau startup. 
Anda dapat berlangganan acara tersebut dengan aplikasi di ponsel Anda dan mendengarkan episode kapan pun Anda suka di headphone, di mobil, atau melalui speaker.

Saat Anda mendengarkan podcast, Anda akan menemukan bahwa banyak dari mereka yang cukup familiar. Anda akan mendengar jenis konten serupa selama bertahun-tahun, dari radio hingga acara bincang-bincang TV. 

Di sisi lain, Anda juga akan mendengar podcast yang benar-benar baru dan sama sekali berbeda dengan norma, berkat kebebasan yang dimungkinkan oleh podcasting.

Bagaimana cara kerja podcast?
Kebanyakan podcast akan bertema sekitar satu topik tertentu. Pembawa acara atau host akan membicarakan topik itu di setiap episode. 
Terkadang sangat spesifik, seperti membahas film, dan di lain waktu lebih umum, seperti cara menjalani hidup bahagia.

Setiap episode podcast itu akan berbicara tentang sesuatu yang spesifik dalam topik itu.
Setiap episode biasanya dijalankan oleh satu atau dua presenter reguler, membicarakan subjek itu, dan mereka akan sering meminta tamu dari luar untuk berkontribusi, atau diwawancarai.

Banyak podcast yang sangat sederhana, hanya beberapa teman yang mengobrol tentang sesuatu yang mereka sukai, seperti film, merajut, atau menjalankan bisnis. 
Tetapi beberapa di antaranya sangat halus dan sangat profesional, termasuk musik tema, efek suara, pengeditan profesional, dan banyak lagi.

Podcast yang lebih profesional bagus untuk didengarkan, tetapi mereka membutuhkan lebih banyak waktu dan uang untuk membuatnya. Pertunjukan amatir, di sisi lain, mungkin memiliki beberapa sisi kasar, tetapi itu berarti mereka bisa mengeluarkannya, setiap minggu, dan menumbuhkan pengikut setia.

Kebanyakan orang mendengarkan sedikit dari kedua jenis tersebut. Faktor terbesar di sebagian besar podcast adalah tuan rumah atau pembawa acara, dan Anda akan tertarik pada topik dan pembawa acara yang Anda sukai, lebih dari pendekatan yang mereka ambil.

Anda mungkin pernah mendengarkan podcast di iTunes, Spotify, atau aplikasi lain --tetapi tahukah Anda bahwa konten yang Anda nikmati tidak berasal dari sana? 

Jantung berdetak dari setiap podcast adalah umpan RSS-nya. Ini adalah format khusus untuk konten yang dapat diproses dan ditampilkan oleh layanan seperti iTunes atau Spotify di aplikasi yang sesuai - iTunes, perangkat Alexa, dan layanan lainnya.

Saat Anda mengunggah file audio ke blog Anda (misalnya, .mp3) dan menekan terbitkan, entri baru (termasuk file) muncul di umpan RSS Anda. 
Dari sana, iTunes, Spotify, Pocket Casts, atau aplikasi podcast lainnya mengunduh file untuk diputar ke pendengar Anda.

Keuntungan Podcasting
Memulai podcast memiliki banyak keuntungan:
Anda dapat terhubung dengan audiens Anda pada level yang jauh lebih dalam, berkat suara Anda dan sifat percakapan tanpa naskah.
Menjangkau dan bertemu orang-orang yang menarik.
Podcasting sangat cocok dengan proyek lain --blogging, menulis, atau bahkan "pekerjaan harian" perusahaan.

Apakah Podcast Audio atau Video?
Kebanyakan Podcast saat ini hanya berupa audio, meskipun podcast video memang ada. 
Podcasting benar-benar berkembang dari kebutuhan akan konten latar belakang. Itu berarti sesuatu yang dapat menghibur Anda, mendidik Anda atau menginspirasi Anda di latar belakang kegiatan membosankan atau hafalan lainnya.

Misalnya, salah satu cara paling umum orang mendengarkan adalah di dalam mobil. Anda tidak dapat menonton video di sana, tentu saja, jadi konten audionya bagus. 
Dengan cara yang sama, podcast sangat bagus untuk didengarkan di gym, saat Anda sedang memotong rumput, atau dalam perjalanan ke kantor. Setiap momen waktu yang terbuang bisa menjadi momen untuk audio!

Tentu saja, itu berarti Anda memerlukan sesuatu untuk didengarkan, jadi Anda mungkin perlu memiliki satu set headphone untuk dihubungkan ke smartphone Anda. 
Jika tidak, hubungkan ke mobil Anda melalui Bluetooth, atau mulailah mendengarkan di Echo atau speaker pintar lainnya!

Podcast Video
Trendnya sekarang adalah memvideokan podcast. Jadilah ia podcast video atau video podcast yang diunggah ke Youtube dan platform berbagi video lainnya.
Youtuber juga mulai ramai-ramai beralih ke podcast. Vlogging dan Podcasting dipadukan.
Video adalah bentuk komunikasi yang ampuh. Video menarik perhatian, menyenangkan untuk ditonton, dan bahkan lebih menyenangkan untuk dibagikan - orang-orang dua kali lebih mungkin untuk berbagi video daripada bentuk konten lainnya. 

Bila digunakan dengan benar, mereka dapat mengurangi panggilan layanan pelanggan dan meningkatkan lalu lintas, prospek, dan penjualan.

Video juga:
Mudah dicerna. Mereka berguna untuk menjelaskan konsep yang sulit dan mengkomunikasikan ide dengan cepat.
Bagus untuk menampilkan produk saat beraksi. Mereka dapat mendemonstrasikan orang-orang yang menggunakan produk Anda dalam kehidupan nyata dan menunjukkan keefektifannya dengan cara yang tidak dapat dilakukan teks.
Cara untuk terhubung dengan audiens Anda. Mereka memberikan sentuhan pribadi yang beresonansi dengan pembaca dan pengikut.

Membuat video membutuhkan pelatihan, perencanaan, pembuatan film, pengeditan, dan evaluasi yang cermat untuk memastikan video tersebut memenuhi standar kualitas dan merek Anda. 
Dengan semua kerja dan uang yang diinvestasikan, tempat Anda menghosting video mungkin bukan pemikiran pertama Anda, tetapi itu adalah bagian penting dari teka-teki. 

Jika video Anda mendukung, terlihat kasar, mempromosikan pesaing, atau terlalu rumit, kerja keras Anda bisa sia-sia.

Podcasting: Cara Membuat Podcast
Cara membuat podcast sangat mudah. Bermodalkan Ponsel Pintar atau Laptop, plus koneksi internet, Anda sudah bisa membuat podcast.

Anda bisa membuat akun di Soundcloud atau Anchor dan mengunggah rekaman suara Anda di sana. Di Anchor, Anda bisa membuat rekaman langsung plus backsound musik gratis.
Jika Anda "serius" menjadi podcaster profesional, maka Anda perlu menggunakan mikrofon untuk memproduksi audio yang bagus, jelas, jernih.

Selain mikrofon, untuk kualitas suara lebih bagus lagi, maka perlu edit audio menggunakan software Audacity, Adobe Audition, Sound Forge, dan sejenisnya.

Jika Anda akan membuat Video Podcast, selain bisa menggunakan kamera HP dan Laptop, Anda bisa gunakan kamera DSLR, kamera pocket, juga kamera TV.
Jika lebih profesional lagi, Anda bisa membuat "studio podcast" untuk memproduksi Video Podcast dengan kualitas optimal.

Sumber:
romelteamedia.com

Cara Membuat Laman atau Page di Blogspot

Halaman statis atau di blogger disebut sebagai “Laman” pada dasarnya mirip seperti pos, hanya saja memiliki perbedaan dan fungsi tersendiri.
Salah satu contoh sederhana penggunaan fitur laman ini adalah untuk membuat halaman seperti yang ada di blog Bang Janu yaitu; Tentang Saya, Kontak Saya, Disclaimer, Privacy Policy, dll.Perbedaan Pos dan Laman

Pos artikel
  • Ditampilkan di halaman depan blog.
  • Diarsipkan berdasarkan tanggal publish.
  • Memiliki label, tanggal publish dan author.
  • Dikhususkan untuk konten yang sering diupdate.
  • Menggunakan format URL : http://blogsobat.blogspot.com/tahun/bulan/nama-post.html.
Laman
  • Secara default tidak ditampilkan di halaman depan blog.
  • Tidak diarsipkan berdasarkan tanggal publish.
  • Tidak memiliki label, tanggal publish dan author.
  • Dikhususkan untuk konten yang jarang diupdate.
  • Menggunakan format URL : http://blogsobat.blogspot.com/p/nama-laman.html.
Cara Membuat Laman
1. Masuk ke blog sobat dan pilih laman.



2. Pilih Laman Baru.


3. Silahkan sobat isi content laman tersebut, bisa apapun terserah sobat. 



4. Setelah selesai semua klik Publikasikan.
Ingat sobat, laman tidak muncul di blog sobat. Cara memunculkannya dengan menambah widget dan pilih laman. Saat sobat berada di dasbor blogger, sobat pilih tata letak, kemudian Tambahkan Gadget dan pilih laman. 


Lalu sobat ceklis laman yang telah dibuat. Simpan setelan dan lihat hasilnya. 


Cara kedua untuk menambahkan laman di blog yaitu dengan cara yang lebih rumit bagi pemula karena harus menyematkan link dari laman tersebut. Biasanya ini terjadi di template blog yang bukan bawaan dari blogspot. Mereka membuat template dengan menu navigasi yang harus merubah dengan mengedit HTML-nya. Cara ini perlu sedikit memahami tentang HTML.


1. Cara pertama sobat copy link dari laman yang sudah dibuat.
2. Masuk menu template dan pilih edit HTML.




3. Cari kode yang kurang lebih bentuknya seperti dibawah ini.
<li><a class='active' href='/'>Home</a></li>
<li><a href='#'>Menu</a></li>
<li><a href='#'>Ganti dengan judul laman</a></li>
<li><a href='#'>Menu 2</a></li>
<li><a href='#'>Menu 3</a></li>
4. Sobat tinggal ganti tanda pagar dengan link dari laman sobat. Serta ganti tulisan-tulisan menu dengan judul dari laman sobat, misalnya About Me, Contact Us, dll.

Sumber:

Mengenal Meta Tag Description

Pengertian Meta Tag
Meta adalah elemen atau tag dalam bahasa pemrograman HTML atau XHTML yang berfungsi sebagai pemberi informasi metadata dari sebuah halaman web. Elemen meta ini harus diletakkan pada bagian “head” dalam HTML tersebut. Tag meta ini dapat dipakai juga untuk menyatakan deskripsi/keterangan dari suatu halaman web dan untuk menjelaskan mengenai kata kunci (keyword) yang terkait serta untuk metadata lain tanpa “head”. Secara umum, terdapat beberapa macam meta tag dengan fungsi yang berbeda. Beberapa fungsi tersebut misalnya meta keywords dan description. (wikipedia) 

Meta Tag adalah sebuah Tag yang dapat anda tambahkan ke dalam situs anda untuk memberitahu robot mesin pencari dan aplikasi web lain apa isi dalam halaman tertentu dan informasi lainnya. Mereka memberikan halaman judul , deskripsi dan kata kunci web anda yang dapat digunakan untuk membantu meningkatkan peringkat mesin pencari dan meningkatkan lalu lintas ke halaman tersebut. (seoterpadu)

Cara Memasang Meta Tag 
- Masuk dasbor blogger sobat, pilih Template dan Edit HTML




- Kemudian sobat cari kode <head> dengan cara ketik ctrl+f, maka akan muncul kotak kecil di kanan atas, tinggal sobat ketik <head>.




- Setelah ketemu, klik kursor di samping kode <head> lalu tekan Enter. Kemudian masukan kode dibawah ini;
<meta content='Deskripsi Blog Sobat' name='description'/>
<meta content='Keyword Blog Sobat' name='keywords'/>
Teks warna biru Sobat isi deskripsi blog sobat. Misalkan blog sobat toko online obat herbal maka deskripsinya toko online obat herbal murah dan terpercaya di Jakarta.
Teks warna merah sobat isi dengan keyword atau kata kunci blog sobat. Contoh diatas toko online obat herbal, maka kata kuncinya adalah obat, herbal, obat herbal, obat murah, dll.

Cara diatas ternyata sudah tidak terlalu penting menurut pakar SEO dan mesin pencari google pun sudah tak memakai meta tag. Tapi tidak masalah bagi sobat yang ingin memasangnya agar blognya SEO friendly.

Cara yang paling mudah mengisi deskripsi blog kita adalah sebagai berikut;




1. Di dasbor blogger pilih Setelan
2. Aktifkan deskripsi penelusuran pilih "YA"
3. Isi deskripsi blog sobat
4. Lalu klik Simpan Perubahan

Setelah cara diatas dilakukan, sebaiknya sobat mengisi deskripsi disetiap postingan yang soat tulis. Isi kotak tersebut ( gambar dibawah ) dengan deskripsi berdasarkan tulisan yang sobat buat. 



Sumber:
niagahoster.co.id